Write - 15

53 13 0
                                    

Wattpad Not Mantan
Tari (ennikeRL)
052-WYS

~~•~~

Awal pertama mengenal wattpad itu dari temen-temen sosial mediaku, kira-kira pada tahun 2014 kalau tidak salah, waktu itu aku mengakses wattpad lewat website, karena memang HP-ku yang belum mendukung aplikasi canggih. Pada tahun-tahun itu aku belum begitu tertarik akan wattpad, hanya satu cerita yang kubaca namun judulnya aku sudah lupa dan aku memutuskan berhenti menggunakannya hingga pada tahun 2015 aku memulai membuat akun wattpad kembali, namun belum juga terlalu tertarik, akhirnya aku memutuskan untuk meng-uninstal wattpad di HP-ku tanpa membuka satu story pun.

Pada tahun 2016 aku memutuskan untuk meng-instal kembali, waktu itu aku kelas XI setelah aku berpetualang sedikit di dunia orange tersebut, akhirnya aku mencoba untuk membaca salah satu cerita di sana dengan judul 'Pure Vampire' mulai dari sana aku mulai tertarik dengan yang disebut Dunia Orange tersebut. Sampai-sampai aku ngomong. "Gila, wattpad ternyata banyak yang asik ceritanya, banyak pilihannya lagi, kenapa dulu aku acuhin, mana covernya menarik, dan yang terpenting ... gratis. Haha." Dari sana timbul keinginanku untuk menulis, ingin rasanya cerita kita dibaca oleh orang lain.

Judul ceritaku yang pertama dulu adalah "The Struggle Of Bella Evanshill" genrenya fantasy. Pada awalnya aku kira nulis itu gampang! Kecil! Cuma nulis doang kan? Yaudah, anak SD juga bisa. Tapiiiii ... eiitss aku 100% salah! Nulis ga segampang itu, banyak yang harus diperhatiin, dan lain sebagainya. Bahkan sekarang pun satu cerita aja belom selesai wkwkw alah geblek, dodol, kenapa juga aku mikirnya dulu gampang haha.

And then, dulu aku ngiri banget sama orang yang ceritanya punya cover yang buaaguss, bahkan sampai sekarang pun masih. Dulu awal-awal pas belum terlalu kenal sama desain, aku nyoba-nyoba buat cover pake aplikasi ... eh maaf, ga sebut merk hehe. Pokoknya aplikasinya salah satu yang populer deh, tapi khusus buat edit-edit foto, gabisa buat desain yang kayak itu loh. Taulah gimana, coverku aneh bin ajaib; latarnya pink, ada stiker love-love, alaay sumpah. Untung aja bukan fotonya mantan yang kupajang, bisa-bisa dia bilang 'Allhamdulilah' pede banget aku, plak* tapi aku langsung ganti coverku kok pake aplikasi yang khusus dari wattpad.

Selanjutnya pas awal-awal nge-post cerita, ini ni, yang bikin aku terharu banget, sehari setelah post, yang baca ceritaku 0 yang komen juga 0, dua hari setelah itu tetep aja 0, tiga hari setelah itu ada kemajuan, kira-kira ada 3 atau 2 view, terus aku mikirnya positif aja, lalu aku mutusin buat ga liat Wattpad dulu selama seminggu, kali aja jumlah viewers udah 1k ... etapi, boro-boro 1k viewers, 10 viewers aja ga sampe. Yakali seminggu langsung dapet 1k.

Mulai dari sana aku mengumpulkan banyak pengalaman akan wattpad, mulai dari story yang ku-publish dan akhirnya ku-unpublish hanya karena mentok, alur cerita yang ngawur, typo sana-sini. Sampai rasanya untuk menghapus semua story-ku.

Namun pada akhirnya aku tahu, bahwa menjadi penulis itu bukan hal yang mudah dilakukan, banyak waktu yang digunakan untuk menulis. Bahkan satu novel selesai bertahun-tahun. Tetap semangat, usaha, dan kerja keras. InsyAllah bisa tercapai. Semangat^^

A Moment To Remember - Write Your StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang