8.Mama

155 10 0
                                    

"Nares"
"Sama kaka gak boleh ya ngomong gitu,naren itu kakamu"  ucap wanita yg ternyata mamanya naren dan nares,ya astrid ternyata pulang sekian lama tak pernah pulang akhirnya hari ini dia pulang.

"Mama"  ucap naren dan nares secara kompak
"Nares,naren ini kakamu meskipun kalian kembar tapi tetap saja dia kakamu,gak boleh ngomong kasar gitu mama gak pernah ya ngajarin kalian buat kaya gitu"

"Udah ma,adek mungkin lagi baad mood mangkanya gitu,lagian ini salah aku,aku beliin adek bubur ayam tapi kacangnya banyak padahal kan adek gak suka kacang"

"Kamu selalu belain adekmu"

Nares pun berhenti makan dan meninggalkan meja makan.

"Nares mau kemana?mama belum selesai bicara"

"Ngomong sama kaka aja"  sahut nares

"Udah ma,jangan marahin adek terus"

"Nares emang keras kepala"

"Sayang muka kamu kok pucet gitu,badan kamu juga hangat,yg mana yg sakit nak sebelah mana?ayo kita kedokter"

"Naren gapapa ma,mama gak perlu khawatir ya"
"Jangan marahin adek naren lagi ya ma,naren takut adek pergi lagi"
"Naren gapapa kok" naren pun menunduk mukanya kelihatan murung.

"Naren kekamar dulu ya mah"

Astrid pun menyul anak bungsunya itu kekamarnya.

"Sayang"
"Maafin mama ya kalo tadi mama ngomongnya kenceng ke adek"
"Mama cuma pengen adek ngerti"

"Ngerti apa?ngerti kalo nares harus selalu ngalah ke kaka"
"Harus ngertiin kaka"
"Dari kecil nares emang dituntut buat dewasa sebelum waktunya kan,nares harus selalu ngalah,nares harus ngertiin kemauan kaka,karna kaka sering sakit,nares juga ngorbanin kebahagian nares demi kaka"

"Gak gitu sayang,maksut mama gak gitu"
"Nares kan sehat,nares bisa lakuin semua hal yg nares suka sedangkan kaka?kaka gak bisa sayang"

"Kakak sakit jantung mah,bukan lumpuh,dimana-mana kaka yg jagain adeknya bukan adek yg jaga kakaknya"

"Sayang" sambil mengusap kepala nares
"Dari kecil mana ngajarin kalian untuk saling menyayangi dan menjaga,maafin mama kalau mama salah ya,nares harus tau,kita cukup kehilangan papa jangan sampai kita kehilangan kaka"

"Kaka kaya gini juga bukan keinginan dia nak,tanpa nares sadari kaka juga berusaha jagain nares,merhatiin nares"

Nares hanya diam

"Mungkin ini terasa gak adil buat adek,mungkin adek juga kecewa ke mama dan papa,tapi adek harus tau mama sama papa sayang ke kalian,kaka juga sangat sayang ke adek,kalau penyakit kaka bisa ditukar pasti mama akan menggantikannya nak,supaya kalian bisa bahagia"

"Kakak itu sodara adek satu-satunya,kalau mama gak ada cuma kaka yg adek punya,jadi mama minta kalian harus saling menjaga terus,kalau adek masi belum bisa nerima kondisi kaka,tolong adek jangan kasar-kasar ke kaka"

"Mama cuma itu nak,mama akan berusaha bikin kaka sehat supaya adek nerima kaka"

Astrid langsung memeluk nares
"Mama sayang adek,sayang sekali"
"Tenangin diri adek dulu ya,mama akan kasih waktu untuk adek jauh lebih tenang"

Setelah menenangkan nares astrid langsung ke kamar rendra.

____________________

"Kaka batuknya sampe gitu,ayo mama anterin ke dokter"
"Gausah ma,minum obat nanti juga sembuh" rendra sambil memegangi dadanya yg terasa sakit karna batuknya yg semakin berat

730 Hari bersama NarendraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang