Bagian : 66

64 5 0
                                    


Saat hijrah mulai lelah.

Coba balikkan badanmu, lihat. Sudah seberapa jauh kamu melangkah? Seberapa banyak cobaan yang mencoba membuatmu tumbang namun kamu masih bisa bertahan? Hingga bisa sampai pada titik tingginya sekarang ini? Sudah?.

Sudah jauh bukan? Maka balikkan kembali badanmu, ada surga di depan sana, dan dia masih menantimu. Maka kejarlah, sebagaimana kamu mencapai titik ini maka berusahalah untuk bisa berada di titik depan.

Musibah yang membuatmu kembali kepada Allah. Lebih baik dari nikmat yang membuatmu lupa kepada Allah.

Bagaimana caranya istiqomah.

Luruskan niat karena Allah ketika kita mulai futur maka restart lagi niatnya, pahami lagi makna dari syahadat, untuk bisa Istiqamah dalam beribadah maka seorang muslim harus bisa memakai arti syahadat dan mengetahui bahwa dengan mengucapkan syahadat dia memiliki kewajiban sebagai seorang muslim termasuk dalam beribadah. Ibadah itu sendiri adalah suatu konsekuensi dari ucapan syahadat seorang muslim dan sifatnya mengikat.

Banyakin membaca al-quran. Jangan malas buat baca al-quran banyak sekali yang bisa kita pelajari dari al-quran, ibarat kata semua sudah tertulis di dalamnya tinggal kitanya saja lagi mau apa tidak. Ingat, semua akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Tingkatkan kualitas ibadah sedikit demi sedikit. Jangan sampai kita merasa ibadah kita sudah mantap, tumbuhkan rasa haus akan ilmu dan jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang sudah kita dapat. Kalaupun belajar jangan setengah-setengah, jangan hanya kualitasnya saja yang kita pelajari tetapi sampai ke akar-akarnya pun kita cari tahu biar tidak tersesat di tengah jalan.

Bergaul dengan orang-orang yang sholeh sholehah. Carilah temen yang memang selalu membawa kita kejalur yang positif, karena mereka bisa menjadi kawan saat beribadah dan senantiasa menjaga kita dalam kebaikan. Tetapi menurutku di sini silahkan bergaul dengan siapa pun yang penting jangan mengikuti hal yang memang tidak baik. Jika memang dirimu tidak yakin tidak bisa istiqomah karena bargaul dengan siapa pun maka bergaullah dengan orang-orang sholeh sholehah.

Senantiasa berdoa dan dzikir kepada Allah.
Jangan sombong mentang-mentang sudah di kabulkan malah menjauh dari Allah, malas minta ke Allah. Allah tidak butuh kita, tetapi kita yang butuh Allah.

Masa Lalu Dan Hijrahku (TAMAT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang