18. Kriteria Karin

644 63 1
                                    

Gue masih gak nyangka kalau ternyata selama ini Galih naksir ke Karin. Gue pikir rasa kali ini gak bakal meleset lagi, setelah lihat kedekatan kami selama ini. Mungkin lain kali gue harus kurang-kurangin kepercayaan diri aka geer soalnya cuma bikin salah paham terus.

Kalau inget pengakuannya di taman hari itu, rasanya gue pengen nangis kenceng. Dua kali gue kecewa sama cowok itu, setelah sebelumnya kejadian ngawur di bus dulu. Tapi, bedanya yang kali ini lebih sakit soalnya gue udah naruh harapan lebih. Dan sialnya gue udah menghianati diri dan omongan sendiri, karena berharap sama cowok sama buat kedua kali.

LITAAAAAA! Nyesel kan lo, kesel kan lo. Huhuhu, gini banget yak kisah percintaan gue. Apa emang gue belum ditakdirkan buat mendapat tambatan hati. Kayaknya virus lebay udah mulai menggerayahi gue lagi.

"Sabar, ya. Ini cobaan. Lita kan strong!"

Ujarnya sambil nepuk-nepuk punggung gue dengan muka sok prihatin. Gue mendengus, menatap tajam bang Alfi. Cowok itu cuma nyengir. Nggak tau apa kalau suasana hati gue lagi suram. Diejekin gini malah bawaanya tambah kesel.

Gue kalau lagi galau, emang bawaanya pengen cerita. Nggak bisa ditahan. Semalem aja udah sempet cerita ke ibu karena ketahuan lagi patah hati. Sulit banget buat nyembunyiin. Dan sekarang bang Alfi jadi korban kedua yang dengerin curhatan gaje gue. Biarin aja salah sendiri tu abang kenek tanya kenapa gue murung.

Fyi, gue udah gak bareng Galih lagi. Udah gue hubungi biar gak jemput lagi. Gue bilang aja biar Karin nggak mikir kami berdua pacaran, sehingga cewek itu lebih mudah didekati. Dan Galih percaya dengan alasan konyol itu. Padahal alasan sebenarnya supaya gue nggak terlalu ketergantungan sama cowok itu.

"Udah, santai aja. Nggak usah dibikin beban. Rileks. Nih, permen," tawarnya sambil menyodorkan permen rasa kopi. Gue sahut cepat permen itu, langsung buka bungkusnya, dan masukin ke mulut. Bang Alfi malah ketawa liat tampang absurd gue.

"Udah, nggak usah kebanyakan sedih, lo itu gak pantes. Gue kangen Lita dulu yang selalu ceria dan tersenyum walau gak ada yang lucu."

"Ish, tapikan gue tetep manusia, Bang, yang bisa sedih, gulana, dan merana."

"Makanya jangan gampang kegeeran jadi cewek!"

"Ihh, lo kok ngejek gue sih?!" ujar gue sengit sambil mukul-mukul lengannya. Dia cuma cekikikan. Penumpang lain pada ngeliatin, mana gue perduli,

Ape lo, ape lo!

"Iya-iya, maaf. Maksudnya tuh lebih baik nggak gampang baper sama perlakuan cowok. Sekarang lo sendiri kan yang susah."

Gue cuma berdecak.

"Tinggalin dulu kegalauan lo, karena gue punya info."

Mendengar itu, gue cuma menggedikkan dagu tanpa semangat.

Bang Alfi merogoh saku celana, mrngambil sesuatu di sana. "Zeng, zeng, zeng, HP gue sekarang udah nggak kentang lagi. Gue udah beli smartphone, ya meski cuma second dengan harga gak seberapa, seengaknya gue udah punya bekal internetan buat nyari tugas kuliah atau yang lain," tunjuknya, mengangkat HP android berwarna hitam.

"Wihhh," mata gue berbinar. "Kapan belinya?"

"Belum lama sih. Siniin nomor WA lo. Biar kita bisa chit-chat curhat lewat pesan," katanya riang.

Tiba-tiba gue ikut tertular senyumnya. Walau HP yang dipegang itu gak seberapa canggih dan udah setengah pakai, tapi itu lebih baik soalnya dia beli pakai hasil jeripayahnya sendiri, gak nyusahin orangtua.

Gue menerima HP yang disodorkan ketika bus berhenti. Cepat-cepat gue ketik nomor whatsapp, dan menamai, LITA IMUTS.

Segera keluar ketika mendengar tawa yang membahana. "Hati-hati Lita emoed!!

Dasar bang Alfi, gue kan emang imut kalau dilihat pakai hati,

Jangan protes!

***

Masuk kelas, gue menuju mejanya Karin, di mana empunya lagi baca buku. Begitu gue panggil namanya, dia taruh buku itu dan mendongak ke gue.

"Kenapa, Lit?"

Gue mengela napas, menguatkan hati. Teringat pesan Galih tadi malam. Dan pesan tetap pesan yang harus disampaikan semenyakitkan apapun.

"Lo dapat salam dari Galih, Rin," ujar gue.

"Walaikumsalam," jawabnya, lalu tersenyum kecil.

Gue menatapnya sebentar, lalu mendekat, duduk di kursi sebelah Karin yang kebetulan masih kosong.

"Galih minta WA lo. Gue nggak berani ngasih sebelum dapet persetujuan lo."

"Galih yang sering sama lo itu?"

Gue mengangguk.

Karin mengulum senyum, lalu mengangguk. "Kasih aja gapapa."

Tumben-tumbenan banget tu cewek. Dan gue perhatiin si Karin kayaknya seneng, bahkan senyum-senyum sendiri. Padahal setahu gue tu cewek paling cuek sama cowok. Gak kehitung berapa cowok yang dibuatnya potek hati. Suatu keajaiban kalau dia mau ngasih nomor ke cowok yang baru ditemuinya berapa kali, bahkan sekelas Diki pun gue yakin dapat nomor Karin hasil nyolong dari group kelas.

"Rin, menurut lo Galih itu orangnya gimana?" tanya gue penasaran.

"Eum, gimana ya ... menurut gue setelah beberapa kali ketemu, Galih itu orangnya sopan." Karin mengangguk.

"Kalau gue boleh tau, kalau boleh loh ya, tipe cowok lo itu kira-kira gimana?"

Karin tersemyum. "Emm, kalau bisa dia itu pinter, nggak neko-neko, dan paling penting sopan."

Uwuu, ternyata sekelas Karin cewek yang dengan mudah dapetin cowok yang dia mau, kriteria cowoknya gak terlalu muluk. Sekarang gue tau, cewek itu paling suka sama cowok yang sopan, bisa menghargai perempuan. Gue jadi gak yakin cowok kayak Diki yang ngakunya dikejar banyak cewek masuk kriteria Karin.

Jadi malu, upik abu kayak gue aja kadang tipe cowoknya ketinggian. Mungkin gue harus belajar sama Karin biar ketularan pintarnya, hehehe.

"Kalau Galih masuk kriteria nggak?"

Karin cuma senyum. Gue diem bingung harus tanya apa lagi. Beberapa menit setelahnya, bel masuk berbunyi. Baru dibatin si Diki muncul. Biasa, dia emang datangnya ngepas jam masuk kelas. Melewati meja Karin, tu cowok berhenti.

"Pagi, Rin," sapanya dengan senyum lebar. Karin hanya membalas dengan senyum seadanya.

"Ngomong-ngomong gue nggak disapa, nih? Begini-begini gue masih manusia loh."

"Gapenting," jawabnya acuh sambil mengibaskan tangan, lalu melajutkan langkah menuju bangkunya. Dasar cowok ngeselin, sampai kapanpun ya tetep ngeselin. Huh!

Merasa udah nggak ada lagi yang mau dibicarain, dan kayaknya Karin udah getel pengen megang bukunya kembali, gue pun sadar diri dan pamit undur diri.

Menaruh tas dan duduk di bangku, gue menoleh ke belakang ketika langsung disuguhi wajah Diki yang berjarak dua meja. Males banget kena polusi mata pagi-pagi. Menjulurkan lidah, gue mengalihkan muka. Rasanya masih kesel kalau ingat kelakuan jahilnya waktu itu. Pengen tampol, tapi Lita kan cewek lembut mana tega nampol.

Lembut dari Hongkong?! kata batin gue. Aihh, kurang aja emang nih batin. Eh, tapi bener deng. Batin gue aja nggak percaya, apalagi kalian. Hihihi, iya, kan?

"Salah konsumsi obat apa semalem? Ngapain sih senyum-senyum sendiri? Masih pagi juga udah edun."

"Ishh, paan sih!!"

Dara cuma melirik kesal, sementara pandangannya langsung mengalih ke depan ketika guru mata pelajaran datang.

****









Cewek GajeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang