Akhirnya setelah berpusing-pusing dengan pekan UTS, saya bisa menulis lagi dengan kepala enteng kaya balon #untung nggak meledak ya balonnya
(〜^∇^)〜 〜(^∇^)〜 〜(^∇^〜)Oke, jadi ide tulisan ini tuh awal mulanya begini. Saya orang yang cenderung menghindari antrean, macet, dan lain-lain yang bikin perasaan nggak nyaman aja berada di kerumunan banyak orang, kendaraan, debu, dan panas. Entahlah, saya termasuk alay apa nggak, haha. Tapi masih mending lah ya, saya nggak bakal mencak-mencak di depan umum, dan cenderung diem aja kalo antreannya terlalu panjang terus jadi nggak kondusif, alias serobot-serobotan gitu. Pasti di antara kalian ada yang nyeletuk, "Indonesia sih." .-.
Nah, sayangnya pengalaman itu harus saya lalui setiap pulang dari kampus, termasuk hari ini. Ini sudah lama terjadi di UB, nggak tahu kalo di kampus lain, ya. Dan yang bikin macet itu adalah karena inspeksi STNK, dicocokin sama nomor plat kendaraan waktu mau keluar kampus. Dan sistem yang sekarang lebih ketat dari yang dulu, jadi satpamnya lebih jeli dan lama pas mantengin kita. Maksudnya memang baik, supaya nggak ada lagi maling motor, tapi kalo eksekusinya kurang efektif dan efisien, ya kenapa nggak cari sistem yang lebih baik lagi?
Saya jadi kepikiran fingerprint, a.k.a. sidik jari yang biasanya dipake di smartphone untuk membuka layar kunci itu lho. Coba kalo misalnya teknologi tersebut dipake di motor, pasti asyik. Selain bisa gegayaan, kan bisa lebih aman juga.
Jadi tuh di bayangan saya, si detektor sidik jarinya itu dipasang di tombol starter. Kalo sidik jari cocok, langsung deh si motor bisa nyala. Kalo nggak cocok, ya berarti itu bukan si pemilik motor, jadi nggak bisa nyala. Jadi nggak perlu lagi acara nyocok-cocokin STNK sama plat nomor.
Sebenarnya ayah saya udah pernah bikinin sakelar rahasia di motor saya, tapi masalahnya agak rempong juga kudu nyari sakelar itu di sela-sela lipatan motor yang tak terlihat bahkan oleh pemilik motor sendiri, wkwkwk. Akhirnya dicopot deh. Coba kalo waktu itu dipasangnya sidik jari. Wkwk, ngimpi.
Tapi secanggih-canggihnya teknologi, pasti ada kekurangannya, ya, kan?
Salah satunya biaya produksi.
Hmmm, saya belum riset sih, tapi setahu saya kalo HP yang ada begituannya itu memang harganya lebih tinggi.Nah, tapi kira-kira bisa nggak ya dibuat ide PKM? Apalagi kalian yang anak teknik nih, pasti ngeh deh.
Hehehe, sayangnya saya sudah semakin tua (tumben sadar diri), dan bukan ranah saya juga kalo PKM-T.So, I'm just wondering and dreaming for it. If you can actuate that, monggo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Fragmen Dirgahayu
RandomPikiran adalah satu wadah dua arah Hanya jika ia terbuka Pikiran adalah sebilah candrasa Hanya jika ia terasah Pikiran adalah kebulatan tanpa ilusi Hanya jika ia termaknai . . . Diperbaharui setiap mood saya bereaksi