Bab 84 : Jalan Sempit

8 0 0
                                    

Baru pada malam hari, panasnya musim panas mereda. Mereka makan malam di halaman, di bawah naungan pohon begonia. Bulan baru mengintip dari balik sudut atap, dan bintang-bintang yang tersebar di latar belakang langit biru tua itu tampak seperti sungai, pemandangan itu sendiri sudah cukup untuk membuat orang merasa nyaman. Di halaman, tergantung beberapa kantong obat yang dirancang untuk mengusir nyamuk, dan angin malam membawa aroma herbal yang samar. Bahkan panas dari anggur pun dihilangkan dengan buah-buahan segar yang telah dicuci dengan air sumur.

Kecuali Xue Qinglan, yang dipaksa makan banyak makanan oleh Wen Heng, dia dan Fan Yang hampir tidak menyentuh makanannya, hanya minum perlahan. Ini bukan pertama kalinya mereka bertiga makan bersama. Mereka akrab satu sama lain, namun menyimpan pemikiran yang berbeda tentang satu sama lain dan takut mengungkapkannya, sehingga membuat acara makan bersama mereka menjadi sangat harmonis.

Meskipun jumlah anggur terkenal di Kota Zhan Chuan tidak sebanyak yang ada di Menara Jin Zhiyu Shang, kelezatan lokal berusia sepuluh tahun "Qiong Su" cukup nikmat. Xue Qinglan merasa sedikit mabuk setelah meminum setengah kendi, tetapi Wen Heng ternyata mampu menahan mabuknya dengan baik, matanya tetap cerah dan bersemangat bahkan setelah dia menghabiskan seluruh kendi.

Anggur itu sudah sampai ke kepala Fan Yang. Dia memegang cangkirnya di satu tangan, dan merangkul Wen Heng dengan tangannya yang lain, sambil mengoceh: "Aku seharusnya tidak boleh melangkahi posisiku, tapi dari semua orang di istana, Gongzi hanya menyisakan aku, jadi ada beberapa hal yang jika aku katakan, mungkin tidak ada yang akan mengingatnya. Gongzi hari ini telah mencapai kesuksesan besar dalam seni bela diri, dan dia bahkan telah menjadi panatua dari Sekte Chun Jun. Hari-hari yang sulit akhirnya telah berakhir, dan kau harus lebih memikirkan pernikahanmu, menetap lebih awal, dan melanjutkan garis keturunan, ini juga akan membuat hati Wangye dan Wangfei merasa nyaman."

Xue Qinglan menyesap anggurnya tanpa ekspresi, seolah-olah dia tidak mendengarnya. Wen Heng meliriknya, tersenyum, lalu menoleh ke Fan Yang dan berkata, "Lihat dirimu, seseorang yang bahkan belum sadar akan hal ini. Fan Zong kita bahkan memiliki tinggi tujuh chi, pria yang dapat mengangkat langit, dan juga perhatian serta seseorang yang tahu cara merawat orang lain. Kenapa aku belum pernah melihat mak comblang datang ke Biro untuk mengatur pernikahanmu?"

(T/N : 尺 : Chǐ — Satuan ukuran panjang Cina. 1 chi = 33 ⅓ cm.
• 媒人 : MéiRén — Mak Comblang memainkan peran perjodohan dalam pernikahan di China. Pernikahan di Tiongkok kuno selalu harus melalui Mak Comblang, bahkan jika keduanya saling jatuh cinta. Mak Comblang juga akan memainkan peran sebagai perantara dari saat melamar pernikahan, hingga pertunangan, mediasi, mengucapkan kata-kata keberuntungan, mendoakan kebahagiaan sampai akhir pernikahan, semua itu mewajibkan Mak Comblang)

Fan Yang tersedak anggurnya dan buru-buru melambaikan tangannya: "Gongzi, berhentilah mengolok-olokku. Aku orang yang kasar, yang mencari nafkah dengan memukul dan membunuh. Wanita mana yang terpikir untuk membuat masalah bagi dirinya sendiri dan bersikeras ingin menanggung penderitaan ini untuk menikah denganku? Lebih nyaman menjadi lajang."

Wen Heng merasakan kekecewaan dari pihak Ayah. Dia menunjuk ke arahnya, dan menguliahinya: "Kau telah menjadi ketua biro selama bertahun-tahun, namun kau masih berbicara tentang perselisihan dan penderitaan di setiap tarikan napas, tidak heran tidak ada seorang pun yang menginginkanmu. Dengan karakter seperti ini, kau berani mendesakku? Tanyakan saja pada Xue Hufa, pada tahun itu di Gunung Yue Ying, aku telah merayunya secara menyeluruh hanya dengan buah kastanye sehingga dia tidak bisa melepaskanku lagi, dan sejak itu menaruh hatinya padaku tanpa bisa diselamatkan lagi?"

Fan Yang tiba-tiba terbatuk: "Uhuk, uhuk, uhuk..."

Xue Qinglan hampir menjatuhkan cangkirnya. Bukan karena dia malu karena diolok-olok, dia hanya tidak pernah berharap bahwa Wen Heng membandingkan persahabatan mereka dengan urusan pernikahan, dan lebih jauh lagi, dia berbicara begitu lugas di depan Fan Yang. Pada saat itu, jantungnya hampir melompat keluar dari tenggorokannya, dia buru-buru berteriak, "Heng Ge!"

Pedang Angin Musim SemiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang