16. KKS.

10.9K 824 20
                                    

Mereka semua duduk melingkar, gak ada yang ngomong atau sekedar natap satu sama lain. Pemakaman pak Jamrut udah berlansung satu jam yang lalu, bahkan Azka dan Aksa ikut masuk kedalam liang lahat.

"Azka, Aksa" panggil Ayra yang dari tadi cuma bisa diam ngeliat dua anaknya dan anak-anak XI IPA 1 yang lain.

Aksa noleh. "Kenapa bun?" Tanya Aksa, suaranya serak karna dari tadi nangis terus.

"Ayo pulang, besok kita datang lagi" jawab Ayra.

Aksa ngangguk dan nyenggol Azka untuk ngajak pulang. Ataya, Ayra dan si kembar jalan ketempat istri pak Jamrut.

"Tante" panggil Ayra.

Istri pak Jamrut noleh, beliau senyum. "Mau pulang?" Tanyanya.

"Iya, Ayra sama yang lain pulang. Tapi besok Ayra datang lagi, tante Arin jaga kesehatan" jawab Ayra sambil meluk sosok istri pak Jamrut yang memiliki nama Arin.

"Iya, kalian juga" ucap tante Arin sambil balas meluk Ayra, pelukan mereka lepas. Tante Arin natap si kembar yang dari tadi nunduk. "Kalian gak mau meluk nenek?" Tawar tante Arin sambil ngerentangin tangan.

Azka sama Aksa langsung meluk tante Arin. Azka nangis lagi untuk yang kesekian kali. Hari ini Azka dan Aksa jadi orang tercengeng diantara yang lain, bahkan tante Arin cuma nangis pas di kuburan dan setelahnya beliau cuma senyum.

"Jangan nangis, kakek pasti gak suka liat jagoannya nangis" bisik Tante Arin.

"Kenapa baru bilang sekarang?" Tanya Azka.

Tante Arin senyum sambil ngelus rambut Azka. "Bunda mu bakal ngasih tau" jawab tante Arin. "Sekarang kalian pulang. Besok setelah sekolah datang kesini, nenek buat makanan banyak" ucap tante Arin.

Azka sama Aksa ngangguk. Pelukan mereka terlepas dan setelahnya mereka berempat pulang naik mobil Ataya. Sebelumnya Azka dan Aksa kerumah pak Jamrut naik mobil ambulan dari rumah sakit tempat pak Jamrut meninggal.

"Aku duduk di belakang" bisik Ayra. Ataya ngangguk.

Ayra duduk diantara dua anaknya, Ayra tau mereka berdua terpukul, Ayra juga tau kalau pak Jamrut itu banyak ninggalin kesan untuk mereka berdua.

"Mau bunda kasih hadiah?" Tanya Ayra sambil ngeluarin dompetnya.

Azka dan Aksa noleh kearah Ayra. "Apa?" Tanya mereka.

Ayra nunjukin satu lembar foto kearah mereka berdua. Foto itu nunjukin dua orang bocah kembar sama satu orang cowok dewasa yang masih keliatan muda.

"Itu Azka" gumam Aksa sambil ngeliat salah satu bocah yang megang pesawat kertas.

"Itu Aksa" gumam Aksa yang ngeliat bocah satunya yang serius ngelipat kertas yang ada didepannya.

"Dan yang ini kakek" ucap Ayra sambil senyum.

Ayra jadi ngingat tiga belas tahun yang lalu dimana Azka sama Aksa masih umur empat tahun. pak Jamrut sempat datang kerumah Ayra, beliau juga sempat main bareng si kembar dan ngajar si kembar buat pesawat kertas.

"Remember something boy's?" Tanya Ayra sambil natap Azka dan Aksa gantian.

"I think yes" gumam Aksa, sedangkan Azka diam.

"Bahkan dari kecil kalian udah dekat sama beliau. Bunda gak nyangka kalau orang yang sering kalian cerita adalah om Jamal, bunda pikir orang lain" ucap Ayra.

"Fotonya boleh untuk Azka?" Tanya Azka.

"Boleh, kalau Azka mau" jawab Ayra sambil senyum.

Azka ngambil foto yang ada di tangan Ayra. Seketika tangan Azka bergetar, ingatan waktu dia masih bocah muncul di kepalanya. Dia yang kelewat senang karna bisa ngebuat pesawat kertas, dan pak Jamrut yang senyum sambil ngusap kepala Azka dan Aksa yang masih fokus ngebuat pesawat kertasnya.

Ayra meluk Aksa dan Azka yang cuma diam sambil natap foto itu. "Jangan nangis, bunda gak suka" bisik Ayra.

"Sedih itu boleh, tapi jangan terlalu berlarut. Karna sedih itu gak menjamin dia akan kembali" ucap Ataya.

(^0^)

"Aksa tidur di kamar Wahib malam ini" bisik Ayra ke Aksa.

Aksa ngangguk dan jalan ke kamar Wahib yang ada di lantai bawah. Sedangkan Azka masih duduk di sofa sambil natap kosong kearah tv.

"Sayang, ayo ke kamar" aja Ayra sambil ngebantu Azka untuk berdiri.

Azka mirip orang sakit, mukanya pucat, pandangan kosong, badan lemas, dan jalannya juga kayak orang ling lung. Ayra sama Ataya maklum, karna kehilangan orang yang kita anggap berarti itu bener-bener sakit.

"Abang mandi ya? Nanti bunda siapin baju" Ayra nyium dahi Azka sebentar.

Azka masuk ke kamar mandi. Ayra natap pintu kamar mandi yang udah di tutup, kayaknya beberapa hari ini Ayra harus ngurus dua mayat hidup.

Ayra jalan kearah lemari si kembar dan ngambil baju, dalaman, juga celana yang bakal di pakek Azka. Ayra juga ngambil baju untuk Aksa yang beberapa hari ini bakal tidur di kamar Wahib.

"Sayang, bajunya bunda taruh diatas kasur" teriak Ayra ngasih tau ke Azka yang ada didalam kamar mandi.

Ayra turun kebawah, dan udah ada Ataya yang nunggu di tangga terakhir. Ayra senyum, begitupun Ataya.

"Kapan mau di jelasin?" Tanya Ataya.

"Selesai makan malam mungkin, biarin mereka istirahat dulu" jawab Ayra.

Ataya ngangguk. "Aku harus balik ke kantor. Gak apa-apa aku tinggal?" Tanya Ataya.

"Gak apa-apa. Hati-hati di jalan" jawab Ayra.

Ataya ngangguk, setelahnya dia nyium dahi Ayra sebentar dan Ayra yang salim ke Ataya.

"Maaf gak bisa bantu kamu urus si kembar" ucap Ataya sebelum pergi.

"Iya, gak apa-apa. Udah sana pergi, sms jam berapa pulang" ucap Ayra.

"Siap" Ataya senyum lebar.

Setelah ngeliat Ataya yang hilang dari pintu rumah, Ayra jalan ke kamar Wahib. Ayra mau nyuruh Aksa mandi juga, soalnya dari siang sampe mau magrib gini dia belum mandi.

Ayra ngelus rambut lepek Aksa. "Sayang nya bunda, ayo mandi" ucap Ayra.

Aksa senyum tipis sambil natap Ayra. "Kenapa Aksa tidur disini bun?" Tanya Aksa.

"Biar kalian bisa leluasa untuk nangis" jawab Ayra. "Bunda tau kalian masih sedih, dan kalaupun kalian ada dikamar yang sama, bunda yakin kalian gak bakal ngomong. Jadi untuk beberapa hari ini, Aksa tidur di kamar Wahib ya sayang?" Lanjut Ayra.

"Terus Wahib tidur dimana?" Tanya Aksa.

"Sama bunda atau gak bisa tidur sama Arka seperti biasa" jawab Ayra.

Aksa ngangguk. Dia masih diam di tempatnya. "Bunda, apa dokter udah ngasih tau?" Tanya Aksa.

"Sudah, nanti bunda kasih tau selesai makan" jawab Ayra. "Ayo mandi, jagoan bunda jadi bau acem sekarang" ucap Ayra.

Aksa ketawa pelan. Dia meluk Ayra erat. "Makasih bunda" bisik Aksa.

"Sama-sama sayang" walaupun Ayra gak tau Aksa bilang terima kasih untuk apa, tapi untuk menghargai, Ayra jawab aja sama-sama.

Aksa ngelepas pelukannya. Dia jalan ke kamar mandi yang ada di kamar Wahib, setiap kamar dirumah Ayra emang ada kamar mandinya, biar gak usah keluar-keluar lagi.

Ayra senyum sedih, gak tau sampe kapan anak-anaknya jadi mayat hidup kayak sekarang. Tapi yang pasti, Ayra bakalan terus berusaha biar anak-anaknya ceria lagi.

Tbc.

Cerita apaan nih? Gaje amat :v chapter depan Ayra bakal ngasih tau bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi, Wkwkwk.. beberapa chapter ini tulisan gue jadi lumayan baku ya? Wkwkwk, bukan gue banget anjir.

Kembar-kembar Somplak.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang