13. Baikan

753 85 1
                                    

Akhirnya setelah dua minggu lebih nggak ketemu, hari ini bang Alfi mulai ngenek lagi. Rasanya seneng banget, gue pikir dia udah berhenti dari pekerjaanya, dan kami nggak bisa ketemu lagi.

Ternyata, penyebab dia nggak ngenek tuh, karena bang Alfi ngikut kegiatan kampus -study tour- ke luar kota selama seminggu.

Nah, kalau ada yang tanya seminggu sebelumnya dia ke mana? Bang Alfi bilang sih dia nggak bisa kerja karena harus fokus belajar buat ulangan akhir semester.

Tuh cowok emang giat banget. Dia bela-belain kerja dan ambil kuliah sabtu-minggu. Ya, sekarang dia mengambil jurusan akutansi di salah satu perguruan swasta di Jakarta. Gue salut, semoga suatu hari nanti gue bener-bener ketemu sama dia yang udah berpakaian rapi dan kerja di perusahaan ternama.

"Aamiin," katanya saat gue menyampaikan hal itu.

"Eh, gue ada sesuatu buat lo," ucap dia sambil mengangsurkan plastik kecil ke gue.

"Apaan nih, Bang?"

"Buka aja."

Gue mengambil sebuah kaus bertulis "Malioboro" itu dari dalam plastik. Saat gue menatapnya, bang Alfi bilang, "Maaf, cuma kaos murahan oleh-oleh dari Jogja," dia menggaruk tengkuk, meringis pelan, raut wajahnya tampak malu.

Tiba-tiba hati gue ngerasa terenyuh. Gue senyum sambil peluk kaus itu. Gue tahu dia beli kaus ini ditengah-tengah keuangannya yang tipis. Dan di antara banyaknya orang, dia inget beliin ini buat gue. Seorang yang cuma temen ngobrolnya di bus. Rasanya pengen nangis, terharu, tapi gue tahan. Bang, moga lo beneran sukses ya di masa depan, ucap gue dalam hati dan gue aamiin-nin berkali-kali.

Kepala bang Alfi yang semula nunduk, mendongak, membalas senyuman gue. Dia hampir aja meluk ketika ingat kita lagi di dalam bus. Kayak kurang etis, peluk-pelukan dilihat bocah SMP. Apalagi bocah-bocah perempuan berseragam putih biru yang merupakan fans bang Alfi, bolak balik lihat gue dengan mata kilatnya. Pas gue lihat balik, mereka melengos sambil bisik-bisik.

Dasar bocah! Eh, sok dewasa banget yak gue, hahaha!

Gue masih mau bercakap banyak hal sama bang Alfi, tapi bus berhenti memutus percakapan kami.

.

Masih inget kejadian semalam pas ibu pingsan dan dibantu Diki bawa ke klinik?

Dan, nggak sampai sehari ibu udah minta pulang. Katanya, keadaanya udah baik-baik aja. Tapi dokter menyarankan ibu tinggal di klinik sehari lagi buat mulihin keadaan. Ibu awalnya nolak, tapi atas bujukan gue dan bapak, ibu akhirnya setuju.

Sejak itu gue memutuskan buat menghilangkan perlahan kebencian gue sama Diki. Semengesalkan apapun cowok itu, tapi dia udah berbuat baik. Malahan dia nungguin sampai hampir jam satu malem. Kayaknya jadi gue yang gak baik kalau terus-terusan musuhin dia.

Jadi mulai hari gue akan belajar ngomong baik-baik, tanpa ngegas sama dia. Ibu juga bilang, "Diki itu sebenarnya anak baik kok." Oke, mungkin gue harus membuktikan hal tersebut.

Gue masuk ke dalam kelas, dan menemukan kelas udah ramai, karena gue datang lumayan siang. Untung aja belum ketinggalan bus. Semalam gue tidur di klinik, jadi bolak-balik ke rumah buat berangkat sekolah.

Sekitar lima menit lagi, bel masuk bunyi. Gue celingukan cari Diki. Tuh anak ke mana sih, kayaknya belum dateng, tasnya aja belum ada di bangkunya.

Sebentar-sebentar gue lirik pintu, tapi Diki belum muncul juga. Aihh, ke mana sih? Apa karena pulangnya kemaleman, dia jadi kesiangan? Duh, berarti gara-gara gue dong. Sekilas gue lirik hape. Pengen nge-chat, tapi malu. Eh, masa iya sih gue hubungin cuma mau tanya sekarang dia di mana. Nanti malah geer dia.

"Lo kenapa sih, Lit, kok kayak gelisah gitu?"

Dara kayaknya menyadari keanehan gue. Menggeleng tanpa menjelaskan, gue pun ke meja Karin. Tu cewek kan deket sama Diki, kali aja dia tau.

"Rin, Diki nggak masuk ya," tanya gue pelan.

Karin menatap gue, menaikkan alis, lalu menggeleng. "Ehm, nggak tau gue."

"Emang kenapa?" tanyanya.

"Gapapa," jawan gue lalu berjalan ke pintu. Melongok, dan belum melihat tanda-tanda kedatangannya. Ish, ngapain gue jadi mikirin sih? Kayak Diki siswa disiplin aja. Biasanya juga keseringan telat. Gue geleng-geleng kepala gak habis pikir, sebelum kembali ke bangku ketika guru mata pelajaran masuk kelas.

****

"Vin, temen lo kenapa sih kok daritadi ngelamun mulu?"

Vindi menggeleng sambil ikutan merhatiin. Merasa dilihatin terus, gue lihatin balik mereka. Spontan gue teriak pas nyendok makanan ke mulut. Sejak kapan nasi uduk gue jadi asin banget gini.

Dara yang lagi makan ketawa. Bahkan, Vindi yang jarang ketawa pun, ikutan ngakak.

Huh, pasti ada konspirasi ini.

"Siapa yang nambahin garam banyak banget di nasi gue?"

Vindi menunjuk Dara.

Gue menatap tajam manusia satu itu. Dia tahu gue nggak terlalu suka asin, tapi malah jahilin kayak gini.

"Hehe, abisnya daritadi lo ngalamun mulu, makanya gue gituin buar mata lo melek. Emang mikirin apa sih?"

"Diki kok belum masuk juga ke mana ya?"

"Heh, ngapain lo tanya Diki? Udah mulai demen lagi lo sama cowok itu?"

Gue melotot sambil menggeleng cepat. Akhirnya gue pun cerita masalah kemarin malam.

"Waw, nggak nyangka gue ternyata Diki baik juga ya. Atau jangan-jangan dia ada rasa sama lo," ujar Dara, Vindi mengangguki.

"Ngaco lo pada. Anggep aja itu sebatas rasa kemanusiaan. Lagipula, udah jadi rahasia umum kali kalau Diki tuh suka ama Karin."

"Yah, namanya hati mana ada yang tahu. Dan gue pikir, belum tentu juga tu cowok serius suka sama Karin, Diki kan suka gonta ganti cewek. Mungkin dia tuh sama Karin cuma tertantang. Tahu sendiri kan Karin itu susah banget ditaklukin hatinya."

"Makanya itu, mana mungkin Diki suka sama gue. Dah ah, jangan bikin gue baver, dan kepikiran buat ngelakuin hal yang tidak diinginkan seperti dulu."

Dara ngakak, gue memutar bola mata. Pasti tu cewek lagi bayangin kelakuan absurd gue dulu.

Suasana kembali kondusif, dan gue pun kembali makan. Biarin aja si Dara masih senyum-senyum liatin gue. Bentar lagi kan bel masuk, kalau belum selesai makannya biar tau rasa.

"Hay, Girs!"

Gue hampir beranjak buat bayar makanan ketika mendengar suara itu. Seorang duduk sambil meletakkan mangkuk bakso di sebelah gue.

"Diki! Bukannya lo tadi gak masuk?"

Dia cuma senyum. "Gimana keadaan nyokap lo?"

"Udah baikan kok."

Dia mengangguk. "Oh ya, masalah semalem lo jangan geer, gue nungguin bukan karena suka sama lo, tapi karena gue emang orang baik," katanya sambil fokus makan bakso.

Ewh, mana ada orang baik ngaku. Diki emang tetep Diki yang punya tingkat narsis di luar batas. Tapi gue nggak boleh ngegas, kan tadi gue udah sepakat sama diri sendiri.

"Udah tahu kok," jawab gue biasa seraya beranjak kembali, tapi Diki menahan.

"Lo jangan ke mana-mana, temenin gue makan dulu."

***

Kalo mau cepet update jangan sungkan vote dan komen ya 😊













Cewek GajeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang