❝ ᶜʰᵃᵖᵗᵉʳ 53❞

17K 2.7K 295
                                    

"Daffa! Astaga udah lama kita gak ketemu!"

Daffa nyunggingin senyumnya. Didepannya sekarang ada Sahara yang lagi natap dia pake tatapan kangen nya.

Fyi, sebenernya Sahara itu ikut Sagara ke Amerika. Tapi Daffa gak ngerti kenapa Sahara bisa ada disini sedangkan Sagara engga.

Daffa natap Sahara. "Americano nya atas nama siapa Kak?"Tanya Daffa.

"Atas nama Kakak Ipar."Jawab Sahara sambil beberapa kali naikin alisnya ngegoda Daffa.

Daffa terkekeh pelahan. Padahal mah belum tentu jadi kakak ipar. Orang Sagara nya aja belom tentu balik ke Indonesia.

Daffa berdehem, keadaan café lagi sepi. Devan sama Adit lagi sibuk didapur. Jadi gak ada salahnya dong kalo Daffa mau ngobrol soal Sagara ke Sahara?

"Sagara gak ikut pulang?"Tanya Daffa memberanikan diri.

Sahara ngendikin bahunya. "Gue juga gak tau Dap. Pas gue mau balik ke Indonesia, Sagara bilang kalo dia gak bakal ikut."

Sahara nyeruput minuman yang dia pegang. "Dia gak bilang apa alasannya. Lagian, disana gue juga gak merhatiin Sagara seharian. Jadinya ya, gue gak tau gimana keseharian dia sama temen temennya atau kegiatan kuliah dia."

"Kehidupan pas kuliah aja gue gak tau. Apalagi sekarang, dia udah lulus kuliah. Gue gak tau apa yang dia lakuin beberapa waktu kebelakang."

"Tapi ada satu hal yang gue tau. Kalo dia sering banget pergi ke suatu tempat tanpa bilang dulu ke gue."

Daffa ngelepasin celemek baristanya yang udah sekitar 4 jam nempel dibadannya. "Kalo orang yang lo sayang pergi selama bertahun tahun, jauh dari lo. Lo mau nunggu dia atau engga?"

"Tergantung."Jawab Sahara singkat.

"Kalo dia masih nunjukin keseriusannya ke gue, masih nunjukin rasa sayangnya ke gue, masih berkomitmen sama gue. Ya gue bertahan lah"Lanjut Sahara.

"Contohnya?"Tanya Daffa, dia nyibak rambut coklatnya kebelakang.

Sahara bergumam, seolah olah dia lagi mikir. "Kayak, tetep ngasih kabar gimana pun keadannya. Nyempetin buat komunikasi, gimana pun keadannya. Dan jaga hati tentunya."

"Dan satu lagi. Dia gak bakal lupa kalo ada seseorang yang lagi nungguin dia."

Daffa numpuin kedua tangannya ke counter. Terus dia natap Sahara datar. "Menurut lo, apa Sagara itu tipe orang yang lo sebutin tadi?"Tanya Daffa datar.

Sahara senyum tipis. "Gue harap iya."






"Tapi Dap, gue gak bisa ngejamin itu semua."

.

.

.

"Kok baru pulang?"

Daffa menghela napas, dia ngerebahin dirinya sendiri di sofa. "Tadi café lumayan rame. Agak hectic. Makanya pulangnya agak telat."

Hanny duduk disebelah Daffa. Ngelus kepala Daffa. "Jangan sampe kecapean. Nanti sakit."

Daffa nganggukin kepalanya. Dia hampir aja ketiduran gara gara elusan Hanny dikepalanya.

Tapi matanya langsung kebuka pas Hanny nanyain satu hal ke Daffa.

"Kamu gak capek?"Tanya Hanny.

Daffa ngedipin matanya beberapa kali. "Ngurusin café? Gak capek kok. Kan ada Devan sama Adit juga yang bantu."

Padahal mah Devan sama Adit kerjaannya ribut terus. Bikin kerjaan Daffa tambah banyak.

Hanny gelengin kepalanya. "Bukan itu. Tapi hal yang lain."

Daffa langsung ngerti apa maksud Hanny. "Gak capek kok. Lagian yang Daffa lakuin kan cuma diem sama nunggu."

"Mau sampe kapan?"Tanya Hanny lagi.

Daffa ngendikin bahunya. "Gak tau. Mungkin sampe dia ngasih kejelasan."

Daffa menghela napas, dia gak kuat nahan ngantuk. Café biasa tutup jam 8 malem, tapi hari ini harus mundur setengah jam kebelakang karena emang rame banget.

Belum lagi Daffa, Devan sama Adit harus beres beres dan itu memakan waktu yang gak sebentar.

"Karena mau gimana pun, keputusan Sagara itu cukup penting. Kalo dia mau udahan ya udah, kalo mau lanjut ya silahkan. Gak usah dibawa ribet."Celetuk Daffa.

Hanny terkekeh. "Kalo udahan nanti kamu nya gak ikhlas."

Daffa mencebik. "Gak usah diperjelas bunda."

.

.

.

"Kenapa sih dari tadi ngelamun terus?"Tanya Alyssa gak habis pikir.

Daffa ngendikin bahunya. "Gak tau. Dari tadi gue kepikiran Sagara terus."

Alyssa menghela napas. "Gak mau nyerah aja Kak? Cari yang baru, terus mulai lagi semua dari awal?"

Pandangan Alyssa tertuju ke salah satu jari punya Daffa. "Lagian dia cuma ngasih lo cincin itu. Cincin biasa, yang sebenernya gak ngaruh juga sih ke hubungan kalian."

"Lo tinggal bilang pengen udahan, lo lepas cincinnya, kan gampang. Semua selesai, lo bisa jalanin kehidupan lo kayak biasa lagi, tanpa mikirin dia."Tambah Alyssa.

Daffa ngeluarin sebungkus rokok dari saku jaketnya. Jangan bilang bilang ya, dari setahun kebelakang Daffa emang suka ngerokok diem - diem.

Dia ngebakar ujung rokoknya, terus dia isep. "Terus lo kira, move on itu segampang bilang putus?"Tanya Daffa.

Daffa lagi lagi ngisep rokoknya. "Gue bisa aja minta putus ke Sagara. Bilang kalo gue udah gak butuh dia lagi. Bilang kalo gue lebih milih cari orang lain dari pada nungguin dia yang gak tau kapan bakal pulang, tapi apa ngilangin perasaan gue ke Sagara bakal semudah itu?"

"Seandainya, kalo gue sama Sagara udah punya kehidupan masing masing. Gue juga belum tentu sanggup liat dia sama orang lain."

Alyssa nganggukin kepalanya pelan. "Gue juga sebenernya pengen lo sama Sagara baik baik aja. Sama kayak dulu lagi, sebelum Sagara mutusin buat lanjutin kuliah S2 nya."

Alyssa jalan kearah Daffa yang lagi duduk dikasur. Dia duduk disamping Daffa, nyenderin kepalanua di bahu Daffa.

"Karena lo tau gak, gue ikut seneng kalo liat lo seneng. Gue juga ikut sedih kalo liat lo sedih. Belakangan ini, lo kadang uring - uringan gak jelas."Celetuk Alyssa.

"Mikirin Sagara yang harusnya udah pulang ke Indonesia karena studinya udah selesai. Tapi Sagara lebih milih buat netap disana lebih lama, tanpa ada alasan yang jelas."Lanjut Alyssa.

Alyssa sebenernya gak mau ngomongin hal ini, soalnya bisa aja bikin Daffa tanpa overthinking.

Tapi Alyssa pengen tau, apa yang Daffa pikirin dan rasain soal hal ini. Kadang Daffa lebih suka mendem sendiri dari pada cerita ke orang lain.

"Kak Sahara udah pulang dari berminggu - minggu yang lalu. Dan Sagara engga. Lo gak curiga kenapa Sagara gak pulang, dan milih tinggal disana lebih lama sekitar 1 sampe 2 tahun kedepan?"Tanya Alyssa hati hati.

Daffa ngendikin bahunya. "Gak tau."








"Kalo ternyata, Sagara udah sama yang lain, gimana? Lo masih mau sama dia?"

Inget gak sama kata kata aku di chapter 44, kalo Alyssa itu kayak cenayang, hehe.

TBC

Hello Future [DITERBITKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang