Pagi ini hari pertama ujian semester 1. Gue sarapan nasi goreng dengan telor ceplok buatan mamah. Biasanya gue selalu minta bawangnya dibanyakkin, dan kuning telornya enggak dipecahin.Sebenernya gue juga bisa buat sarapan sendiri, cuma karena agak kesiangan gara-gara semalem ngehafalin soal-soal PKN.
Biasa, sekolah mainstream yang hari pertama ujian pasti PKN sama agama.
Abang yang kelas 12 SMA juga UAS hari ini. Abang gitu-gitu lumayan makanya bisa masuk jurusan IPA cuma ya ketutupan malesnya. Sama kaya gue.
Gue makan sambil megang hp, buat belajar lewat file pdf yang udah dibagi guru. Belajar lewat hp gini ada enak nggak enaknya coy. Enaknya, bisa praktis dan dimana aja. Enggak enaknya, jujur aja mupeng belajar lewat hp bikin sakit mata.
Jadi biasanya gue tulis ulang di buku khusus coret-coretan belajar. Karna gue pernah denger katanya pas kita lagi ngerangkum di suasana hening, biasanya proses kita nulis kata-perkata itu kaya terserap di otak kita. Jadi lebih enak dihafal dan dipahami.
Cuma karna ini biar nggak ribet belajar sambil sarapan jadi pake HP aja."Bang, bensin masih ada?" Tanya mamah ke si Jim.
Abang cengengesan, tanda nya minta duit bensin ke mamah. Mamah cuma geleng-geleng pelan sambil ngambil dompet dari tas belanja kain bergambar dinosaurus kecil yang biasa mama pake biar mengurangi pemakaian plastik.
Sebenernya gue juga nggak tahu itu kadal atau dinosaurus, dari kecil setahu gue itu kadal, kalo kata abang itu dino. Dan kata papah, 'iku mono bajol.'
Trans: 'itu buaya' bajol : buaya (dalam bahasa jawa.)
Mamah ngeluarin uang dua puluh ribu uang buat abang, dan baru aja mamah ngerogoh dompet lagi,
"Enggak mah, sangu adek sama abang masih ada. Iya kan bang?" Gue nyenggol tangan abang. Abang yang masang muka bete langsung senyum, "iya mah, santuy. Lusa sangu abang baru habis kayanya hehe,"
Uang sangu gue sama abang selalu dibagi perminggu, jadi gue sama abang terlatih buat mengatur keuangan sendiri dari awal supaya paham kalo hemat itu penting. Dan sangu selalu dibagi dihari Rabu.
Selama sangu masih ada, kita biasanya enggak minta dulu. Cuma namanya mamah pasti masih suka nanya ke anaknya apa keadaan duitnya baik-baik aja atau enggak.
Mamah natap gue sama abang gantian, "bener deh mah, uang adek masih kok. Lagian hari ini selesai ujian langsung pulang,"
"Uang abang juga masih ada mah, uang bensin juga udah mamah kasih tadi."
Mamah ngambil dua lembar uang sepuluh ribuan masing-masing buat gue sama abang. Ya orangtua gimana pun masih enggak tega sama anaknya. "Nih, beli chiki di warung depan."
Lumayan, bisa dapat malkist keju, sama gorengan.
"Ih mamah repot-repot banget sih. Makasih mamah yang syantik," ucap abang centil.
"Giliran dikasih duit aja baru muji, sa ae kencur." Cibir Mamah.
Gue ikut abang yang lagi meluk mamah, kebiasaan dari kecil mamah bilang selalu hargai uang berapapun nominalnya. Dan nggak lupa selalu sempatkan berbagi tiap ada rezeki.
Gue sampai mikir kalo punya anak nanti, bakal gue biasakan kek gini juga. Yha walaupun masih lama.
🐊
KAMU SEDANG MEMBACA
upnormal teen // kth (revisi)
FanfictionKatanya remaja itu fase labil manusia paling berkesan dan penuh frustasi menuju kedewasaan. Tentang teman, keluarga, cita-cita dan perasaan yang membuat lingkup hidup makin ruwet. Bukan cerita bad girl atau bad boy, ini cerita anak sekolahan penyuka...