Bab 70

117 8 0
                                    

Beberapa hari kemudian, cuaca mulai menghangat, namun mulai turun gerimis. Dari malam hingga pagi, dan dari pagi hingga malam, rintik-rintik gerimis tak kunjung berhenti.

Hujan musim semi adalah hal terbaik bagi para petani. Musim semi membajak akan segera tiba, dan sawah paling membutuhkan air. Ada juga tanah di belakang pegunungan, tanah pegunungan yang mereka buka di musim dingin bisa digunakan untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran setelah disiram hujan.

Saat ini, di luar masih gerimis, tetesan air hujan jarang jatuh ke genteng dan tanah, dan sesekali berhembus ke dalam rumah melalui pintu yang setengah terbuka.

Di ruangan yang sunyi, keempat orang itu sibuk dengan pekerjaan yang ada. Satu orang sedang menggambar di mejanya, yang lain sedang menjahit dengan serius dengan kepala tertunduk, dan keduanya sedang mengukir kata-kata di atas batu lunak dengan pisau tulang yang tajam.

Beberapa waktu lalu, Han Shurui melihat batu-batu yang telah dia pahat dan mengetahui bahwa jika dia harus mengukir semuanya sendiri, dia mungkin tidak akan bisa menyelesaikannya sampai tahun depan. Saya memikirkannya dengan hati-hati dan mendapatkan sebuah ide, tetapi saya tidak berharap itu benar-benar berhasil.

Caranya tidak sulit, asal ia menulis kebalikannya di kertas terlebih dahulu, lalu menempelkannya di batu, sehingga ia bisa mengukir font yang dibutuhkan berdasarkan tulisan tangan yang ditulis.

Setelah mendapatkan ide ini, dia meminta Beiying memanggil penduduk desa yang cerdik di desa tersebut untuk membantu mereka mengukir kata-kata tersebut.

Jika ini benar-benar berhasil, itu tidak hanya akan banyak membantunya, tetapi juga menghemat banyak waktu. Penduduk desa juga bisa mendapatkan buku cetak lebih awal dan membaca cerita favorit mereka di kemudian hari.

Ketika penduduk desa mendengar ini, tentu saja mereka sangat senang. Dalam waktu kurang dari seperempat jam, mereka bergegas ke penginapan di desa satu demi satu. Itu adalah tempat yang besar, dan Han Shurui berbicara tentang mengukir dengan semua orang di sana.

Setelah mendengarkan perkataan Han Shurui, para wanita yang sudah belajar banyak kata dan sering menulis serta membuat pakaian, dengan sukarela membantu.

Sedangkan untuk laki-laki, beberapa dari mereka memang tidak bisa melakukan pekerjaan kotor dan tidak terlalu suka bersenang-senang. Senang rasanya memiliki seseorang di desa yang membantu mengukir kata-kata, tetapi seseorang juga harus membantu menyiapkan batunya, jadi itu jatuh ke tangan mereka.

Jadi, ketika hujan dan tidak bisa keluar bekerja, warga desa membantu mengukir karakter di rumah. Belum lagi kecepatan ini memang jauh lebih cepat.

Dulu, saya bisa mengukir lebih dari 20 karakter dalam satu hari. Dengan bantuan semua orang, saya bisa mengukir setidaknya beberapa ratus karakter dalam satu hari. Kalau terus begini, mungkin pada musim panas, mereka bisa mulai mencetak buku.

Seseorang membantu mengukir kata-katanya, dan beban Han Shurui menjadi jauh lebih ringan. Jadi sekarang, dia tidak perlu lagi khawatir tentang pengukiran, dan dapat memfokuskan sebagian besar energinya pada atlas tanaman.

Setelah menggambar sepotong, Han Shurui meletakkan gambar itu dengan rata di atas meja, dan kemudian menggunakan dua batu untuk menekan sisi gambar untuk mencegah gambar itu tertiup angin secara tidak sengaja. Tinta mulai luntur dan menjadi putih.

Setelah bekerja lama pagi ini, Han Shurui berhenti dulu, menggosok tangannya, lalu menoleh ke arah Beiying yang sedang menjahit pakaian dengan serius.

Beiying adalah orang yang melakukan apa yang dia katakan. Sejak dia mulai belajar membuat pakaian, dia akan duduk di sebelahnya dan menjahit dengan kain, jarum, dan benang kapan pun dia punya waktu.

[BL] Kronik Hutan Belantara [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang