Selesai mandi dan sudah berpenampilan rapi, gw melihat ke arah jam dinding sudah menunjukkan pukul 10:00, gw janji sama Rani dan suami nya jam 11:00. Gw bergegas keluar kamar.
Gw mengunci pintu kamar sambil melihat Garong yang masih duduk di depan kamar nya.
“buset dah Rong dari tadi lo ngeliatin kamar Diana..?”“Diana dari tadi ngintip-ngintip dari kamar nya Ri..” jawab Garong “mungkin dia tadi terpesona sama gw ya..”
“yaudah lo samperin aja kamar nya..” ucap gw “kali aja lo bisa peregangan otot” lanjut gw cengengesan.
“lo gak mau Ri..?” tanya Garong.
“gw masih perjaka Rong..” ucap gw sambil mengikat tali sepatu “anuku Cuma untuk istri ku..” gw cengengesan lagi.
.....
Setengah Jam kemudian gw sudah duduk disebuah Cafe menunggu Rani dan keluarga Kecil nya. gw pingin ketemu sama Deri Kecil.
Sambil menunggu gw mengeluarkan HandPhone dan menghubungi Citra. Niat gw mau ngajak Citra Nonton sore ini tapi sayang, Citra gak bisa karena masih rame keluarga nya dirumah jadi dia gak bisa kemana-mana.
Tepat pukul 11:00 gw melihat seorang wanita cantik yang sudah sangat ke ibuan, Rani.
Rani berjalan mendekati gw dengan menggandeng tangan anak kecil yang tepat disamping nya. Gw berdiri dan langsung menghampiri Rani.Gw tersenyum dan terus melihat Rani yang mata nya berkaca-kaca.
“kamu gagah banget sekarang Ri..”Gw masih tersenyum dan berjongkok didepan anak kecil yang di gandeng Rani.
“nama nya siapa..?” tanya gw sambil memegang kepala nya.“Deyi..” ucap nya.
Mendengar jawaban nya itu sukses membuat mata gw berair. Alhamdulillah anak ini sehat. Gw membatin.
“nama Om juga Deri..” ucap gw.
“kok camaa..”
Gw tersenyum dan kembali berdiri.
“kamu sehat kan Ran..?” tanya gw “suami kamu mana..?”“aku sehat Ri..” jawab Rani “masih didepan, tadi dia ketemu temen nya..”
“duduk dulu Ran..” ucap gw.
Rani berjalan kebangku lalu dia mengendong Deri kecil dan memangkunya.
“Deri kecil nurun sifat nya kamu Ri..” ucap Rani.“oh ya, sifat apa tuh..?” tanya gw
“kalau lagi jalan sama dia, dia gak mau di gendong, dia mau nya jalan didepan.. katanya mau ngelindungin Mama..” ucap Rani “kaya kamu banget kan, selalu mau ngelindugin orang yang kamu anggap spesial..”
“semua laki-laki pasti gitu Ran..” jawab gw.
“gak semua Ri.. baru kamu yang aku liat cowok yang rela ngorbanin semua nya untuk orang lain..”
“duuh dipuji terus..” ucap gw.
“thanks ya Ri, aku bener-bener gak tau kalau dulu gak ada kamu..”
“sama-sama Ran, kamu kan yang paling deket dengan aku di kampus dulu, wajar kalau aku nolong kamu..” ucap gw. Saat itu gw melihat seorang cowok yang kira-kira umur nya 30an “itu suami kamu..?”
“iya itu dia..”
Gw langsung berdiri dan mendekati suami Rani yang lagi berjalan kearah kami.
“bang..” gw menjulurkan tangan “gw Deri bang..”“oh lo Deri ya..” ucap nya menyambut uluran tangan gw “gw Andra.. thanks ya Ri..”
“makasih untuk apa bang..?” tanya gw heran.
“gw udah denger cerita nya dari Rani, kalau dulu gak ada lo, mungkin mereka berdua udah gak ada lagi didunia ini Ri..” ucap Bang Andra sambil melihat Rani.
Gw menoleh dan juga melihat Rani yang lagi berlari pelan dan sedikit membungkuk karena harus mengejar Deri kecil yang berlarian.
“gw gak ngelakuin apa-apa ko bang, gw Cuma gak bisa ngeliat Rani sedih kaya dulu” ucap gw “Rani itu sahabat gw bang..”
“mungkin lo gak sadar Ri.. tapi keputusan lo yang dulu itu udah nyelamatin 2 nyawa dalam 1 tubuh..” ucap bang Andra sambil memegang bahu gw.
“syukur deh bang kalau keputusan yang gw buat dulu ada bener nya..” jawab gw.
Deri kecil berlari ke arah kami lalu dia meluk kaki nya bang Andra. Bang Andra mengelus kepala nya dengan lembut. Saat itu gw sadar sesuatu, bang Andra memang bener-bener sayang sama Deri kecil walaupun bukan darah daging nya.
Syukurlah. Ucap gw dalam hati.
Gw kembali duduk dengan Rani sedangkan bang Andra kini lagi sibuk mengejar Deri kecil yang terus berlarian.
“aktif ya dia..” ucap gw sambil terus melihat Deri kecil berlarian.
“Ri..”
Gw menoleh melihat Rani.
“kenapa Ran..?”“aku turut berduka ya untuk kak Siska..” ucap Rani.
“thanks Ran..” gw tersenyum.
“dulu aku bener-bener gak tau kalau kamu sedang ada masalah seberat itu, seenak nya aja aku masuk kekehidupan kamu..” ucap Rani.
“aku seneng Ran karena kamu juga ikut masuk ke kehidupan aku..” jawab gw.
“aku gak bisa bayangin Ri gimana sakit nya kamu, di tahun yang sama kamu harus ngelepasin 2 orang cewek hebat yang kamu sayangi..”
Gw tersenyum.
“keputusan yang aku buat dulu memang salah Ran, aku ninggalin Resti gitu aja tanpa tau apa yang bakalan terjadi sama dia.. kalau aja aku gak ninggalin Resti, pasti aku gak bakalan pacaran sama Siska dan pasti Siska gak akan kecelakaan..” ucap gw.Dengan tatapan sayu Rani terus melihat gw.
“tapi akhirnya aku sadar Ran, masalalu itu bukan Cuma untuk disesali, tapi juga ada hikmah nya dan juga ada pelajaran yang bisa aku dapat..” ucap gw “semuanya sudah digariskan oleh Tuhan..”
“pengalaman hidup kamu udah 2 kali lipat lebih banyak dari orang-orang yang seumuran dengan kamu Ri..” ucap Rani “aku yakin Ri, Tuhan udah nyiapin sesuatu yang besar untuk kamu kedepan nya.. susuatu yang indah sebagai hadiah yang pantas untuk kamu yang udah melewati ujian berat..”
“mudah-mudahan Ran..”
“Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan tapi apa yang kita butuhkan..” ucap Rani lagi.
.....
Gw turun dari Mobil bang Andra setelah sampai didepan Kosan.
“mampir dulu yuk..”“lain kali aja ya Ri..” ucap bang Andra “Deri kecil udah ketiduran nih..”
“yaudah lain kali gw tunggu ya bang..” ucap gw “Ran jaga Deri kecil baik-baik ya..”
“pasti Ri..” jawab Rani.
Gw melihat Mobil bang Andra yang perlahan menghilang. Lalu gw melangkahkan kaki memasuki Kosan. Didepan kamar gw melihat Garong masih duduk sambil genjreng gitar.
“buset Rong dari tadi lo masih disini aja..” ucap gw.
“gak lah, ini baru keluar lagi gw..” jawab Garong “eh entar sore ikut gw yok, gw mau keluar sama temen gw ni..”
“ahh males gw Rong..” jawab gw.
“udah ikut aja Ri, gw males kalau sendirian ikut dia..” ucap Garong.
“lo sama temen sendiri males giamana sih lo..”
“ya pokok nya lo ikut aja, entar lo tau sendiri..” jawab Garong.
“yaudah iya..”
Dari pada gw bengong aja entar Sore karena Citra juga gak bisa di ajak keluar mending gw ikut Garong.
Gw membuka pintu kamar dan langsung masuk kekamar untuk rebahan..
KAMU SEDANG MEMBACA
RETURNING SUNSET
Romance(Lanjutan dari PELANGI SETELAH HUJAN) ..... KAULAH BELAHAN HATIKU YANG TERANGI AKU DENGAN CINTAMU KAU HANGATKAN JIWAKU DAN SELIMUTI AKU DENGAN KASIHMU Perjalanan hidupku masih berlanjut sampai akhirnya kubersamamu yang tercipta dari tulang Rusukku A...