Write - 33

43 8 0
                                    

Sisi lain 'Wattpad'
Indah (iceplant)
102-WYS

~~•~~

Halo. Aku , Indah. Panggil saja In atau apa yang membuat kalian nyaman. Disini aku akan membahas 'Wattpad' dari berbagai sudut pandang. Jadi, langsung saja aku mulai ya^^

Wattpad. Menurutku Wattpad adalah sebuah wadah yang menampung ide dan kreatifitas bagi penulis tetapi sebagai hiburan bagi pembaca.

Aku di kenalkan kepada Wattpad pertama kali, oleh temanku. Karena, melihat banyaknya novel di rumah dan sukanya aku membaca novel, temanku itu mengusulkan agar aku me-donwload Wattpad saja.

Setelah mengikuti saranya untuk me-donwload Wattpad. Aku mulai membaca beberapa cerita yang ada di Wattpad. Karena merasa seru, aku melanjutkan membaca cerita yang bahkan dalam sehari, aku mampu membaca sekitar dua atau tiga cerita dengan masing-masing cerita memiliki sub-bab lebih dari 30 bab(part).

Setelah beberapa bulan aku menjadi readers, aku berniat menulis ceritaku sendiri, dengan gaya penulisanku sendiri. Cerita yang pertama kali aku tulis berjudul I Love You, tetapi saat ini sudah aku unpublish.

Saat itu, mulai ada lumayan banyak pembaca di ceritaku, dan komentar-komentar yang masuk mengenai tulisanku 'pun mulai bermunculan.

Aku merasa, ada baiknya aku mengikuti grup kepenulisan. Agar aku dapat mengerti tentang aturan penulisan, karena memang saat itu aku sama sekali tidak mengetahui aturan penulisan yang baik dan benar. Akhirnya aku tanpa sengaja menemukan sebuah grup kepenulisan yang berbasis di Line.

Lalu, aku mencoba mendaftar. Dan akupun di terima di grup tersebut. Setelah beberapa bulan awalnya grup berjalan dengan biasa saja, akupun banyak bertemu dengan author-author di dalam grup itu. Sampai, akhirnya timbul masalah di dalam grup itu. Mulai muncul 'drama', 'baper' dan 'sindiran' dari grup itu antar satu member dan member lain.

Hingga akhirnya aku memutuskan keluar dari grup itu. Aku dan temanku memutuskan untuk membuat grup kepenulisan sendiri dengan sistem Entertaimen. Kami berniat belajar dan membagi sedikit pengetahuan kami kepada author dan readers.

Jika di tanya apakah jumlah vote, komentar dan readers sangat mempengaruhi? Bagi aku sendiri jumlah Readers sangat mempengaruhi. Karena, bagusnya cerita memang dapat di lihat dari berbagai aspek, tetapi jumlah readers sendiri disini menggambarkan bagus tidaknya cerita tersebut. Karena semakin bagus cerita maka semakin banyak juga readers yang di dapat, sedangkan vote akan ada menyusul jumlah readers. Dari sudut pandang vote, menurutku vote tidak terlalu mempengaruhi, karena banyak sekali silent readers yang tidak men-vote saat membaca.

Jadi menurutku, vote tidak bisa di jadikan aspek yang mempertimbangkan bagus tidaknya cerita. Sedangkan pada aspek komentar, banyaknya komentar juga tidak terlalu mempengaruhi. Seperti yang kita tahu, kadang komentar lebih terkesan sederhana tetapi membawa dampak bagi penulis.

Kebanyakan penulis-yang aku temui- jika mendapat komentar kritikan, lebih seperti acuh tak acuh. Nah sekarang, ada sebuah aspek yang memang tidak aku sebutkan tadi di atas yang juga membawa peran tak kalah penting dari readers.

Ya, aspek rangking. Di dalam suatu cerita, tak terkadang mendapat sebuah reward yaitu rangking. Rangking menurutku bisa di dapat dari banyaknya vote maupun readers.

Itulah sebabnya, rangking setiap hari akan berubah. Cukup sulit mempertahankan rangking, karena readers setiap harinya tidak datang dengan 'jumlah' yang sama pada cerita kita.

Sedangkan jika dengan vote, maka akan berdampak dengan cerita atau akun kalian. 'Bom' vote bis membuat akun kalian sementara di 'suspand'. Entah benar atau tidak, tapi beberapa orang pernah berkata begitu, mengenai si 'bom'.

Setelah melihat perkembangan per-Wattpad-an. Sekarang, banyak sekali muncul grup-grup kepenulisan. Tetapi sedikit sekali yang memang berupa grup kepenulisan. Mengapa aku berkata begitu, dari kaca mataku. Aku melihat lebih banyak grup kepenulisan yang sistemnya tidak jelas, tidak terlaksana dengan kesan memaksa.

Apalagi pada saat akan bergabung, setiap grup mempunyai 'rules' yang cukup membuat ribet. Misalnya saja, share ke 5 grup. Astaga, aku memang tau share bisa meningkatkan jumlah pendaftar, tapi bagaimana jika ada author yang memang tidak mempunyai grup kepenulisan? Apakah tidak berhak ikut serta dalam grup kepenulisan?

Lalu, jika share tidak dapat di lakukan dengan alasan grup selanjutnya share ke 20 teman yang kamu punya. Disini sedikit membuat ribet menurutku, 20 teman. Memeng tidak akan meninbulkan spam tapi bagaimana jika yang ingin mendaftar baru membuat akun atau memang tidak meng-add banyak orang? So, mereka harus share kemana?

Oke, kita skip aja sampai di situ ya hehe ... karena mungkin setiap grup kepenulisan mempunyai alasan masing-masing.

Jadi, dari semua pengalaman maupun pemikiran mengenai per-Wattpad-an, harapanku sendiri sebagai penulis maupun pembaca. Memang di Wattpad ada beberapa aspek yang menentukan bagaimana cerita kalian, tetapi dari aspek tersebut seharusnya tidak menbuat kalian down jika tidak memenuhi salah satu aspeknya. Cukup lakukan, dan teruslah menulis. Menulislah karena kemauan kalian bukan kemauan orang lain. Dan untuk grup kepenulisan, carilah grup yang membuat kalian nyaman dan tidak menyulitkan kalian.

Karena, kita disini sama. Tidak berhak kita menilai "karya, si ini ceritanya ancur banget ...., " karena setiap orang memiliki peluang untuk menjadi penulis yang baik. Dan aku sendiri pernah mendengar, anggap saja jika diterbitkan berarti itu bonus untuk kalian.

Bagiku sendiri, pengalaman di Wattpad membawa sedikit banyak perubahan, baik hal positif maupun negatif. Salah satunya saja, aku menjadi mempunyai teman sesama penulis, teman yang memang sama sekali tidak pernah bertemu sebelumnya.

Bahkan, aku pernah sekali pada bulan September tahun ini, meet up dengan kenalan ku dari Wattpad, yang kebetulan sedang pulang kampung ke kotaku. So, siapa bilang gabung grup kepenulisan itu menyusakan. Oh iya, disini aku tidak menyinggung siapapun, semoga kita menjadi penulis yang lebih baik. Sampai ketemu sama aku -In- di lain waktu dengan lain cerita.

A Moment To Remember - Write Your StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang