“Setelah mengetahui asal usul Wanxin, Kaisar Dewa sebelumnya segera memanggilku, menegurku karena berhubungan dengan seorang wanita fana yang memiliki tanda dosa. Ia menyatakan bahwa aku telah mencoreng nama Putra Dewa Zhetian dan menuntut agar aku memutuskan semua hubungan dengannya.”
“Awalnya, Kaisar Dewa sebelumnya hanya menegurku, belum marah. Tapi… aku terlalu muda dan naif saat itu, terlalu sombong dan gegabah. Aku kurang memiliki pandangan ke depan, tidak tahu bagaimana menunda-nunda, dan langsung membalas Kaisar Dewa sebelumnya. Aku menyatakan bahwa perasaanku terhadap Wanxin mengalir sedalam lautan, bahwa aku tidak peduli dengan latar belakangnya, dan bahwa aku tidak akan pernah meninggalkannya demi menjadi Putra Dewa.”
Hua Fucheng terkekeh pelan, suaranya rendah dan melankolis. Tidak jelas apakah dia menertawakan dirinya yang lebih muda atau menertawakan kekejaman takdir. “Saat itu, saya dipenuhi dengan rasa bangga sebagai seorang pria. Saya percaya seorang pria harus begitu murah hati dan berani, tidak goyah dalam pengabdiannya kepada wanita yang dicintainya.”
“Hal ini, tanpa diragukan lagi, telah menyulut amarah Kaisar Dewa sebelumnya.”
“Kemarahan Kaisar Dewa sebelumnya tidak menggoyahkan tekadku sedikit pun. Untuk membuktikan perasaanku kepada Wanxin dan Kaisar Dewa sebelumnya, aku menjadi tidak terpisahkan darinya, tidak takut akan penilaian atau cemoohan siapa pun.”
“Setelah itu, Kaisar Dewa sebelumnya menegur dan mengamuk padaku berkali-kali… bahkan secara pribadi menghadapi Wanxin dan menggunakan tekanan ilahi. Namun, tak satu pun dari kami yang mundur, tak satu pun dari kami menunjukkan rasa takut. Cinta kami seperti perahu yang berlayar melawan arus, tumbuh lebih kuat dan lebih tak tergoyahkan.”
Yun Che mendengarkan dalam diam, merasakan bobot dalam kata-kata Hua Fucheng, meskipun ribuan tahun telah berlalu.
“Kemudian, Kaisar Dewa sebelumnya berkompromi. Dia berkata bahwa setelah aku menggantikannya sebagai Kaisar Dewa, Wanxin dapat memasuki Kerajaan Dewa Zhetian sebagai selir, tetapi dia tidak dapat meninggalkan kerajaan atau muncul di depan umum.”
Yun Che mengangkat alisnya dengan samar. “Kompromi Kaisar Dewa sebelumnya… apakah dia menyesalinya nanti?”
Ia berpikir dalam hati, jika ia adalah Hua Fucheng, ia akan langsung menerimanya. Setelah mewarisi kekuatan Kaisar Dewa, bukankah seluruh Kerajaan Dewa Zhetian akan berada di bawah kendalinya? Siapa yang akan peduli dengan Kaisar Dewa sebelumnya?
“Tidak, tidak.” Hua Fucheng mengucapkan dua kata “tidak” dengan tegas, setiap kata dipenuhi dengan kesedihan. “Aku menolak… Aku menolak dengan keras. Saat itu, aku merasa bahwa kata-kata Kaisar Dewa sebelumnya merupakan penghinaan terhadap Wanxin, dan aku dengan marah menyatakan bahwa aku lebih baik menyerah menjadi Putra Dewa daripada berpisah darinya.”
“Pernyataan itu menanam benih bencana yang tidak dapat diubah. Heh… hahaha… betapa bodohnya, betapa impulsifnya, betapa sombongnya dan merasa benar sendirinya saya saat itu! Saya secara naif percaya bahwa ketulusan yang cukup, tekad yang cukup, dan keberanian yang cukup dapat menaklukkan segalanya!”
“Sama seperti kamu dan Cai Li sekarang.”
Mengabaikan hal ini, Yun Che menyela, “Jadi… ibu Cai Li memang dibunuh oleh Kaisar Dewa sebelumnya?”
Mata Hua Fucheng bersinar seperti pedang. “Benar.”
Yun Che menjelaskan dengan tenang, “Cai Li diperintahkan untuk memanggil kakeknya dengan sebutan 'Kaisar Dewa sebelumnya.' Hal ini membuatku curiga bahwa kau pasti menyimpan dendam yang tak terelakkan terhadap 'Kaisar Dewa sebelumnya.' Alasan yang paling mungkin adalah ibu Cai Li.”
“Meskipun kamu belum membicarakan hal ini dengan Cai Li, mengingat kecerdasannya, aku yakin dia sudah menebak sesuatu sejak lama, tetapi menahan diri untuk tidak menanyakannya karena mempertimbangkan perasaanmu.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Against The God (fight of the Gods)
FanfictionDemi menyelamatkan alam Dewa, Yun Che terus berusaha segala cara untuk mendapatkan kekuatan di Abyssal, bisakah Yun Che mengalahkan para Dewa Abyssal.