7. Bara dan Buku

1.8K 227 4
                                    

"Mau makan apa?" tanya gue begitu Bara naro tas kameranya di atas meja di ruang tamu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Mau makan apa?" tanya gue begitu Bara naro tas kameranya di atas meja di ruang tamu. "Nanti gue beliin di warteg depan," lanjut gue lagi.

"Yang ada di rumah aja, Dit."

"Ada capcay doang."

"Ya udah nggak apa-apa itu aja."

"Sama dadar telur deh, mau?"

"Boleh."
 
 
Gue anggukin kepala gue, berniat pergi ke dapur buat nyiapin Bara yang mampir ke rumah gue setelah dia abis pulang dari rumah temennya yang kebetulan deket dari rumah gue.
 
 
"Nih minum dulu. Haus kan lo?" kata gue sambil kasih segelas air putih dingin ke Bara.
 
 
Bara nerima itu dan langsung minum dalam beberapa kali tegukan.
 
 
"Kok sepi, Dit? Pada kemana?"

"Mamah sama Ayah lagi pergi kondangan ke Bandung, kalau bang Putra biasanya weekend gini main sama temennya sampe malem," sahut gue dari arah dapur.
 
 
Iya tadi abis ngasih air minum ke Bara gue langsung balik lagi ke dapur.

Sekali lagi, Bara emang biasa main ke rumah gue. Makan di rumah gue udah jadi hal biasa buat dia sebulan belakangan ini. Dia sering bawa makanan juga ke rumah jadi Ayah sama Bunda gue ya fine-fine aja.

Malah cenderung seneng ke Bara karena selalu nyamperin gue ke rumah.

Bisa aja emang Bara ambil hati orangtua gue.

Ah balik lagi ke makanan.

Nggak butuh waktu lama, gue balik lagi ke ruang tamu dengan sepiring nasi beserta lauknya buat Bara.
 
 
"Apaan tuh?" tanya gue sambil kasih piring di tangan gue ke Bara. Gue ngelirik ke arah barang yang tadi baru aja Bara keluarin dari dalem tasnya. "Ih buku???" ucap gue lagi sebelum Bara jawab.

"Mau baca? Tadi gue nemu pas mau pulang. Karena judulnya menarik makanya gue beli."
 
 
Gue cuma manggut-manggutin kepala gue.

Meski nggak terlalu kelihatan dari luar, sebenernya Bara tuh beneran sesuka itu sama buku. Selain musik tentunya. Dia beneran suka banget baca buku dan kalau kita jalan nih nggak jarang kita sempetin mampir buat ke toko buku.

Biasanya kalau udah di sana, gue bakal langsung pergi ke section majalah atau aksesoris, sedangkan Bara ke buku-buku dengan berbagai macam pilihan. Dari genre fiksi sampe ke nonfiksi.
 
 
"Coba baca, Dit," kata Bara sambil mulai makan makanan yang ada di depannya.
 
 
Gue langsung gelengin kepala.
 
 
"Nggak deh, Bar, makasih. Baca modul aja gue udah pusing, apalagi ditambah baca buku setebel itu. Haduuuh makasih."
 
 
Gue.
   
 
Bukan.
 
 
Orang.
 
 
 
Yang.
 
 
 
 
Hobi.
 
 
 
 
  

Baca.
 
 
 
 
 
  

Buku.
 
 
 
 
 
"Padahal bagus itu."
 
 
Judul bukunya emang menarik. Banget. Tapi asli deh lihat tebelnya itu buku langsung bikin gue hilang minat. Jangan ditiru ya guys kelakuan malas gue dalam membaca buku ini.

Hm.
 
 

"Ya udah nanti lo baca terus ceritain ke gue. Oke?" kata gue lagi.
 
 
Bara ketawa. Bikin dia keselek dan langsung minta minum lagi. Gue refleks langsung lari ke dapur buat ambil air minum. Keburu Bara mati gara-gara keselek capcay.

bara; bright vachirawit ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang