Penerbangan 01

53.7K 4K 113
                                    

Semua informasi yang author peroleh ini bersumber dari Google, apabila salah satu dari pembaca adalah seorang pilot atau pramugari atau yang lebih mengenal tentang dunia penerbangan mohon koreksinya bila ada kesalahan. Sama-sama belajar ya bossque.

Baca nopel bukan cuman buat heppi-heppi tapi ladang bagi ilmu dengan cara heppi eaa.

✈️✈️✈️

Hanya sekian persen wanita mau menjadi pilot namun tak menolak bila cowoknya seorang pilot.
-Thor-

✈️✈️✈️

Bandara adalah rumah kedua bagi seorang Islean Djohan yang notabene seorang pilot. Pada tahun 2014 ia dinobatkan sebagai pilot wanita termuda di Indonesia yang kala itu baru menginjak 23 dan resmi menjadi co-pilot maskapai milik Indonesia itu.

Banyak dari antara kita yang suka bingung apa bedanya pilot, co-pilot, dan kapten dalam dunia penerbangan. Singkatnya seperti ini pilot adalah pekerjaannya, sedangkan kapten dan co-pilot adalah tingkatan karir.

Kapten bila diibarat negara maka ia adalah presidennya, sedangkan co-pilot diibaratkan sebagai wakilnya. Maka tidak heran kalau Islean sering dihubungi pihak media untuk berbagi cerita tentang prestasinya yang termasuk jarang itu.

Sebenarnya tak pernah terlintas di benak seorang Islean untuk menjadi pilot, dia malah berkeinginan menjadi jurnalis sampai ayahnya menawarkan beasiswa sekolah pilot dan Islean tipikal anak yang suka mencoba peruntungan akhirnya ia mencobanya. Bermula dari iseng-iseng berhadiah, Islean malah mendapatkan beasiswa.

Sempat dilanda bingung karena harus memilih antara mengambil beasiswa sebagai mahasiswa ilmu komunikasi atau beasiswa sekolah pilot, namun akhirnya Islean memilih untuk menjadi seorang pilot daripada jurnalis.

Bukan tanpa alasan ia memilih beasiswa sekolah pilot, ia merasa jiwanya terpanggil untuk menjadi penerbang pesawat itu. Pengetahuannya akan dunia penerbangan tergolong cukup banyak karena ayahnya seorang pilot dan kakaknya tengah menjalani pendidikan di sekolah pilot.
Jurnalis hanya ketertarikannya tapi pilot adalah panggilannya.

Dengan syarat fisik yang telah terpenuhi, Islean akhirnya belajar menjadi seorang pilot. Memiliki tinggi minimal 160 cm, tidak buta warna, tidak ada riwayat penyakit jantung, epilepsi atau penyakit lainnya, tidak menggunakan narkoba, dan syarat utamanya adalah mampu berbahasa Inggris. Bahasa Inggris dalam dunia penerbangan adalah hal yang multak karena merupakan bahasa komunikasi internasional sehingga bisa digunakan di berbagai negara, lebih bagus lagi kalau bisa bahasa asing yang lain.

Buta warna adalah hal yang paling pantang dalam dunia penerbangan. Seorang pilot harus memiliki penglihatan yang baik dan tidak boleh buta warna karena beberapa kode dunia penerbangan dibedakan dengan warna. Selebihnya bisa dikonsultasi di balai kesehatan penerbangan.

Syarat yang dibebankan memang berat karena pilot membawa penumpang ke berbagai belahan dunia di udara yang resikonya besar karena taruhannya adalah nyawa seluruh penumpang termasuk dirinya sendiri. Bila tidak ketat, berapa banyak pilot yang ugal-ugalan di udara nanti?

Islean tahu hanya sekian persen wanita mau menjadi pilot namun tak menolak bila cowoknya seorang pilot. Pekerjaan pilot ini memang keren di mata masyarakat, bisa mengendarai mobil atau motor itu hal yang biasa namun bisa mengendarai pesawat? Tidak semua orang bisa.

Maka sedikit berbangga hatilah Islean karena bisa menjadi wanita dengan profesi sekece pilot. Wanita jadi pramugari sudah biasa, tapi jadi pilot merupakan suatu prestasi tersendiri.

Menjadi pramugari juga bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika harus melayani orang-orang yang belum pernah naik pesawat dan baru menggunakan fasilitas kamar kecil di pesawat. Mereka harus dengan sabar dan telaten sambil tetap tersenyum ramah untuk melayani penumpang.

PRIDETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang