Tombol Dislike?

473 101 19
                                    

Gimana ya kalau misal wattpad ada tombol dislike-nya kaya Youtube?

Ga, deh. Komunitas wattpad adalah komunitas paling adem ayem yang pernah saya temukan. Setidaknya sudah nggak kaya dulu lagi. Seingat saya waktu saya masuk wattpad pertama kali (sekitar tahun 2014-2015), setidaknya ada lebih dari dua akun aktif yang seolah punya reputasi God of Sarcasm.

Apaan sih, bikin sakit hati aja.

Hahaha, memang nggak semua orang sama. Banyak macam respons para writers kala itu. Ada yang menganggap adu argumen adalah makna hidup sesungguhnya (termasuk saya). Ada yang berpikir mereka adalah sumber energi negatif dan batu penghalang untuk maju.

Kalau saya pribadi malah menghargai jasa mereka. Penulis profesional kadang sampai menyewa beta reader sebelum karyanya terbit.
Lha ini gratis, masih nggak mau.

Ya, kembali lagi ke niat penulisnya. Kebanyakan yang nggak mau disunting adalah penulis yang tidak serius. Hanya sekadar menulis. Sama saja dengan omong kosong. Memanfaatkan wattpad sama seperti media sosial lain. Sedikit naik level dari update status. Wattpad jadi tempat curhat dalam bentuk cerpen dan cerbung.
Nah sekarang siapa yang mau curhatnya diinterupsi dengan komentar:

"harusnya memerhatikan, bukan memperhatikan"

"saya nggak tahu, apakah tokoh A ini robot berbentuk manusia, responsnya datar, tidak ada emosinya sama sekali"

"premisnya terlalu mainstream"

"dialognya tidak bertujuan, deskripsinya bertele-tele dan membosankan"

Ada juga yang belum siap, jatuhnya malah menutup lapaknya dan ngambek. Berpikir bahwa mungkin menulis tidak lebih baik daripada main tiktok.

Saya kangen sama mereka 😫
Komentar pedas maupun masam saya terima, karena rujak pedas manis lebih sehat daripada es kepal milo dikasih gula kapas dan soda.

Kalau tidak suka pemikiran ini, silakan klik tombol dislike.
Tapi dislikenya nggak ada, jadi kasih tanda bintang aja gapapa 😁

Fragmen DirgahayuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang