catatan akhir moonleav

24 4 0
                                    

Akhirnya, cerita ini selesai. Meski sebenarnya sudah mencapai 50.000 kata saat NaNoWriMo 2022, tapi cerita ini baru selesai tahun 2024 ini dengan total kata 85.750 kata.

Sebenarnya cerita ini selesai 25 Februari 2024, tapi saya lupa posting kemari.

Saya tidak percaya menuliskan cerita ini bisa sampai di titik ini. Juga saya tidak menyangka benar-benar menikmati setiap detik yang dihabiskan untuk mengetikkannya. Cerita ini benar-benar memperlihatkan banyak hal yang hanya dianggap sebagai ketidak mungkinan, ternyata mungkin jika memang ada niat serta usaha untuk mewujudkannya.

Mulai dari cerita ini yang akhirnya benar-benar saya ubah sepenuhnya plot serta jalan ceritanya.

Juga untuk pertama kalinya, saya membuat outline serta mencetaknya. Meski tidak yakin kalian akan mau melihat betapa leceknya bundelan ini saking saya bolak-balik dan sering berakhir ikut saya bawa tidur tanpa sadar. Apalagi saya tidak menyangka outline ini akan berakhir 18 halaman dan saat saya tuliskan bisa membuatnya menjadi cerita yang benar-benar banyak babnya.

Menyadari bahwa konsistensi menulis itu memang pada akhirnya adalah tentang niat dan usaha untuk melakukannya. Ada beberapa hari yang saya menulis bahkan tidak sampai 1 paragraf. Kemudian ada hari yang menghentikan menulis hanyalah keponakan yang mengamuk karena mengantuk menunggu saya untuk tidur bersamanya, tetapi tidak kunjung berhenti mengetik.

Meski cerita ini tidak mendapatkan banyak pembaca, saya tidak mempermasalahkannya. Karena akhirnya saya benar-benar merasa nyaman menulis cerita untuk diri sendiri. Sekaligus membuktikan kepada diri sendiri, menulis dengan berapa pun jumlah pembaca serta dukungan yang diberikan itu tidak apa-apa, selama menikmati semua prosesnya. Karena prinsip saya sejak dahulu tetaplah sama, suatu cerita yang ditulis dengan cinta akan menemukan pembacanya dengan caranya sendiri.

Justru saya berterima kasih kepada orang-orang yang memutuskan mebaca cerita ini hingga pada titik ini. Kalian benar-benar hebat mengikuti cerita ini yang berputar-putar kesana kemari dan sepanjang jalan kenangan ini. Terima kasih ya karena telah menemani perjalanan saya pada buku ini.

Kemudian, seperti Dramarama, cerita ini akan saya jadikan fanbook.

Namun, belajar dari pengalaman yang lalu untuk melewati proses editing serta penulisan yang lebih baik lagi sehingga tidak mengecewakan saat dibaca berulang kali. Saya tidak yakin ada yang mau memiliki versi lebih baik cerita ini, tapi nanti kalau saatnya tiba akan ditanyakan apakah mau memesan atau tidak. Lagipula cerita ini amat sangat banyak plot holes yang harus diperbaiki dan kemungkinan akan saya tulis ulang dari awal lagi.

Tenang, saya tidak akan memasang eskpetasi apa pun untuk membeli versi fanbook karena ini hanyalah proyek senang-senang. Jadi jangan dijadikan beban untuk harus membeli fanbook karena takut ceritanya akan menghilang. Lagipula versi ini tidak akan saya hapus dari Wattpad, sampai ada suatu hal yang mengharuskan untuk hilang dari pandangan kalian.

Meski sejujurnya, saya ragu jika masa itu akan tiba, hahaha.

Tapi, siapa yang tahu sih masa depan?

Seperti biasanya, saya akan bilang cerita yang ada di sini adalah draft pertama dan sudah terbiasa saya anggap jika itu adalah versi sampah serta berantakan dari yang diharapkan. Saya bukan menghujat cerita yang dibuat dengan susah payah, tapi itu realitasnya. Versi pertama kali adalah versi paling berantakan yang memiliki banyak kesalahan dan banyak hal yang bisa diperbaiki sehingga bisa mendapatkan hasil yang paling ideal versi saat itu.

Karena ideal hari ini dan bulan depan itu biasanya sudah berbeda.

Terima kasih karena sudah membaca cerita ini sampai di titik ini. Mengikuti dari awal atau baru datang pun, saya tetap akan mengucapkan terima kasih. Karena meluangkan waktu untuk berkomitmen membaca cerita seseorang hingga selesai itu membutuhkan usaha yang cukup besar dan saya amat sangat mengapresiasinya.

Sampai bertemu di postingan selanjutnya pada cerita ini (itu pun kalau ada).

Dengan sayang,
moonleav.

Shake You Down | Hwisan, Minsan & Haksan [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang