34. Logika dan hati

4.4K 176 3
                                    

Ada tiga hal yang tidak dapat bersembunyi terlalu lama...
Matahari..
Bulan..
Dan kebohongan..

“siapa Citra..?” tanya Resti lagi dengan nada yang mengerikan.

“temen Res.. temen kantor aku..” jawab gw.

“siapa Citra..?” Resti terus melihat mata gw.

Suhu di warung Tenda dadakan ini serasa turun drastis. Mulut gw kaku, dan jari-jari tangan gw serasa membeku. Tapi gw keringetan, keringet dingin lebih tepat nya.

“iya temen kantor Res..” jawab gw berusaha meyakinkan nya.

“temen kantor atau temen SMP yang nyium pipi kamu dulu..?” selidik Resti. Mata nya masih terus menatap tajam.

Deeeg.. anjrit, gw aja butuh waktu buat ingat siapa Citra waktu pertama ketemu lagi, kenapa Resti bisa-bisa nya langsung ingat Citra.

“.....”

“kenapa diem..?” tanya Resti “kenapa kamu gak bilang kalau lagi deket sama cewek lain..?”

“aku gak bisa bilang Res...” jawab gw.

“dia tau kamu udah ketemu sama aku lagi..?” tanya Resti.

Gw menggeleng 
“aku belum bilang..”

“mau sampe kapan kamu bohong kaya gini..?”

“aku gak bohong Res, aku Cuma belum cerita soal ini..”

“kamu nyembunyiin ini dari aku, selangkah lagi kebenaran yang kamu tutupi itu akan jadi kebohongan..” ucap Resti.

“.....”

“lebih baik kamuu jujur dari awal walaupun ada yang sakit, dari pada kamu bohong kaya gini.. ujung-ujung nya tetap bakalan ada yang sakit di antara kami kan..”

“.....”

“lebih baik di tampar kejujuran dari pada dicium kebohongan kaya gini Ri..” ucap Resti “kamu gak mikirin gimana perasaan Citra..? dari tadi dia BBM nanya kamu udah makan, nanya kamu lagi ngapain.. tapi gak ada yang kamu bales..”

“.....”

“kamu gak bales karena lagi sama aku kan, terus besok kalau kamu lagi sama dia, kamu gituin aku juga..?” tanya Resti “jawab Ri jangan diem aja.. aku sama Citra sama-sama punya hati..”

“.....”

“dari kapan kamu dekat dengan Citra..?”

“dari awal aku kerja disini...”

“hampir setahun Ri... selama ini kamu terus sama dia, apa karena ketemu aku kamu jadi nyuekin dia..?”

“gak Res, aku sama Citra memang gak ada hubungan apa-apa, Cuma temen...” jawab gw berusaha meyakinkan Resti.

“aku gak percaya selama ini kamu gak ada perasaan sama dia..” ucap Resti “pasti perasaan kamu tumbuh karena sering sama-sama dia, Cuma kamu selalu bantah kan.. aku kenal kamu Ri, aku tau kamu itu gimana, kamu gak pernah mau jujur sama perasaan kamu sendiri, sampe-sampe kamu tega gantungin orang lain..”

“iya” gw mengangguk “aku akui, kalau aku memang ada perasaan ke Citra..”

Resti menghembuskan nafas dan melihat gw dengan tatapan sayu.
“kamu laki-laki, kamu harus tegas..” ucap Resti.

“iya aku tau..” jawab gw.

Resti diam dan terus menatap gw beberapa detik.
“kamu pilih dia apa aku..?”

Logika gw berkata, gw tidak bisa kesampingin Citra begitu aja, gw gak bisa ninggalin dia setelah selama ini dia selalu ada buat gw. Citra yang selalu ngorbanin waktu nya buat gw, Citra yang ngerawat gw saat gw sakit disini, Citra yang selalu nemenin gw kemanapun. 

**

Gw mengenggam tangan Citra yang di letakkan diatas meja. Hari ini, beberapa hari setelah makan malam gw bersama Resti. Setelah Resti tau gw dekat dengan Citra, Resti memilih untuk tidur dirumah Om nya Putri dan ninggalin gw di kontrakan sendirian.

“Cit..” gw mengenggam lebih erat lagi tangan Citra, dan Citra juga membalas genggaman tangan gw “maaf selama ini aku udah gantung perasaan kamu, aku tau perasaan aku ke kamu dan perasaan kamu ke aku itu lebih dari sekedar temen..”

Selama ini gw tidak mau menyatakan perasaan ke Citra dan mengatur rencana kedepan bersamanya nya karena gw masih menyimpan trauma yang mendalam sejak ke Jadian Siska. Semuanya sudah kami atur dengan kebahagian tapi harus hancur dan membuat hati gw remuk di saat terakhir.

Gw tidak bermaksud dengan sengaja menggantung Citra.
Gw hanya berahati-hati masalah Hati. Karena sekali Hati gw remuk lagi, waktu saja tidak akan mampu mengobati.

Citra tersenyum mendengar omongan gw.
“iya Ri, kita sama-sama tau kan..”

“makasih atas semua waktu yang udah kamu kasih ke aku, makasih atas semua perhatian kamu ke aku..” ucap gw.

Senyuman di wajah Citra tidak menghilang sedikitpun, malah semakin merekah dan dia tampak manis dan bahagia sekali.

“maaf aku udah bohongin kamu..”

“maksud nya..?” tanya Citra.

“sebenarnya selama ini aku bukan sibuk sama Ryan temen SMA aku..” ucap gw lalu gw menarik nafas panjang “aku sama Resti selama ini..”

Seketika Citra melepaskan genggaman tangan nya dan menarik tangan nya secara perlahan.
“kak Resti..?”

“iya..” gw mengangguk.

Citra membulatkan bibir dan mengangguk pelan. Dia mencoba tersenyum lagi menyembunyikan rasa kaget nya.

“dia baik-baik aja kan..?” tanya Citra.

Gw mengangguk.

“bukan itu yang mau aku omongin sekarang..”

“aku udah tau apa yang mau kamu omongin, kamu gak perlu maksa diri kamu untuk omongin masalah ini..” ucap Citra “dari dulu memang perhatian kamu untuk kak Resti, kamu ingat kan waktu aku marah karena kamu liatin dia waktu kita SMP..”

“.....”

“jujur aku kaget waktu kita pertama kali ketemu lagi, waktu itu aku berharap kita memang bisa sama-sama, tapi sekarang kamu udah ketemu lagi dengan Kak Resti..” ucap Citra “itu berarti kamu dengan dia belum selesai Ri, kamu masih di kasih kesempatan untuk ketemu sama dia dan perbaiki semuanya..”

“maafin aku Cit, aku tau ini terkesan jahat, aku ninggalin kamu setelah ketemu sama dia lagi..” ucap gw.

“kamu gak perlu minta maaf Ri..” ucap Citra “itu pilihan kamu, dan juga kak Resti jauh lebih membutuhkan kamu dari pada aku..” 

“.....”

“makasih selama ini udah baik sama aku..” ucap Citra “kita akan terus jadi temen kan, dari dulu dan sampai kapanpun...”

“maafin aku Citra..” ucap gw “aku gak mau terus bohongin kamu..”

“ini lebih baik Ri, lebih baik kamu sampaikan sekarang..” ucap Citra “walaupun memang terasa sakit, tapi itulah kebenaran nya kan..”

“maaf waktu yang kamu kasih ke aku jadi sia-sia..” ucap gw.

“gak ada yang sia-sia Ri..” jawab Citra “ aku seneng bisa dekat dengan kamu, karena kamu selalu ngajarin aku untuk sabar menghadapi kamu yang suka ngaret..” Citra tersenyum lalu dia tertawa kecil.

Gw mengikuti Citra keluar dari Cafe. Citra terus berjalan kearah Mobil nya, saat dia membuka pintu dan masuk kedalam Mobil nya, gw dapat melihat setitik air mata yang jatuh membasahi pipi nya.

Sesakit apapun, kebenaran harus disampaikan..

Logika gw memang mengatakan Citra.
Tapi Hati gw tetap mengatakan Resti.

RETURNING SUNSETTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang