Yuvin POV
Soal yang gue dihadang sama anak-anak sekolah sebelah, emang itu bener faktanya. Pas pulang sekolah, gue lewat lapangan biasa karena pengen beli cendol yang suka mangkal disitu. Tapi tukang cendolnya gak ada, gue malah kena sama anak-anak sekolah sebelah. Untungnya, Bobi dateng dan langsung bawa gue pergi dari situ. Kalo gak, mungkin gue bakalan kena hajar tiga bocah itu.
Yang ngehadang gue kenal ko. Salah satu diantara ketiga laki-laki itu ada Jeno. Maksud dia ngehadang gue juga gue paham. Hanya kasih gue peringatan supaya gue jauhin Minju.
Lagian tanpa disuruh, gue juga bakal ngejauh karena Minju emang udah punya Jeno kan? Buat apa dia buang-buang tenaga cuma untuk ngehadang gue. Gak jelas.
Dan kenapa gue gak ngomong ke Abang? Karena gue gak mau nanti si Abang nyamperin anak sekolah sebelah dan berakhir adu jotos. Tau kan gimana si Abang kalo udah emosi? Woaahhh brutal anjir. Mungkin anak sekolah sebelah bisa gak bernyawa setelah dihajar sama Abang. Makanya, gue gak mau ngomong soal ini.
Tapi yang gue tutupin ternyata keungkap juga. Semalem, pulang-pulang Abang langsung nyamperin gue ke kamar dengan muka yang gak santai. Terus dia nanya, kenapa gue gak ngomong soal itu. Kenapa diem-diem aja. Ya gue bingung dong mau jawab apa. Pada akhirnya gue jujur dan cerita semuanya.
Abang keliatan emosi banget setelah gue ceritain. Tapi gue selalu cegah supaya dia gak datengin anak sekolah sebelah buat bales dendam. Gue gak mau nantinya malah makin rumit. Toh sekarang udah beres ko, gue juga gak papa. Kalo emang gue kena tonjok, mungkin wajar Abang marah.
Akhir-akhir ini gue sering main sama temen-temen. Ya kayak Abang lah, yang punya tempat kumpul setiap harinya. Dari yang gue sering kumpul, gue punya pengalaman baru. Buruk sih, tapi itu membuat rasa penasaran gue hilang.
Tau kan, kalo laki-laki yang gak ngerokok itu katanya gak gentle?, Bukan laki-lakilah, apalah. Ya pokoknya gitu deh. Itu yang gue alami. Emang ngumpul bareng temen-temen ngebuat rasa penat gue hilang. Tapi ada sisi negatifnya juga.
Sini, biar gue kasih tau, apa pengalaman yang gue dapet.
Gue ngerokok. Lebih tepatnya nyobain sih. Tapi-- ada tapinya nih, sekalinya gue udah rasain namanya rokok, bakalan nagih udah kayak nasi Padang yang kalo makan gak cukup satu bungkus. Sumpah. Walaupun masih dikatakan pasif, tapi gue berusaha biar gak menjadi aktif. Gue gak mau benda berbatang itu menjadi candu buat diri gue sendiri. Karena gue mikir, serusak apa tubuh gue nanti kalo asapnya terus gue konsumsi setiap harinya. Dan satu lagi; ayah sama bunda. Gue gak mau ayah dan bunda tau tentang ini. Karena kalo sampe tau, bisa mati gue. Soalnya, si Abang yang udah dikatakan bandel aja, gak ngerokok. Ya kan?
Sekali dua kali emang gak ketauan. Karena setiap mau pulang, gue cuci tangan dan makan permen biar orang rumah gak curiga. Dan sampe sekarang cara gue berhasil. Belom ada tanda-tanda mencurigakan kalo ayah sama bunda tau. Aman. Hehehe
"Ade curang iihh. Males ah, ayah udahan." Si ayah ngambek mulu ah mainannya. Kayak bocah. Wkwkwk
Gue, Abang sama ayah lagi main monopoli. Gini nih kalo lagi weekend. Suka ngabisin waktu yang gak jelas tapi berfaedah. Hahaha. Tau kan faedahnya apa? Ya, keluarga gue jadi harmonis. Sering kumpul walaupun gak sesering dulu.
Ayah sama bunda emang lagi sibuk banget akhir-akhir ini. Yang biasanya ngumpul bareng setiap malem sambil nyemilin biskuit dicelup teh, ini gak lagi. Hehehe. Tapi gak papa, gue tetep sayang.
"Abang juga udahan ah, gak seru. Ayah mainnya ngambek mulu." Dih, si Abang ikut-ikutan. Bilang aja dia males soalnya masuk penjara mulu. Hahaha
Yaudah, akhirnya permainan selesai dengan gue sebagai pemenang. Duit yang gue dapet banyak dari pada duitnya Abang. Hahaha. Apalagi ayah, cuma sisa lima puluh ribu doang. Kasian gue mah.
Kita berakhir tiduran di karpet, sambil mejamin mata bentar. Tapi gak sampe kebablasan ko. Hahaha
"ADE! INI APA?" Bunda dari ruang cuci nyamperin sambil bawa-bawa celana yang semalem gue pake. Tau gak, benda apa yang diunjukin bunda saat ini?
Korek. Tau kan korek gas yang warna-warni itu?
Yuvin bego, kenapa malah gue kantongin sih koreknya? Tamat deh riwayat gue.
"I-itu koreklah Bun." Jawab gue pura-pura polos. Tapi jujur, jantung gue udah kayak mau copot. Tatapan semuanya ke gue dengan unsur banyak pertanyaan. Gue kan bingung, gimana ini jawabnya?
"Buat apa? Ko ada dikantong celana kamu?" Mukanya bunda udah mulai menerka-nerka. Fix, ini mah gue bakalan kena amuk.
"Vin, jangan bilang lu-?" Abang! Tolongin gue dong, bukannya malah ikutan curiga. Gak peka anjir. Kesel gue.
"Jujur sama ayah!" Harus gimana ini woy? Jujur, salah. Gak jujur malah makin salah.
"Jujur apa yah?" Tanya gue pura-pura polos lagi. Padahal mah gue lagi ngulur supaya gak terlalu tegang.
"ADE!" Kalo bunda udah nge gas begini manggilnya, gue pasrah.
"Maafin Ade, udah bandel dan gak jujur. Ade emang nyobain, tapi gak aktif ko. Cuma penasaran rasanya kayak apa."
Mukanya ayah keliatan kecewa. Mukanya bunda kesel-kesel tapi pengen nangis. Dan mukanya Abang kagetnya bukan kepalang.
"Vin! Lu gila ya."
"Dari kapan?" Ayah nanyanya emang santai, tapi mukanya itu loh. Kayaknya pengen makan gue sekarang juga.
"Kurang lebih satu mingguan."
"Kamu tau kan bahayanya rokok apa? Kamu tau kan kalo sekalinya nyobain, itu bakalan keterusan? Kamu tau kan kalo asapnya aja udah bahaya buat dihirup? Tau kan?"
Gue ngangguk-ngangguk "tau Yah. Ak-"
"Terus kenapa kamu masih konsumsi?" Ngejebak banget pertanyaan ayah. Sumpah.
"Aku penasaran sama rasanya. Dan aku disuruh nyoba sama temen. Tapi setelah aku coba sekali, rasanya pengen keterusan."
"Berenti! Ayah gak suka."
Gue nelen ludah abis itu ngangguk-ngangguk paham. Mungkin gue bisa buat berenti. Karena belum terlalu sering banget ngonsumsinya. Tapi dengan perlahan. Gak mungkinlah gue berenti secara tiba-tiba. Kalo itu, kayaknya gak bisa gue.
"Abang juga? Jujur sama bunda!" Mukanya Abang langsung panik tapi kesel gitu.
"DIH, GAKLAH. SAMA ASEPNYA AJA BENCI BANGET. APALAGI NGISEPNYA."
*****
Gue lagi rebahan di kamar, Abang tiba-tiba nyamperin dan ikutan rebahan juga disamping gue.
"Vin!" Pasti nanyain tentang gue yang ngerokok nih. Tau bet gue mah. Dia kan kepo orangnya. Sebenernya gue males banget ngebahas ini lagi.
"Apaan?"
"Sejak kapan lu ngerokok? Setiap hari abis berapa batang? Emang rasa rokok ada manis-manisnya ya?"
Kan, pertanyaannya udah kayak rel kereta. Beruntun, gak berenti-berenti, "emang lu pikir Lee Mineral yang ada manis-manisnya." Gue ngakak si. Lagian aneh banget pertanyaannya. Masa iya dia gak pernah ngerasain. Gue mah yakin banget, pasti Abang pernah ngerasain yang namanya rokok. Gak mungkin gak pernah.
"Gue serius anjir."
"Paling gak sampe lima batang sehari. Rasanya enak, udah kayak rendang."
"Anjing lu! Gue nanya serius, jawabnya malah begitu." Dih, langsung pergi. Tadi nanya, sekarang malah pergi. Dasar ambekan.
##########
Double update nihh..
Aku lagi baeekkk...
KAMU SEDANG MEMBACA
AdeAbang (Kim Mingyu & Song Yuvin)✓✓✓
FanficYah, kenapa sih bikin adenya deket banget sama umur Mingyu? Yuvin kan jadi saingan Mingyu di sekolah -Mingyu Lah, bunda kamu salahin. Pas umur kamu masih satu tahun udah ngegoda ayah buat masuk kamar, yaudah keluar dah si Yuvin. -Ayah Amazing Cover...