Saat gw menarik nafas panjang sekali lagi..
Tercium aroma parfum yang sangat gw kenal, aroma parfum yang dulu sangat gw sukai, aroma yang dulu selalu gw hirup dalam-dalam dan mengisi rongga paru-paru gw.
‘Resti’
Gw membalikkan badan dan melihat Resti yang sudah berdiri beberapa langkah didepan gw. Rambut nya kini telah di potong pendek sebahu, dan itu membuat nya tampak sangat manis dan imut. Gw menurun kan pandangan dan melihat kalung ‘DR’ yang dulu gw berikan di hari ulang tahun nya.
Untuk sesaat mata kami terus menatap satu sama lain. Dan gw dapat melihat mata Resti yang sudah mulai berkaca-kaca.
“kenapa..” ucap gw pelan sambil meremas setangkai bunga yang tadi gw petik.
“kenapa masih di pake kalung itu Res..?”“aku gak mau lepasin..” jawab Resti dengan suara nya yang bergetar menahan tangis nya.
“kenapa Res..?”
“aku kangen sama kamu Ri..” ucap Resti “bolehkan aku peluk kamu..”
Gw menggeleng pelan dan menjatuhkan bunga yang sudah gw remas.
“kamu udah tunangan kan..”“aku gak mau Ri, aku terpaksa nerima pertunangan itu kemarin makanya sekarang aku lari dari rumah..”
Resti pun akhirnya menangis, tangisan yang sudah di tahan nya sejak tadi. Seperti ada beban berat yang di tanggung nya selama ini.
Gw mendekati Resti dan langsung meluk tubuh nya dengan erat.
“maaf ya selama ini aku gak pernah ada disaat kamu lagi ada masalah...” gw mengelus rambut nya dengan lembut.Apa yang terjadi pada Resti selama ini, tangis nya kali ini jelas berbeda, seperti ada rintihan yang mendalam yang tidak bisa ditahan nya lagi.
Beban apa yang kamu tanggung Res..
Gw melihat kearah pintu masuk Rumah dan melihat Putri yang lagi berdiri disitu sambil melihat kearah gw dengan senyuman nya. Gw seperti pernah mengalami hal ini dulu. Dulu sekali saat kami masih berseragam SMA. Dan kini semuanya terulang kembali di saat kami sudah menjadi pribadi yang dewasa.
Masalah apa yang akan gw hadapi kali ini..
“Res kita duduk dulu ya..” ucap gw.
Resti melepaskan pelukan nya dan menarik tangan gw untuk masuk kedalam Rumah Om nya Putri.
“apa kabar Put..?” tanya gw pada Putri saat melewati nya.
“sehat, lo sehat juga kan..” ucap Putri.
Gw mengangguk sambil duduk di sofa ruang tamu Rumah Om nya Putri. Gw menyapu pandangan dan melihat di kedua sudut ruangan ada guci yang berukuran besar, dan ada foto keluarga berukuran terpampang disalah satu dinding.
Putri langsung masuk kedalam meninggalkan gw dan Resti agar kami lebih enak untuk ngobrol.
“Res udah dong nangis nya..” ucap gw.
“gamau..” jawab Resti dengan tampang cemberut sambil menghapus sisa-sisa air mata nya.
“kamu mau ceritain ke aku kan..?” tanya gw “kamu kan bilang ke aku mau ke Semarang untuk nemenin Mama kamu..”
Resti mengangguk dan diam sesaat. Mungkin dia butuh waktu untuk mulai menceritakan semua nya.
“aku nerima pertunangan itu karena Mama Ri, Mama sakit keras dan butuh biaya banyak untuk pengobatan nya jadi aku minta tolong Papa untuk biayain Mama tapi Papa nolak, aku terus maksa Papa sampe Papa ngajuin syarat kalau memang aku mau tunangan Papa bakal biayain semuanya Ri..”
“waktu itu Papa balik ke Jakarta, aku langsung ke Semarang untuk nemenin Mama, tapi Bulan 1 tahun kemarin (2014) Mama meninggal Ri..”
Resti menutup wajah nya dengan kedua telapak tangan dan dia kembali menangis.
Gw merangkul nya dan menyandarkan kepala nya pada bahu gw.
“sabar ya Res, aku turut berduka ya..”Cukup lama Resti menangis sampai akhirnya dia kembali tenang dan lanjut menceritakan semua nya.
Setelah meninggal nya Nyokap Resti. Resti di minta Bokap nya untuk ke Jakarta dan dia nurut karena sudah tidak tau harus kemana lagi. Saat di Jakarta Resti tinggal lagi bersama Bokap dan Ibu tiri nya. Dan di Jakarta lah Resti pertama kali bertemu dengan tunangan nya.
Memasuki bulan 5 tahun 2014 (Di tahun dan bulan yang sama gw menginjakkan kaki di Jakarta) Resti kabur dari rumah Bokap nya karena tidak mau melanjutkan pertunangan itu. Itu dia lakukan juga karena pesan terakhir dari Nyokap nya yang tidak mau melihat Resti tersiksa dengan pertunangan itu.
Resti menyewa sebuah Rumah dengan uang tabungan nya dan dia hidup seorang diri dan terus berusaha sembunyi dari kejaran orang suruhan Bokap nya. Sampai akhirnya di bulan 8 tahun 2014 Putri juga ke Jakarta dan saat itu Resti jadi sering pindah-pindah, kadang dia tinggal dirumah sewaan nya, kadang dia tinggal di rumah Om nya Putri.
“tunangan kamu memang nya gak marah liat kalung itu..?” tanya gw sambil melihat kearah kalung yang menghiasi leher nya dengan indah.
“enggak..” Resti menggeleng pelan “dia ngira D ini insial nama dia Ri..”
Deeeeg....
“maksud nya..?”
“nama nya Doni..” ucap Resti.
Badan gw langsung merinding ketika mendengar nama Doni. Gw terus berusaha mencari alasan dan menghindari semua kebetulan ini.
“nama lengkap nya Res...?”
“Doni e.....” jawab Resti.
Gw langsung bersandar di sofa dan menjambak Rambut gw. Sudah jelas itu Doni temen gw. Doni yang Hoby main perempuan, Doni yang pemabuk dan pemake. Anak orang kaya yang suka berlaku seenak nya.
“kamu kenapa Ri..?” tanya Resti.
“gw kenal sama dia Res..” ucap gw “gw kenal sama Doni..”
“ko bisa Ri..?” tanya Resti.
Pikiran gw langsung kalut setelah mengetahui hal ini. Gw menghela nafas dan mencoba menenangkan diri.
Doni dengan money power nya.
Doni yang suka bayar orang untuk mukulin siapapun yang tidak disenangi atau yang menghalangi nya.Apa yang harus gw lakukan untuk membantu Resti.
Apa yang harus gw lakukan untuk menghadapi orang kaya Doni.Itulah yang menjadi pikiran gw saat itu..
KAMU SEDANG MEMBACA
RETURNING SUNSET
Romance(Lanjutan dari PELANGI SETELAH HUJAN) ..... KAULAH BELAHAN HATIKU YANG TERANGI AKU DENGAN CINTAMU KAU HANGATKAN JIWAKU DAN SELIMUTI AKU DENGAN KASIHMU Perjalanan hidupku masih berlanjut sampai akhirnya kubersamamu yang tercipta dari tulang Rusukku A...