Selama ini gue kira hubungan yang adem ayem akan berakhir langgeng. Nyatanya, nggak juga. Sama aja.Semua karena kekagetan gue mendengar Galih dan Karin putus. Bahkan, kabarnya sejak hampir sebulan lalu. Artinya sebelum gue putus, Galih udah duluan mengakhiri hubungannya sama Karin. Pantas saja pas ke rumah Galih waktu itu, Karin sama Galih kelihatan canggung banget.
Awalnya Galih nggak mau ngaku, kenapa dia putus sama Karin. Namun, selang berapa hari akhirnya dia cerita melalui sambungan telepon. Mungkin gak kuat dipendem sendiri. Enggak detail sih, tapi gue udah bisa nangkep pointnya. Perbedaan status sosial yang bikin Galih merasa minder punya pacar sesempurna Karin. Bagaimana enggak, Karin cantik, pinter, kaya.
"Lama-kelamaan bener-bener kerasa, Lit. Gue semakin ngerasa kalau mamanya Karin kurang sreg sama gue. Tiap gue jemput Karin, mamanya itu kelihatan sinis. Hm, apalah gue cuma pengendara motor matic, itupun model lama. Yah, gue ikhlas, gue paham kenapa Karin milih mutusin gue."
"Jadi lo diputusin? Ngenes banget!"
Wkwk, lo juga diputusin, Lita. Nggak ngerasa sadar diri banget sih, kata batin gue protes.
"Hehe, dia bilang mau fokus belajar. Nggak tau yang dibilang itu bener atau cuma alasan doang. Tapi gue nggak terlalu permasalahin itu. Sekarang udah naik kelas tiga, pastinya jadwal belajarnya lebih pedat. Dia juga pernah bilang pengen banget keterima di Universitas Indonesia. Yah, gue sih cuma bisa doain moga bener terwujud."
"Heleh, sok tegar lo!" ejek gue.
"Hehe, lo juga putus, kan. Udahlah nggak usah dijadiin beban pikiran. Masa depan masih panjang. Lagipula jadi klan jomblo itu enak tau, bisa jalan sama siapa aja, kayak masa lalu."
"Hahaha, bener juga lo."
Lalu kami tertawa bersama, entah tertawa jenis apa, mungkin menertawakan diri sendiri. Kalau dipikir-pikir nasib gue dan Galih hampir sama, diputusin sama orang yang status sosialnya lebih tinggi dari kami. Walau gue gak yakin Diki mutusin gue karena itu, tapi yasudahlah. Anggep aja gue dan Diki belum ditakdirkan bersama. Bodo amat lah, bener kata Galih, jadi klan jomblo itu lebih seru. Gue jadi bisa spik-spik cogan kayak dulu. Wkwkwk.
*****
Gue baru keluar dari minimarket depan gang ketika liat seseorang mamarkirkan motor di sana. Itu kan setan eh maksud gue mantan. Maap-maap.
Aih, gini nih kalo punya mantan cuma beda komplek doang, peluang buat ketemu itu cukup besar.
Rasanya masih males banget ketemu tu cowok. Membawa kantong belanjaan kebutuhan sehari-sehari, gue pun tegapin badan, jalan agak melipir mumpung dia masih nunduk belum lihat gue. Lagipula ngapain sih dia mampir ke minimarket sekitar sini, nggak kayak biasanya.
Hampir menginjak undakan bawah, Diki mendongak bikin langkah gue refleks berhenti. Sial. Ih, kenapa gue jadi deg-degan kayak ketemu deppcollector? Buat menetralisir keadaan, gue pun buang muka, seakan kehadirannya itu enggak penting. Kan emang gak penting. Eh!
Gue lanjut jalan sambil mencoba biasa aja, tapi sialnya si Diki bukannya lanjut masuk, malah menghampiri gue. Pengen kabur tapi nanti kelihatan banget gue nggak santai. Ish, maunya apa sih? Minta digetok kayaknya sama centong nasi yang baru gue beli.
Menganggap kehadirannya cuma angin lalu, gue lanjut jalan, tapi Diki lebih gesit menghadang di depan. Jangan bayangin kayak scene film India yak, karena ini gak romantis sama sekali.
Diki melipat tangan, menggedikkan dagu, bertanya ngapain gue ke minimarket. Lah, kok gayaknya kayak mau malak. Menghela napas gue pun menjawab, pokoknya gue nggak boleh kelihatan gugup.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cewek Gaje
Teen FictionBahasa dan cerita suka-suka ala Lita. Kalian tau apa yang paling menyakitkan dalam hidup ini, yaitu penolakan! Dan kabar buruknya, gue udah pernah ngerasain itu sebanyak tiga kali. Cewek nembak cowok duluan? Ditolak? Serius, Guys! Mungkin itu...