"Kau bertarung melawan pencuri pedang?"
Di dalam Aula Song Feng, Wen Heng berlutut sendirian di lantai. Qin Ling, yang duduk tegak, mengerutkan kening, dan bertanya dengan ragu, "Di larut malam kenapa kau tidak tidur, tapi malah lari ke area terlarang di belakang gunung?"
"Tolong izinkan aku melaporkan apa yang terjdi padaku malam itu, Shifu." Wen Heng menjawab dengan tenang. "Murid ini selalu membuat makanannya sendiri. Malam itu, aku pergi ke hutan untuk mengumpulkan kacang kastanye, tetapi kebetulan aku bertemu seseorang yang masuk tanpa izin ke area terlarang. Murid ini tidak memiliki keterampilan seni bela diri, dan tidak dapat bersembunyi dari mata dan telinga pria itu. setelah kami saling bertukar pukulan, pencuri itu menjatuhkanku dari gunung, dan aku kehilangan kesadaran. Aku pasti sudah masuk ke dalam hutan sebelum akhirnya pingsan. Qinglan Shidi–lah yang menemukan murid ini. Hanya karena dialah, murid ini dapat kembali menemui Shifu hari ini untuk menjelaskan bahwa aku dituduh secara salah."
Qin Ling tidak mempercayainya. Dia lanjut bertanya, "Karena orang itu ingin membunuhmu, kenapa dia harus bersusah payah mengambil sarung pedangmu?"
Wen Heng menundukkan kepalanya dan berpikir sejenak, lalu berkata, "Murid ini pingsan setelah pertarungan kami, jadi aku tidak tahu apa pun yang terjadi setelahnya. Aku hanya tahu tentang sarung pedang itu ketika diberitahu. Tapi jika murid ini bisa menebak, mungkin orang itu melakukannya dengan sengaja untuk menjebak murid ini, membuat Pemimpin Sekte dan Shifu mencurigaiku sehingga dia punya waktu untuk melarikan diri."
Kecurigaan terlihat di wajah Qin Ling. Dengan suara dingin dia berkata, "Kata-katamu lancar. Bahkan belum setengah shichen sejak kau diselamatkan, tetapi kau menjawab sealami air mengalir, seolah-olah kau sudah menyiapkan naskahnya. Bukankah ini seperti pencuri yang berteriak 'tangkap pencurinya'?"
Wen Heng berkata dengan tenang: "Shifu seharusnya memahami, jika murid ini ingin mencuri Pedang Chun Jun, aku tidak akan membawa pedangku sama sekali. Lebih jauh lagi, aku pasti tahu bahwa aku telah menjatuhkan sarung pedangku, dan karenanya tidak akan kembali seperti sekarang. Murid ini hanya mendengar bahwa sarung pedangku ditemukan di luar paviliun pedang, tetapi tidak ada detail pastinya. Jika aku boleh bertanya, Shifu, apakah ada perkelahian malam itu di paviliun pedang? Dan dalam pertarungan itu, apakah sarung pedangnya ada yang hancur? Dua malam yang lalu, seseorang mematahkan sarung pedangku dan bekasnya sangat jelas. Jika kau memeriksanya sendiri dengan cermat, kau akan mengetahuinya."
Qin Ling terdiam ketika dia mendengar kata-kata itu, seolah-olah dia mengatakan yang sebenarnya. Wen Heng menambahkan: "Alasan kenapa masalah ini sangat aneh adalah karena ada kebetulan. Jika pencuri itu membunuh seorang murid yang mengetahui seni bela diri, menyembunyikan tubuhnya, dan kemudian dengan sengaja melemparkan sarung pedangnya ke paviliun pedang, upayanya untuk menjebakku akan berhasil. Jika sekte kita tidak dapat menentukan dari mana sarung pedangnya berasal, dan secara paksa menahan tamu dari berbagai sekte untuk tetap tinggal, kita akan mendapatkan kemarahan semua orang. Pada akhirnya di bawah tekanan, kita harus melepaskan mereka. Pencuri pedang sejati akan menggunakan kesempatan ini untuk memancing di perairan yang bermasalah dan melarikan diri."
(T/N : 浑水摸鱼 : Húnshuǐmōyú — Ini adalah metafora yang berarti mengambil keuntungan dari kekacauan internal musuh, menggunakan ketidaktahuan dan kurangnya ketegasan untuk membuatnya patuh)
"Tapi yang dia temui malam itu adalah aku. Murid ini tidak bisa seni bela diri, dan tidak memiliki kemampuan untuk mencuri pedang sama sekali. Lebih jauh lagi, Qi Sejati kecil di dalam tubuhku mampu melindungiku sehingga aku bisa melarikan diri. Untungnya, aku tidak terbunuh. Dengan cara ini, aku secara kebetulan mengungkap skema ini."
Analisis Wen Heng menyatukan semua benang merah dengan cara yang masuk akal dan logis. Qin Ling memikirkannya sejenak, dan karena tidak menemukan ada yang salah dengan hal itu, dia akhirnya mengendurkan alisnya dan menghela napas: "Aku tahu latar belakangmu dengan yang baik daripada orang lain. Kau telah berada di Sekte Chun Jun selama tiga tahun, dan perilaku pribadimu yang superior juga telah dilihat semua orang. Aku percaya bahwa kau bukan tipe orang yang memiliki motif jahat. Dalam hal ini, kau benar-benar dituduh secara salah."