10.mama berpamitan.

136 10 1
                                    

Pagi ini hujan mengguyur kota bogor,tapi sudah sejak jam 4 rendra bangun,awalnya setelah sholat subuh dia ingin kembali tidur tapi dia mengurungkan niatnya.

Rumah masi terasa sepi belum ada aktifitas,nares juga masi tertidur tapi mamanya juga sudah terbangun.

Rendra pun mengetuk pintu kamar mamanya dan mamanya pun menyuruhnya untuk masuk.

"Udah bangun kak"
"Masi hujan,mama perginya agak nanti aja nungguin adek juga bangun"  lanjutnya

"Hati-hati ya ma,rendra cuma bisa berdoa supaya mama terus sehat,jangan capek-capek ya ma"

"Kamu memang paling perhatian ke mama" sambil mengusap rambut rendra

"Maafin mama ya,jarang ada waktu buat kalian,tapi ini semua mama lakuin demi kalian,supaya terus hidup enak,mama gak mau kalian kesusahan,dan mama lakuin ini juga demi papa,dari 0 papa bangun ini semua untuk kita,mama gak mau usaha papa sia-sia gitu aja"

"Rendra tau ma"
"Papa pasti juga bangga banget sama mama"

"Kamu yg akur ya sama adek,kalo adek omongannya gak enak jangan dimasukin ke hati,kamu tau sendiri kan kak watak adek gimana,pelan-pelan mama yakin adek pasti berubah"
"Adek pasti bangga punya kaka yg sangat sabar kaya kamu kak"

"Hehe kaka udah kebal ma,lagian omelan adek kaya vitamin buat aku,lagian nyari adik modelan kaya gitu juga susah"

Astrid langsung memeluk rendra.
"Mama sayang sekali sama kamu nak,kamu sehat-sehat ya jangan pernah ninggalin mama kaya papamu ninggalin mama"

"Mana mungkin rendra ninggalin mama sama adek,nanti janda satu ini sama anak yatim itu kesepian tanpa aku hehe"
"Bercanda ma"

"Kak"
"Mama mau tanya"
"Tanya apa ma?"

"Misalnya kalau mama nikah lagi gimana kak?apa kaka sama adek setuju?"

Sejenak suasana hening

"Kaka gak setuju ya?"

"Bukannya gak setuju ma"
"Apa kaka sama adek masi kurang buat mama saat ini?"
"Apa hidup mama masi terasa sepi sejak papa pergi"

"Gak gitu nak"
"Anak dan pasangan itu berbeda,mama bahagia punya kaka dan adek,tapi disisi lain mama juga butuh orang buat dengerin cerita mama yg gk semua cerita bisa mama ceritain ke kalian"

"Rendra ngerti ma"
"Meskipun rendra ngerasa udah cukup mama ada dihidup rendra,tapi rendra juga gak mau egois,kalo memang mama nanti mau menikah lagi insya allah rendra bakal berusaha ikhlas ma"

"Makasih ya nak,mama cuma iseng nanya gitu,ternyata respon kaka dewasa banget"

"Berjalannya waktu rendra sama adek kan tambah dewasa ma,nantinya juga bakal menikah dan memulai hidup baru,rendra juga gak mau mama sendiri,pasti papa juga gak mau lihat mama kesepian"

___________________________________

Jam menunjukan pukul 3 sore astrid pun sudah siap untuk keluar kota untuk bekerja lagi.

"Kakak adek dirumah yg akur ya,mama janji kalo ada waktu senggang bakal sering pulang"

"Adek jagain kakaknya ya,jangan sampai kakak kecapean"

"Dimana-mana kakak yg jagain adek,bukan adek yg jagain kakak" gerutu nares

"Tenang aja ma,sekarang rendra yg bakal jagain adek,bukan adek yg jagain rendra"

730 Hari bersama NarendraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang