"Anjir Azka kalau lo pergi siapa yang ngumpulin uang-uang nya?" Tanya Andang.
"Ya kan ada si Fikrih, Naila, Ghandi sama Andita. Gue juga pengen liburan kali, cuma bantaran kok. Ntar seminggu meninggalnya pak Jamrut gue balik lagi ke sini. Tenang aja" jawab Azka.
"Liburan mulu lo! Nyesel Gue jadiin ketua" omel Andang.
"Ya allah, lagian gue gak milih jadi ketua juga. Kan elo yang nulis nama gue di papan, salahin aja diri lo sendiri jangan salahin gue" ucap Azka santai.
"Serah lo deh. Tapi awas lo ya kalau lo gak balik pas satu minggunya pak Jamrut. Gue seret lo dari yogya" ancam Andang.
"Santai, lagian gue gak akan ngelupain itu kok" ucap Azka. "Yaudah gue pergi ya? Udah di tunggu sama bunda di luar" ucap Azka.
"Ya, salam sama bunda, hati-hati di jalan" ucap Andang.
"Salam sama Aksa juga, si anjir katanya mau jadi debkulektor dadakan, tapi malah liburan. Bilang gue putusin ntar" ucap Mawan.
"Hati-hati di jalan men, ingat bawa oleh-oleh kalau ke malioboro. Batik juga boleh" ucap Cevin.
"Ntar gue beliin gelang serebuan" ucap Azka. "Gue pergi ya Sha, kalau ada yang ganggu telfon aja. Ntar gue santet dari yogya" pesan Azka ke Aisha.
"Iya, kamu hati-hati di sana" ucap Aisha.
"Yaudah gue pergi ya. Belajar yang baik lo pada, assalamualaikum" pamit Azka.
"Waalaikumussalam" balas yang lain.
Azka jalan di lorong kelas yang sepi, iya sepi, kan lagi belajar. Ini aja Azka ke sekolah ngantar Ayra yang mau minta izin sama wali kelas Gery. Kalau Azka sama Aksa mah izin nya langsung ke kepala sekolah.
"Lama banget bang, ngomong apa aja?" Tanya Ayra yang nunggu di bawa pohon sambil gendong Altan.
"Biasalah bisnis. Bunda kenapa nunggu disini? Kan tadi udah Azka kasih kunci mobil" tanya Azka.
"Tadi ketemu pak Galih, jadi bunda ngobrol bentar deh" jawab Ayra.
"Hmmm, yang ketemu gebetan lama. Awas loh bunda, ntar ayah malah cemburu" goda Azka.
"Gak akan. Kalau mulut mu gak bocor" ucap Ayra.
"Dasar ganjen. Anak udah enam masih aja kayak abg, ingat umur udah tua juga" ejek Azka.
"Biarin! Umur tua jiwa muda. Dari pada kamu, umur muda muka boros" balas Ayra.
"Apaan? Muka Azka ganteng ya! Masih imut-imut juga. Gak ada boros-borosnya" ucap Azka gak terima.
Ayra ketawa, dia ngusap kepala Azka pelan. "Iya sayang, kamu imut banget. Ayo kita balik, udah mau jam delapan ini" ajak Ayra.
Azka ngangguk. Akhirnya mereka pulang kerumah, mereka ini lagi buru-buru soalnya Arka yang gak mau ikut karna ada Wahib, jadi mereka mau paksa Arka. Lagian tiket udah di beli, kalau gak di pakek kan buang-buang duit.
Mobil Ayla putih itu masuk ke halaman rumah. Di teras udah ada Gery yang lagi mangku Hafzar, dan Aksa yang duduk lesehan di bawah, kalau Wahib sih ada duduk di samping Aksa.
"Ayah mana?" Tanya Ayra.
"Di dalam lagi bujuk Arka" jawab Aksa.
Ayra ngangguk, dia ngasih Altan ke Azka dan buru-buru masuk ke dalam. Yang lain diam aja di tempat, soalnya dari tadi mereka udah ngebujuk Arka, tapi gak di tanggepin.
"Abang, apa Wahib aja yang gak ikut?" Tanya Wahib tiba-tiba.
Azka noleh. "Kenapa?" Tanya Azka.
"Ya kan gara-gara Wahib bang Arka gak mau ikut" jawab Wahib.
"Udah lah, gak usah pikirin Arka. Lagian kalau kamu gak ikut, emang kamu mau tinggal di rumah ini sendiri?" Tanya Azka.
"Ya enggak, Wahib kan bisa nginap di rumah Nenek sama kakek, atau gak di rumah papa Iden" jawab Wahib.
"Gak! Pokoknya gak boleh! Kita semua harus ikut, kita kan keluarga. Masa perginya gak lengkap sih? Emang Wahib mau ngecewain tante Fatin?" Ucap Azka.
Wahib gak bisa bantah lagi, akhirnya dia ngangguk dan pasrah aja. Gery yang diam-diam ngeliat interaksi kakak adik itu jadi kangen sama kakaknya yang lagi ada di desa. Dua kakaknya Gery itu udah kayak pahlawan untuk Gery, soalnya dulu Gery waktu kecil suka kesandung sama kaki sendiri, kejedot tembok, nabrak orang tanpa sengaja, pokoknya semua kecerobohan yang di punya Gery.
"Oy Ger!" Panggil Aksa.
"Apaan?" Tanya Gery.
"Bawa apa aja lo?" Tanya Aksa.
"Ya baju, celana, sandal, dalaman, Udah itu dong" jawab Gery.
"Bagus deh bawanya dikit, soalnya kita cuma bentar doang di sana. Kalau gak tiga hari yang dua hari" ucap Aksa.
"Yailah, lagian kalau mau bawa banyak emang gue mau bawa apa? Ini semua tuh semua baju yang ada di lemari kosan gue. Gue udah di usir kali sama ibu-ibu galak itu" ucap Gery.
Aksa kaget. "Sumpah lo? Gila itu tas aja gak sampe kembung, baju lo pada kemana Ger?" Tanya Aksa.
"Pada gue jual untuk beli makanan" jawab Gery.
"Yaudah, ntar di yogya kita beli baju untuk lo" ucap Aksa.
"Eh? Gak usah repot, lagian pakek baju yang disini aja gue udah syukur. Keluarga kalian itu baik Ka, Sa, gue salut dan iri" tolak Gery.
"Gak ada penolakan, ya kali pergi mana-mana bajunya sama bae. Di kita lo gak mandi ntar, lo gak perlu iri sama keluarga gue Ger. Karna lo bisa nganggap keluarga gue itu keluarga lo juga" ucap Aksa.
"Pulang dari yogya bang Gery tinggal di rumah kita ya?" Tanya Wahib.
Gery senyum. "Enggak, abang tinggal ditempat yang jauh nanti" jawab Gery.
"Lah? Terus sekolah lo gimana Ger?" Tanya Azka.
"Ntah lah, kayaknya gue bakal berhenti sekolah dan balik ke kampung halaman aja" jawab Gery.
"Jangan gitu lah Ger, gimana pun juga sekolah itu harus nomor satu Ger" ucap Azka sambil nepuk pundak Gery.
"Gue, gak mau lawan takdir gue. Ya kalau takdir gue di pulangin ke kampung halaman gue bisa apa. lagian kalau disana kan gue pasti sering ketemu ibu, bapak gue" ucap Gery.
"Ah elu Ger. Temen gue berkurang dong kalau lo balik kampung?" Tanya Azka.
Gery senyum sambil geleng-geleng. "Temen lo banyak Ka, dan walaupun kita pisah gue bakalan tetap anggap kalian teman gue, atau mungkin sahabat gue. Ini pertama kalinya gue dapat sahabat yang mau berbagi apapun sama gue. Bahkan waktu semua orang hina gue, kalian datang ngebelain. Gak tau dimana lagi gue dapat teman kayak kalian, makasih untuk semuanya" ucap Gery.
"Duh Ger, gak perlu segitunya lah. Ih mau nangis nih gue" ucap Azka terharu.
"Tau nih si pendek, mewek gini kan gue" ucap Aksa sambil hapus air matanya.
Sementara tiga orang itu lagi ngobrol, dari tadi Wahib sama Hafzar diam aja. Ya iya diam kan gak ngerti apa-apa, jadi mereka nyimak aja.
Tbc.
Pisah nih? Marah gak di tinggal satu minggu? Wkwkwk, tapi kan udah di kasih ini lima chapter. Jangan ngambek lagi. Kayaknya ada satu chapter lagi nyusul deh :) (kayaknya loh ya)
KAMU SEDANG MEMBACA
Kembar-kembar Somplak.
Roman pour AdolescentsADA ADEGAN BROMANCE NYA, BUAT YANG GAK BISA BEDAIN MANA HOMO SAMA BROMANCE, MENDING GAK USAH BACA CERITA AKU. BUAT LU YANG KEPALANYA KEK KRUPUK SEBLAK, MENDING KAGA USAH BACA YA, DARI PADA LU KOAR-KOAR. (Sequel Protective Brothers) Mereka terlahir k...