Biasanya Avel kebagian siapin library buat story' telling, entah kenapa hari ini malah kebagian ngurusin anak-anak makan. Ya enggak apa-apa sih sekali-sekali gitu liat bocah makan nyenengin.
Bantuin mereka pasangin bip, ngajarin mereka saling bantu dengan ngedarin mangkuk, sendok sama gelas. Ngajarin kebersamaan pegangan tangan bareng trus berdoa sebelum makan.
They are so precious, lucu-lucu semua. Udah pada enggak nangis-nangis lagi. Pokoknya kalo masa-masa parents udah leave, legaaaaa. Gampang sudah disiplinin para bocah, dah ga pada mo manja-manja. Jahat ya...? Ya enggak. diajarin aja para bocah hidup layaknya manusia beradab yang mana dimana aja emang ada aturannya.
Diajarin hargai diri sendiri juga hargai orang lain. Di ajak ngerti gimana kudu berteman dan gimana nimpuk itu kagak boleh, swearing itu enggak bagus. Bersikap kasar itu enggak dibenarkan.
Jangan bilang bocah dibawah lima tahun itu enggak ngerti apa-apa. Mereka paham banget. Bahkan bocah toddler aja ngerti kalo tangisan itu senjata. Everything you said mereka rekam. Mereka makhluk yang sedang belajar dengan sangat cepat. Cuma mereka emang kagak ngomong aja kalo udah ngerti banyak hal. Jangan pernah tertipu.
Tapi ga semua punya tahapan macam anak Laen. Tiap anak punya fase perkembangan masing-masing, jadi PR banget buat para guru nih. Kayak pemandangan hari ini yang Avel temuin di ruang makan.
Ada anak cowok jelas nursery, Farish. Semua lagi makan pasta Jenis ditali yang mirip canneloni tapi pendek dan lebih gendut. Eh ini bocah tu pasta malah di gelindingin di meja buat maenan. Ya ampun Avel shock.
" Farish, this is not toys. This is food." Kata Avel.
" Food....?" Tanya si Farish.
Oke deh bulan-bulan awal bahasa campur aduk masih dibolehin.
" Ini makanan Farish, food. Ga untuk dipake mainan." Avel jelasin kalem.
" Di maem...?" Tanya Farish.
" Yes, good boy. Ini untuk di maem. Come on, eat." Avel ngarahin tangan Farish pegang sendok.
Liat Farish nurut Avel lega, sabar banget emang ngasih tau bocah itu. Gunanya mereka disekolahin kan emang untuk itu. Tapi kebahagiaan Avel lenyap pas begitu tu pasta masuk mulut Farish.
Di lepeh....
" Kenapa....? You don't like this...?" Tanya Avel.
Si bocah cuma nunjukin ekspresi aneh, makanan yang dimakannya cuma diem di atas lidah, trus lidahnya dimelet-meletin sampe tuh makanan keluar semua. Yaaa Neptunus, ada apa sama ni bocah.
Baru Avel mo berdiri nanya sama yang punya anak, si Nia. Eh si Marsha udah nongol aja disamping Avel. Bisikin sesuatu yang bagi Avel di luar nalar.
" Farish can't eat solid food....!" Bisik Marsha.
" Heeeh.....?" Avel heran.
" Sakit...? Kelainan organ dalam mulut...?" Avel heran.
" Enggak, dari kecil dia makan bubur Mulu. Ga bisa naik tekstur kata emaknya pas wawancara kemaren." Jelas Marsha.
" Heeeh, ada gitu kayak gitu...? Bukannya ngunyah itu naluri alami...?" Tanya Avel heran.
" Gua juga baru ngerti disini, ternyata ngunyah itu juga perlu belajar....!" Jawab Marsha.
" Wahai Aquaman, ada juga kasus kayak gini. Umur 2 tahun lebih kagak bisa ngunyah....!" Avel elus dada.
" Orang kaya kasus aneh-aneh...!" Gerutu Marsha.
" Gimana tuh jadinya....? Dibiarin? Apa gimana....?" Tanya Avel bingung.
" Ya jadi PR kita, kita kudu ngajarin dia ngunyah dan ngenalin sama solid food....!" Kata Marsha.
KAMU SEDANG MEMBACA
STEP MAMA - Triangle love
General Fiction✓ update every week 😘 Di tengah ngambangnya nasib kuliah magisternya yang tiap hari sukses membuat otaknya kembang kempis, Avel memutuskan untuk cuti dan melamar di sebuah sekolah playschool elit. Lumayan buat mengistirahatkan otak. Sayangnya disi...