Franda terus berlari sambil meneteskan air mata tanpa memperdulikan Rian yang juga berlari dibelakangnya.
"ADEKKKK!!!"
Laki laki yang sedang duduk tepat di hadapan Franda merasa terpanggil dan langsung berdiri kemudian memeluk erat tubuh kakak perempuannya.
"Loh? Kok" Franda dan Fernando langsung melepas pelukannya kemudian menatap Rian yang berdiri 5 meter di belakang mereka.
"Bukannya lo mati gara gara pesawat lo jatoh ya?" Ucap Rian dengan polosnya.
"Nauzubillah,, omongan lo yan jahat banget" Franda mengusap air matanya.
"Lah te--"
"Papa gak selamat kak, operasi papa gagal"
Franda langsung terjatuh di lantai rumah sakit kemudian menangis sambil terutunduk di bawah kaki Fernando.
"Sabar kak" Fernando mengelus punggung Franda sambil menyodorkannya sebotol air mineral.
Franda mencoba menarik nafas dan menghembuskannya, kemudian meneguk air mineral yang diberikan oleh Fernando.
"Papa mana?"
Fernando menunjuk ruang operasi yang ada di sebelahnya.
Franda langsung melempar botol air itu sembarangan kemudian masuk ke dalam ruang operasi.
Ia melihat ayah yang telah lama tak ia lihat terbaring tak bernyawa di hadapannya.
Franda mendekati Ardeon kemudian menangis di hadapannya.
"Maaf pa, maaf Franda harus nangis di depan papa. Maaf Franda jadi cengeng kayak dulu lagi. Maaf Franda gak pernah jagain papa waktu papa sakit. Maaf Franda suka ngelawan papa waktu Franda kecil" Franda tak kuasa menahan air matanya sehingga air itu mengalir deras membasahi pipinya.
"Pa, kata papa dulu, papa bakal selalu ambil ijazah Franda sama Ade Nando. Franda udah mau lulus pa. Franda sekarang udah kelas 12. Bentar lagi Franda bakal ujian dan dapat ijazah. Terus kalo papa pergi, nanti siapa yang nemenin Franda ambil ijazah"
"Franda, anak perempuan papa ini udah besar pa. Franda bentar lagi lulus, kerja, baru nikah pa. Dulu papa bilang, papa bakalan buat pesta yang meriah buat nikahan Franda. Franda gak perlu pesta meriah pa. Franda cuma mau, papa lihat Franda nikah, dan punya anak"
"Maafin Franda, Fernando, sama mama yang gak pernah nengokin papa ke Malaysia ya pa. Maafin Franda yang gak bisa jadi anak baik buat papa, sedangkan papa selalu menjadi ayah yang terbaik buat Franda dan ade Nando"
"Maafin Franda yang dulu gak nahan mama buat pergi ninggalin papa ke Singapore. Maafin Franda yang dulu pernah buat papa patah tulang gara gara ngotot minta ambilin layangan buat Ade Nando yang ada di atas pohon kelapa. Maafin Franda, yang dulu pernah buat papa malu sampe sampe dipanggil ibu guru karena Franda sama Nando kelahi di sekolah"
"Franda banyak salah sama papa, salah Franda ke papa gabisa disebutin satu per satu pa. Gitu juga kebaikan papa ke Franda, gabisa disebutin satu satu"
"Franda kira, habis papa operasi, kita bakal sama sama lagi di Jakarta kayak dulu. Franda tuh inget banget pa, dulu kita buka puasa sama sama. Maaf loh pa, dulu Franda pernah ngambil ayam papa, karena Franda masih lapar pa. Dulu kalo Franda puasanya penuh, pasti papa kasih Franda uang 100.000 per hari kan pa. Sekarang Franda kalo puasa penuh terus loh pa, Franda gak mau minta uang papa lagi. Franda cuma mau, bisa buka puasa bareng papa lagi. Franda gaakan ambil ayam papa lagi kok pa. Papa udah pergi ya pa, nanti Franda gapunya teman buat beli baju lebaran lagi pa. Papa tau kan, kalo mama beli baju itu sibuk sendiri, sampe Franda sama Nando lupa dibeliin"
"Franda sadar pa, cuma papa orang yang paling peduli dan sayang sama Franda. Maafin Franda pa. Maafin Franda" Franda memeluk erat tubuh Ardeon lalu menangis deras di atas tubuh ayahnya itu.
Fernando masuk ke ruang operasi kemudian menenangkan Franda.
"Kak, Jasad papa mau dikirim ke Indo. Kakak gak boleh nangis terus"
Franda langsung memeluk erat tubuh Fernando yang dibalas pelukan juga oleh adik laki lakinya.
"Papa sempat ngobrol sama aku kak, sebelum operasi. Katanya, kakak harus dapet nilai baik waktu UN nanti. Kakak harus usaha biar bisa masuk 10 besar kayak waktu SD sama SMP"
Franda masih tetap menangis di pelukan Fernando.
"Sudah kak, sekarang kita pulang ya kak"
Franda melepaskan pelukannya lalu menatap Ardeon sambil tersenyum.
"Kita pulang pa"#####
Acara pemakaman sudah selesai. Semua sudah pergi dari kuburan kecuali Franda, Fernando, dan Seera yang kembali dari Singapore untuk menjenguk mantan suaminya yang telah tiada.
"Franda, Nando"
Adik kakak itu langsung menoleh ke arah ibunya.
"Mama bakal pindah ke Jakarta"
Franda hanya tersenyum lalu kembali menatap kuburan ayahnya.
"Franda, Nando" Raya langsung memeluk Franda. Ia baru datang bersamaan dengan datangnya Arya juga Rian.
"Turut berduka ya Nda. Om Deon udah tenang disana" Raya melepaskan pelukannya.
"Nando, Franda, gue turut berduka cita ya" Franda hanya tersenyum membalas ucapan Arya.
"Semua emang terasa terlalu cepat. Om Deon pergi terlalu cepat untuk kita semua. Umur emang gaada yang tau ya" Arya tersenyum manis.
"Yang sabar ya nda" Rian tersenyum manis ke arah Franda.
"Tante See, kapan balik ke Indo?" Raya salim kepada Seera disusul juga dengan Arya lalu Rian.
"Baru aja kok Ray, lama ya tante gak liat Arya, udah ganteng ternyata" Seera tersenyum ke arah Arya.
"Nama saya Rian tante" Seera langsung mengalihkan pandangannya ke arah Rian.
"Rian? Kamu anaknya dokter Rere bukan sih? Dokter yang dari Singapore itu. Yang katanya sakit--"
"Iya tante, Rian anaknya Rere"
Seera mengangguk lalu menunjukkan senyum manisnya.
"Mama kenal sama Rian?"
Seera mengangguk.
"Iya. Mama dia itu temen arisan mama waktu di Singapore. Mamanya juga orang Indo. Katanya dia pindah ke Singapore, biar enak kalo ngobatin anaknya""Emang Rian sakit apa sih? Kok kepo gue" Fernando menatap Rian tajam.
"Sak--"
"Udah, gausa peduliin penyakit gue lah. Yang jelas, penyakit gue gaakan ngehalangin cinta gue ke Franda" Goda Rian yang ingin membuat Franda tersenyum tetapi Franda hanya menunjukkan mimik wajah datarnya.
"Nda, nanti waktu lo ujian, gue bakal nemenin Raya ke Balikpapan. Gue bakal balik lagi waktu lo pengumuman. Gue takutnya, kalo Raya sendirian, dia bakal kenapa napa. Lo gak papa kan"
Franda tersenyum singkat lalu kembali menunjukkan ekspresi datarnya.
"Jangan terlalu sedih kak, kasian kan papa kalo lo nangis dan sedih terus. Ikhlasin kepergiannya"
Franda tersenyum lalu menyenderkan kepalanya di bahu Fernando.
** VOTE AND COMMENT **
KAMU SEDANG MEMBACA
My Bad Brother [COMPLETED]
Novela JuvenilFranda. Gadis cantik yang menjadi kakak sekaligus pacar pura pura dari adiknya, Fernando. Franda dan Fernando adalah saudara yang berbeda 1 tahun. Mereka sempat bahagia, juga sempat sedih di waktu yang berbeda. Tetapi kini, perjalanan hidup mereka b...