26. Ulang Tahun

578 79 11
                                    

Besok Diki ulang tahun, dan gue masih bingung mau ngasih kado apa. Tadi sore tante Dewi udah kirim pesan, besok sepulang sekolah dia mau jemput gue buat ikut ngasih kejutan tu cowok.

Tante Dewi juga bilang gue suruh pura-pura lupa dan cuekin dia. Padahal, gak perlu disuruh pun gue dan Diki emang seharian gak tegur sapa. Masih ingat kejadian kemarin antara gue, Diki, dan dedek gemay, bikin gue marahan beneran sama dia sampai sekarang. Ya, beneran, bukan akting. Dan dia juga bukannya bujukin malah ngediemin gue. Bahkan, chat kemarin aja belum di read.

Ish.
Kembali lagi soal kado. Gue beneran bingung, gaes, mau ngasih apa. Secara orang tajir kayak dia pasti apa-apa punya. Mau kasih barang biasa rasanya malu. Mau nyari yang dia butuhin juga gak tau apa. Sementara uang cuma pas-pasan. Ini pun gue boleh ambil dari geprek celengan. Mau minta duit ibu buat kasih kado pacar kayaknya kurang etis.

Ish, pusing.
Gue mengaktifkan ponsel, melihat jam masih pukul empat sore. Kayaknya kalau ke PB Swalayan bentar, nggak akan jadi masalah. Lagian gue juga cuma perlu berjalan satu kilo meter doang. Nggak apa, sekalian jogging sore, biar sehat gitu. Kebetulan udah lama gue nggak olahraga.

Yaudah lah cari seamampunya aja, nggak usah dipaksain.

****

Sambil membereskan peralatan belajar di meja, gue menoleh ke Diki yang duduk di belakang. Tu cowok cuma lirik bentar, lalu kembali memfokuskan pandangan ke ponsel. Benar-benar parah. Udah dua hari gue didiemin. Enggak dijemput ataupun dianterin pulang. Ini sebenernya yang dikerjain gue apa Diki sih?

Dengan langkah malas, gue keluar kelas. Tiba-tiba tersentak ketika tangan gue ditarik. Oalah, ternyata Dino dan Jalu. Entah mereka mau ngomong apa, yaudah gue ikut aja.

"Kenapa?"

"Lo udah ditungguin tuh sama emaknya Diki di depan gerbang. Planningnya gini, lo sama tante Dewi nyiapin kejutan, sementara gue sama Jalu bakal ajak Diki jalan atau ke mana gitu. Pokoknya kami sampai jam 5 sore, paham?"

"Kok kek bocah, memang gak bakal ketahuan?"

"Udahlah, kagak usah kebanyakan omong. Mau ketahuan apa enggak itu urusan belakangan. Ini udah jadi rencananya tante Dewi, dan kita cuma ngikutin."

"Iya, gue tau, kok," jawab gue lalu melanjutkan langkah menuju gerbang. Mobil merah tante Dewi udah kelihatan. Dia melambai ke gue, segera gue percepat langkah, lalu masuk ke mobilnya.

"Kita mau ke mana, Tante?"

Tante Dewi yang lagi nyetir, noleh. "Kita mau cari kue tart dulu."

"Lita kira udah ada kuenya."

"Memang udah ada, hehe. Kita cuma tinggal ambil sih, kebetulan udah dipesen dari beberapa hari lalu."

"Oh, oke."

Gue mendorong pintu kaca, mengikuti tante Dewi masuk ke toko bakery yang lumayan besar ini. Bau sedap kue langsung menguar. Sambil menunggu yang lagi ngomong sama kasir, mata gue mengedar, menjelajah berbagai ornamen cantik di sini. Wah, pasti asik ya punya usaha bakery. Kalau punya duit banyak, pingin rasanya bukain toko kayak gini buat ibu. Pasti usaha kue kami makin berkembang.

Kami berdua kembali masuk mobil, setelah pekerja di sana, membantu membawakan kue tart bertingkat tiga itu ke mobil. Begitu mobil melaju, tante Dewi buka suara,

"Gimana, tadi Diki kelumpungan gak kamu cuekin?"

Yang ada gue yang kelimpungan setelah dicuekin Diki. Aihh! Gue tertawa kecil.

"Kenapa? Kamu udah ngelakuin yang tante bilang waktu itu, kan?"

"Hehe, iya."

"Terus hasilnya."

Cewek GajeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang