Reyn rayuan mautnya bener-bener bisa diacungi jempol 4. Ayah akhirnya kalah, nyerah pas Reyn bilang Minggu depan mo nglamar. Abis minta ajian pengasih dari dukun mana coba itu si Reyn.
Ibuk yang rada ga Enak, apaan langsung bilang Minggu depan suruh datang. Ini persiapan aja kagak ada, belum ngabarin sodara. Anak dilamar orang sodara kagak dikasih tau bisa panjang ujungnya. Bisa diomongin sampe sekampung.
Tapi pas dikasih tau yang datang cuma beberapa orang aja ibuk rada lega. Ngatur menu ga repot amat, mikir goodie bag juga ga setress amat. Nah sapi dibelakang belum laku.
Avel mo kawin kabar tersiar cepat, namanya aja dikampung, apa aja bisa dijadiin gosip. Ada piring jatoh aja bisa jadi berita hangat. Apalagi Avel ngaku kuliah pulang bawa duda. Untung dudanya ganteng, orang masih banyak yang maklum. Coba udah duda jelek, tua, buncit. Pasti dibilang Avel matre, cari suami yang udah tinggal tunggu mati. Dasar itu muluut.
Acara lamaran ya isinya basa basi aja, formalitas aja. Aslinya kan udah setuju emang. Namanya juga tradisi, di lingkungan Avel tradisi kayak apa ya keluarga Reyn ngikut aja. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
Adeknya Reyn ikutan datang, ya ampun ternyata dia ngeselin banget. Cewek umurnya cuma tuaan Avel setaun. Kalo dah ngomong ga bisa berhenti, cocok dari tadi ngerumpi sama Adel. Ngomongin boyband Korea, astagahhh.
Ibuk berulang kali negesin, Reyn kudu mastiin Avel kuliahnya lanjut. Mo kayak apa pokoknya kudu lanjut. Udah kelanjur cerita ke tetangga Avel kuliah ambil master. Kalo ga jadi kan ya malu. Dasar ibuk emang emberan.
Papanya Reyn sama ayah serius gitu ngobrol, entah yang dibahas apaan. Yang pasti Che udah tambah manja sama Avel, sejak datang udah minta pangku Mulu. Kangen kali seminggu enggak ketemu.
Acara kelar Oma dicariin ga ada ternyata malah asyik ngadem dibawah pohon mangga, sambil ngajakin Che liat ayam. Di rumah Reyn kagak ada binatang piaraan. Adanya paling semut, nyamuk.
" Kok malah disini ma....?" Tanya Avel.
" Ngadem Vel....!" Jawab Oma.
Avel nyengir doang, ya iyalah di rumah Avel ga ada AC. Listrik cuma 1300 dayanya, pake in AC ya mokad.
" Sejuk Vel rumah kamu. Pekarangan luas. Ga kayak rumah Reyn, tumbuhan cuma kembang. Gersang.....!" Kata oma.
" Kan di kampung ma, tanah luas ma. Emang sih enak adem, nyapunya ma bikin encok." Jawab Avel.
" Yang nyapu kamu....?" Tanya Oma.
" Selama liburan ini ya Avel ma. Katanya disuruh latian. Biar bisa ngurus rumah." Jawab Avel.
" Nah bagus tuh. Mayan tuh kali kamu rajin nyapu sama bersih-bersih. Mayan ntar asisten rumah tangga bisa di liburin satu. Ngirit deh...!" Kata Oma ga enak.
" Ma, seriusan.... ?" Tanya Avel melas.
" Nah kan kata ibuk kamu gitu....!" Jawab Oma.
" Ma, sama calon mantu tega amat ma. Rumah Reyn gede maaaa....!" Avel memelas.
" Gak apa-apa biar sehat....!" Sahut Oma.
" Maaaa, tega amat sih. Ga ibuk ga calon mertua sama aja....!" Keluh Avel.
" Kamu serius amat sih. Ga bisa diajakin bercanda. Mama cari mantu, ga cari pembantu....!!" Semprot Oma.
" Nah tadi mama bilang gitu....?" Bales Avel.
Oma ga jawab, malah senyum-senyum ga jelas sambil manggil Che. Dasar mamanya Reyn ini ngeselin. Gitu Reyn kok ya tahan amat punya mama kayak gitu. Baik sih Oma itu, usilnya ga ketulungan. Avel masih inget dulu nginep di rumah Reyn malah diumpanin di kamar anaknya. Dasar orang tua ga bener.
KAMU SEDANG MEMBACA
STEP MAMA - Triangle love
General Fiction✓ update every week 😘 Di tengah ngambangnya nasib kuliah magisternya yang tiap hari sukses membuat otaknya kembang kempis, Avel memutuskan untuk cuti dan melamar di sebuah sekolah playschool elit. Lumayan buat mengistirahatkan otak. Sayangnya disi...