!

8.9K 1.1K 395
                                    

Budayakan membaca terlebih dahulu!

Mina hanya ingin menyampaikan sedikit pemberitahuan, atau unek unek mina... :)

Jeallove berencana akan mina Novelkan, nah... sebagai pembaca/ yang berniat membeli novelnya nanti tolong ya dengan sangat, baca terlebih dulu instruksi yang telah di tuliskan...

Rasanya mina itu lelah menghadapi beberapa orang yang sama sekali tidak membaca informasi yang telah di tuliskan...

Berkaca pada proses penerbitan ULUT... rasanya itu gmn ya.. mau marah di bilang author arogan.. ga marah tapi dia keterlaluan...

Sudah mina tekankan ya.. dan harap besok juga di laksanakan JIKA memang Jeallove jadi di novelkan..

Tolong dengan sangat... pesanlah dengan sopan! andalah yang menginginkan dan butuh karya saya! Tapi seakan akan menginjak harga diri saya!

Berbagai macam kelakuan orang yang gw temui... gw ga masalah kalian ga beli atau apapun itu.. TAPI SOPANLAH!!! hanya itu... nanya nanya boleh tapi SOPANLAH!

Mungkin kalian pada bilang.. "lah lu kan jual novel... terima aja donk ya.."

Dan jawaban gw tentu "dan lo juga sangat membutuhkan novel gw.. karya gw... jd sopanlah!"

Banyak kok yang pesan dengan amat sangat sopan bahkan mina sampai segan...

Tapi banyak juga yang pesan seakan akan dia itu ga pernah di didik atau dikenalin dengan kata sopan..

Sebagai contoh yg mesan ULUT kemarin ya...

"Novelnya ada ga? Gw pesan!" (Udah jelas caranya di tuliskan di sana)

"Kurang dikit donk harganya... masa sedikit aja kurang ga bisa... mau beli nih." (Kurang satu orang... berarti harus adil kurangin yg lain... gw ga mau ga adil)

"Ada bonusnya ga? Postcard mungkin? Poster? Kalau ga ada gw ga jadi beli! Kasih donk... yg lain aja ngasih" (Gw jual karya bukan jual merchandise)

"Kenapa ongkirnya mahal... kurangin... kenapa mahal banget sih.. pake ini ga mahal... pake itu ga mahal.. kenapa ga jual di toko aja biar ga pake ongkir2an." (Pindah aja ke samping rumah gw.. ga pake ongkir plus dapat cap bibir dari gw)

Itu sebagian gaya orang2 yg ga sopan ... ini mina tulis yg biasanya saja.. mina ga mau nulis yg KURANG AJARnya... takut ntar dia jd sadar dan pas mati masuk surga.. wkwkwkw...

namun kbanyakan orang2 yg ga sopan itu UJUNG UJUNGNYA GA JADI BELI... belagu.. sombong sana sini... UJUNG UJUNGNYA GA JDI BELI...udah marah marah.. udah banding bandingin dengan novel lain... UJUNG UJUNGNYA GA JADI BELI...wkwkkwwk...

gw ga masalah.. kalian tanya tanya terus ga jadi beli...ASAL SOPAN

gw ga masalah... kalian udah pesan terus ga jadi bayar... ASAL SOPAN

gw ga masalah kalian ga beli novel gw... ASAL SOPAN

Kalian merasa ada yang berubah ga dengan gw sekarang? Gw lebih banyak diam. Banyak tenang. Ga balas komenan kalian lagi... karna ya itu... banyak yang GA SOPAN..

gw tau gw galak.. gw blak blakan.. gw terlihat arogan... tapi gw menjunjung kesopanan.. kalo lu sopan gw bakal sopan juga...

Untung ULUT gw terbitin jd novel... jd bnyak pelajaran yang bakal gw ambil dari sana... dan gw bakal novelin seluruh... SELURUH karya gw.. DIBELI ATAU TIDAK... gw akan mempatenkannya dengan menovelkannya walau gw cetak hanya satu untuk diri gw sendiri... jadi ntar jangan pada nanya lagi ya... gw hanya butuh ISBN nya biar ada dasar hukumnya... kalau kalian mau.. gw cetakin.. kalau ndak gw ga apa apa... gw bakal cetak buat gw sendiri dan sahabat gw...

banyak dari pembaca gw yang berhenti baca dan dukung karya gw karna gw nerbitin novel... mereka ga suka... bilang kalau gw ga mikirin readers dengan menovelkan karya gw...

Padahal ULUT udah gw tamatin sejak februari 2017.. dan gw baru novelin bulan Oktober 2017 .. apa gw salah jika gw naik tingkat?

Lalu bagaimana dengn penulis yang lainnya? Kenapa mereka bisa menovelkan bukunya tapi gw tidak?

Bahkan ada yang langsung bilang gini "gw marah sama lu mina karna akan menovelkan Jeallove... gw lebih suka baca wattpad.. padahal gw selalu mendukung lu apapun keadaan lu.. tapi ternyata lu ga mikirin hati gw sama sekali.. mulai sekarang gw akan unfollow lu..."

Gw hanya balas dengan kata makasih... karna apa? Jika ia mendukung gw.. pasti dia mendukung gw untuk mencapai bintang atau apapun keputusan gw yang bikin gw bahagia dan juga.. uname wattpadnya itu jarang dan hampir tidak pernah gw lihat komen atau vote di karya gw (udah gw bilang... gw hapal siapa yang vote dan komen cerita gw).. pas gw lihat aktivitasnya... dan ternyata ia sama sekali ga pernah vote atau komen cerita gw... hanya 3 kali aktifitas yang berhubungan dengan akun SugaMinNa...

Yg pertama dia vote ULUT bulan desember 2016.. yg kedua dia komen Jeallove bulan Juli dan ketiga dia komen unek2 seperti di atas bulan November...

Itukah yang namanya mendukung gw?

Hahhaha.... gw jadi harus banyak tertawa...

Gw tau.. karya gw biasa aja.. dari awal dulu gw selalu bilang begitu... makanya.. gw hanya ingin berurusan dengan siapa yang suka sama karya biasa gw ini aja..

Ada juga yang nulis di dinding akun gw dengan kata kata seperti ini "hei.. jangan belagu.. karya kaya karya lo itu udah pasaran.. jangan merasa di atas.." nah pas gw lihat akunnya dia aja ga follow dan baca cerita gw? Dari mana dia tau gw belagu dan cerita gw biasa biasa saja? Gw ga ngerti lagi...

Sejak dulu gw tekankan... JIKA MEMANG GA SUKA SAMA GW DAN KARYA BIASA GW.. HARAP TINGGALKAN.. jangan bilang ga suka tpi jd silent readers... gw tau kok banyak yg kaya gini... bilang ini itu lah yang menjatuhkan gw.. tapi pas gw update kalian yang duluan buka dan baca sambil deg deg an... itu namanya yang ga suka?

Gw tau ini dunia.. sampai kiamat pun akan sepeti ini perputaran alurnya..

Jd mengeluarkan unek unek sekali kali boleh lah.. biar gw bisa merangkak lagi..:)

Gw menerima ada beberapa orang yg unfoll gw dan meninggalkan cerita gw. Namun gw yakin akan banyak yang datang yang mendukung gw.. terima kasih pada semua yang udah mencintai, mengagumi, menyayangi, menunggui gw dan karya gw.. tanpa kalian semua gw ga akan bisa berada di posisi ini.. Love you :*

.

.

Di antara kalian yg pembaca Jeallove juga pasti ada yang mesan novel ULUT...

Gw hanya kasih pemberitahuan...
ULUT itu 32 chapter di Wattpad... dan di novel jadi 27 chapter setelah di edit... ada beberap chapter yang gw gabungin.. isinya tetap sama... dan itu jdnya lebih kurang 500 halaman..

Gw juga mikirin pembeli.. bahkan bnyk yang gw suruh ga beli jika ongkirnya mahal...

Jd tolong lah.. kita disini saling membutuhkan... bukan gw aja.. tapi kalian juga.. gw udah tekankan.. YANG MAU BELI AJA YANG BERURUSAN... YANG GA MAU BELI DIAM AJA GA USAH NGERUSUH.. GW SAMA SEKALI GA MAKSA.

Proses penerbitan itu ga seperti lu comot buku di toko buku aja... tapi susah dan butuh waktu lama 1-2 bulan setelah PO selesai sampai buku itu benar2 jadi.. harap maklum ya...

Gw harap para pembaca wattpad khususnya pembaca karya mina.. dewasalah sayang... sopanlah... dan berpikiran terbukalah... jangan hidup dengan pemikiran dangkal... itu sia sia...

.

.

gw akan ubah metoda saat PO jeallove nanti...

Yang sama sekali ga ngikutin instruksi bakal ga dapat Novelnya.. ga akan ada toleransi apapun lagi... dan bagi yang udah sopan.. terima kasih.. kalian penyejuk diantara para cicunguk :)

BUDAYAKAN MEMBACA!!!!

.

.

Oh ya.. yang merasa tersinggung dengan isi chapter ini, jangan marah.. atau ga baca cerita gw lagi.. atau baca cerita gw tapi jd silent readers... jangan.. jangan seperti itu...

Kali ini gw hanya mengeluarkan unek unek... bukan melarang kalian membaca...

Okeh ^^

2. JEALLOVE (PART 1, 2 & 3) - Min YOONGITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang