11. Lana - Ada Apa Dengan Rian

75 14 5
                                    

Aku lompat turun dari bus kota yang kami naiki. Dari sini, masih harus jalan beberapa blok lagi sebelum akhirnya sampai di restoran yang dimaksud.

"Jauh.. banget.." napasku putus-putus. Aku emang udah jarang olahraga, pantes aja dikasih jalan dikit langsung kerasa banget capeknya.

"Sukurin! Siapa suruh tadi diajakin bareng malah nggak mau!" Shin Hae juga bersungut-sungut kesal. Meski udah biasa jalan, tetep aja naik mobil langsung sampai ke tempat tujuan lebih nggak capek dibanding naik kendaraan umum.

Shin Hae menyebut nama OkCat ke waitress dan kami langsung diarahin ke ruang VIP. Begitu pintu VIP dibuka, aku langsung sadar kalo yang ngajak kami makan siang hari ini adalah salah satu idol K-Pop yang mungkin uangnya udah nggak berseri lagi. Kalo ini cuma mimpi, aku mau makan yang banyak biar pas bangun kenyang!

"Yak, kenapa kalian lama sekali?"  Taecyeon protes begitu kami masuk.

"Ih sumpah, bukannya empati kek nanyain kita capek apa enggak, kasi minum kek. Malah protes lah dia!" Aku menggerutu, sengaja pake bahasa Indonesia, biar dia nggak ngerti!

"Heh jangan gitu! Udah baik ditraktir makan juga!" Shin Hae mukul tanganku.

"Ya abisnya kesel. Orang masih ngos-ngosan. Dia mah udah duduk manis dari tadi." Aku ngusap tanganku yang tadi dipukul Shin Hae. Nggak kenceng sih, tapi tetep aja sakit.

"Joesonghamnida, Taecyeon-ssi. Lana belum terlalu mahir berbahasa Korea." Shin Hae tiba-tiba mengabaikanku dan minta maaf, terus membungkukkan badannya.

Aku, yang masih kepanasan, niup-niup poni yang mulai kepanjangan dan nutupin mata. Kulirik Taecyeon yang lagi nyengir lebar, entah apa yang ada di kepalanya sekarang.

"Aniya, gwaenchana. Jangan terlalu formal. Kau bisa memanggilku Sunbae. Meski aku bukan lulusan K-Arts, tapi anggaplah begitu." Taecyeon menggelengkan kepalanya dan nunjuk tempat kosong di dekatnya.

Shin Hae dengan sigap langsung duduk di tempat kosong di depan Taecyeon. Kuhela napasku, sekarang aku harus duduk dengan jarak kurang dari 30 senti dari Taecyeon.

Kami duduk di tempat lesehan dengan meja pendek. Sebenernya dua-duanya sama aja sih. Duduk di tempatku sekarang juga canggung karena terlalu dekat, duduk di tempat Shin Hae malah lebih canggung lagi soalnya berhadapan langsung. Secara otomatis pasti Taecyeon ngadep ke depan, kan?

Waktu makanan yang dipesan dateng, Taecyeon langsung ngambil dan buka mangkuk nasinya. Kayaknya dia sengaja ngasih tanda buat langsung makan aja. Mungkin jadwalnya padat, jadi dia harus cepat-cepat pergi abis ini.

"Makanlah, jangan malu-malu. Semua yang kupesan hari ini harus dihabiskan." Taecyeon senyum sambil ngeliatin aku. Aku pura-pura nggak liat, dan malah sibuk ngelap sendok dan sumpit. Kebiasaan yang selalu aku lakukan sejak dulu.

"Lana-ya, kau tak makan?" Taecyeon menegurku yang masih sibuk ngelap sendok. Ia lalu menyuapkan sesendok besar nasi ke mulutnya, disusul dengan daging.

Tunggu, coba kita lihat. Apa dia bakalan il-feel kalo cara makanku kayak dia?
"Makan." Kujawab pertanyaannya, dan kusuapkan sesendok besar nasi dan daging.

"Kalau kau mengajakku makan untuk melihat apakah aku seperti perempuan kebanyakan yang makan dengan anggun, kau harus menelan kekecewaanmu." Kubongkar aibku sendiri. Nggak apa-apa, soalnya aku nggak terlalu peduli dia bakalan il-feel apa enggak.

Taecyeon keliatan kayak lagi nahan ketawa, dan malah keselek gara-gara itu. Awalnya aku nggak peduli, tapi kok keliatannya agak serius. Dia bahkan keliatan kayak lagi kecekek sampe matanya berair.

"Yak, makanlah dengan hati-hati." Aku sebenernya kasian ngeliat dia keselek kayak gitu. Tapi dia keselek karena mau ngetawain aku! Jadi, alih-alih kasian, aku malah jadi sedikit kesel. Meski begitu, karena aku baik hati, tetep aja kutepuk-tepuk punggungnya, berharap dia cepet baikan.

"Kau harus mengunyah dengan baik sebelum menelannya. Ini, minum dulu." Kusodorkan gelas besar berisi air yang tadi dipesan Shin Hae buatku. Aku emang nggak bisa minum yang berasa kalo lagi makan berat. Harus minum air bening.

Kayaknya dia udah lebih baik setelah menghabiskan setengah gelas air yang tadi kusodorkan.
"Kau sudah baikan?" Kutanyakan lagi, memastikan dia emang udah baik-baik aja.

"Ne, aku baik-baik saja. Terima kasih banyak." Taecyeon menganggukkan kepalanya dan tersenyum.

Aku langsung duduk lagi di kursiku dan mengaduk-aduk nasi di depanku. Kepalaku tiba-tiba pening, senyumnya kenapa manis banget sih. Langsung berasa kayak diabetes nih, pake pening segala.

Aku menyelesaikan makanku dan membereskan peralatan makan di depanku. Menumpuknya biar gampang diangkat. Lagi-lagi, kebiasaan yang selalu kulakukan sejak dulu.

"Apa kalian akan langsung kembali ke flat?" Taecyeon bertanya sebelum kami keluar. Entah nanya ke siapa, karena aku fokus ke ponselku yang bergetar.

Kumbil ponselku dan kuintip nama yang muncul di layar. Aku langsung kayak kena vertigo waktu nama Rian yang muncul. Kalian pernah nggak sih ngerasa gitu, tiba-tiba pusing dan sekeliling rasanya muter kenceng banget karena sesuatu yang ngagetin?

Telepon dari Rian kutolak. Salah satu alsannya karena masih ada Taecyeon. Tapi alasan utamanya, karena emang aku masih belum move on. Ya yang bener aja, pacaran lumayan lama terus ditinggal kerja ke Korea, terus dia ngilang dan pas ketemu lagi malah tinggal satu flat sama perempuan lain. Masih sayang, tapi sakit gitu rasanya.

Nggak nyerah, Rian nelepon lagi. Berkali-kali, meski selalu aku tolak. Setelah pertemuan terakhir di flatnya waktu itu, kami sama sekali nggak ada kontak. Dia nggak pernah menghubungi, aku juga males amat harus ngehubungin duluan. Tapi kenapa hari ini tiba-tiba dia muncul lagi?

Aku masih menatap nanar layar ponselku waktu Shin Hae narik tanganku keluar dari restoran. Aku kayak langsung nggak inget lagi apa dan di mana. Isi kepalaku sekarang cuma 'kenapa Rian ngehubungin aku lagi?'

"HOY!! Elo kenapa??" Shin Hae nepuk bahuku, kenceng banget sampe aku sadar. Aku gelagapan dan langsung noleh kesana kemari.

"Nyari apa? Taecyeon udah pergi." Shin Hae ngejawab kelakuanku yang celingukan kayak maling takut ketauan. "Kenapa, sih? Siapa yang nelepon?"

Pandangan mata Shin Hae terang-terangan ngeliat ke arah ponselku. Dia beneran pemasaran. Aku cuma bisa menghela napas dan nunjukin ponselku ke dia, ngebiarin dia liat sendiri siapa yang ngeganggu dari tadi.

Mata Shin Hae membulat, seiring lunglainya kakiku. Pertahananku runtuh, aku terduduk. Pertama kalinya setelah pertemuan itu, kali ini aku nangis sesenggukan.

#
Joesonghamnida : maaf (formal)
Aniya : tidak
Gwaenchana : tidak apa-apa
Sunbae : panggilan untuk senior
Ne : ya

***

Lovely BeastTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang