Part 1: Upacara

14.8K 490 24
                                    

Apa yang malas dilakukan seorang siswa SMA yang anti pati sama matahari saat hari senin dan sangat dihindari?

Upacara tentu saja akan menempati urutan pertama, yang kedua pidhato pembina upacara, lalu ulangan dadakan, dan disusul dengan beberapa list guru killer versi murid jaman now. Begitu pula dengan murid di sebuah SMA terfavorit bernama SMA Kasih Bunda.

Eh kagak!

Bukan Kasih Bunda, dikirain yayasan sosial dong entar.

Namanya SMA Nakula. Iya Nakula, saudara kembarnya Sadewa.

Tapi nih ya.. meski enggan melakukan upacara yang isinya itu-itu aja, mereka dengan teramat sangat terpaksa harus melakukannya. Alasannya simple, takut kecyduk kalo nongkrong di kantin atau nyungsep di dalem kelas. Dan jangan lupa takut sama ancaman mematikan disuruh jalan jongkok mundur sama waka kesiswaan.

Sebenarnya bukan upacara yang bikin males. Tapi mataharinya itu loh tolong dikondisikan, sama itu si pembina upacara ngomongnya bisa diringkes gak? Kalo bisa teks nya difotocopy aja ntar dibagiin tiap kelas.

Tapi. Diantara ratusan peserta upacara yang mukanya udah kayak kerikil kali disiram bimoli, ada satu yang menarik perhatian. Yakni keberadaan seorang gadis cantik berkulit putih pucat yang berdiri dibarisan paling belakang. Gadis itu berkali-kali menyeka keringat di dahinya sambil sesekali mengeluh panas.

"Nih matahari kagak peka amat, udah tau lagi upacara malah nerik banget lagi." Gerutu gadis bernama Vindy Azalea itu.

"Matahari cuma satu aja ngeluh, apalagi sepuluh."

Suara cowok disampingnya membuat gadis cantik yang kini kulitnya memerah terkena sengatan matahari itu menoleh.

Tadi ia memilih barisan paling belakang sendiri agar terhindar dari matahari. Dan sepertinya tadi dia sendirian, trus nih makhluk ganteng muncul dari mana?

"Lo ngapain disini? Kelas lo disono noh!" Ketus Vindy menunjuk barisan kelas yang jauh darinya.

Pemuda yang tak lain adalah Angga Abdi Valentino itu memasang cengiran tak berdosanya. Gayanya yang memang terkenal awut-awutan kerap kali menjadi umpan manis untuk pengisian buku skor pelanggaran.

Ini hari senin, hari dimana para murid mulai melakukan pencitraan dengan cara melengkapi atribut sekolah dan bersikap semanis gulaku didepan guru. Tapi sepertinya Angga sama sekali bodo amat dengan hal itu.

Cowok itu jelas baru saja melompat dari pagar dan langsung nimbrung dibarisan Vindy yang paling dekat dengan tembok. Terlihat sekali seragamnya yang berantakan, pake dasi aja yang penting ngiket leher, sepatunya adidas merah padahal setiap senin harus pake sepatu dominan hitam, dan Vindy yakin topi yang dikenakan Angga pasti juga bukan miliknya.

"Nemu dimana tuh topi?"

Angga melirik sekilas topi yang ia pakai sebelum kembali menyajikan senyum bodoh diwajah tampannya. Untung ganteng Ngga!

"Mungut tadi dijalan." Jawabnya santai.

Vindy menghembuskan nafasnya kasar memilih fokus ke depan. Ia yakin topi itu bukan hasil dari 'mungut dijalan', tapu Angga seenak jidat mengambilnya dari adik kelas saat berjalan kemari. Memang bangsat kelakuan cowok itu.

"Yang.. masih lama gak sih?"

Belum juga semenit Angga berdiri disamping Vindy, tapi cowok itu sudah menanyakan masih lama? Hell! Niat sekolah kagak sih bang?!

"Masih. Ngapa? Mau cabut lo?"

Sontak Angga langsung menggelengkan kepalanya berkali-kali layaknya hiasan dashbor yang dijual di lampu merah.

Sakura✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang