11. Disebut Tarawih Berarti Istirahat, Apa Hubungannya?

5 1 0
                                    

Disebut Tarawih Berarti Istirahat, Apa Hubungannya?

Fri 27 June 2014
Pertanyaan : 
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Ustadz, saya mau bertanya sedikit tentang penyebutan istilah shalat tarawih. Kenapa disebut tarawih? Ada yang bilang makna tarawih itu adalah istirahat. Tetapi apa hubungannya antara shalat tarawih dengan istirahat? Ataukah ada makna yang lain selain istirahat?

Demikian pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan syukran jazakallahu ahsanal jaza'.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jawaban : 
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

A. Pengertian Tarawih

1. Bahasa

Benar sekali bahwa makna kata tarawih ini secara bahasa adalah istirahat. Dan tidak ada makna lain selain itu. Secara bahasa, kata tarawih (تراويح) adalah bentuk jama' dari bentuk tunggalnya, yaitu tarwihah (ترويحة).

Mari kita lihat dalam salah satu kamus standar bahasa Arab yang banyak digunakan para peneliti dan muhaqqiq, yaitu Kamus  Lisanul Arab.  Disana disebutkan  :

Tarawih pada asalnya adalah nama untuk duduk yang mutlak. Duduk yang dilakukan setelah menyelesaikan 4 rakaat shalat di malam bulan Ramadhan disebut tarwihah, karena orang-orang beristirahat setiap empat rakaat. [1]

2. Istilah

Secara syariah, Al-Imam An-Nawawi, sebagai salah satu mujtahid besar dalam sejarah ilmu fiqih, di dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa definisi shalat tarawih  adalah :

قِيَامُ شَهْرِ رَمَضَانَ مَثْنَى مَثْنَى عَلَى اخْتِلاَفٍ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ فِي عَدَدِ رَكَعَاتِهَا وَفِي غَيْرِ ذَلِكَ مِنْ مَسَائِلِهَ

Shalat sunnah yang hanya dilakukan pada malam bulan Ramadhan, dengan dua-dua rakaat, dimana para ulama berbeda pendapat tentang jumlahnya[2]

Para ulama sepakat bahwa di sela-sela rakaat tarawih disyariatkan duduk untuk istirahat. Bahkan nama tarawih itu sendiri diambilkan dari adanya pensyariatan untuk duduk istirahat. Dan para ulama menjelaskan bahwa duduk istirahat itu dilakukan pada tiap empat rakaat, meski pun shalat tarawih dilakukan dengan dua rakaat salam.

B. Hikmah Duduk Istirahat

Hikmah dari duduk istirahat ini tentu amat penting. Dan ada dua alasan kenapa disyariatkan untuk duduk istirahat. 

1. Berdiri Lama Karena Bacaan Cukup Panjang

Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih dilakukan dengan durasi yang lebih panjang dari umumnya shalat fardhu. Mengenai panjangnya berdiri ini umumnya para ulama sepakat, namun harus berapa lama memang agak sedikit berbeda.

Sebagian ulama, di antaranya mazhab Al-Hanafiyah menekankan bahwa setidak-tidaknya dalam shalat tarawih selama sebulan penuh bisa dikhatamkan 30 juz Al-Quran. Dan seorang imam jangan menguranginya karena kemalasan jamaah.

Untuk itu bila imam membaca kira-kira 10 ayat, maka dalam satu malam akan bisa dibaca 200 ayat. Dan kalau dikalikan 30 malam, jumlahnya kurang lebih 6.000 ayat. Dan jumlah ini sudah mendekati jumlah total ayat Al-Quran. 

Ada juga pendapat lain yang lebih berat, yaitu dalam sebulan mengkhatamkan Al-Quran sampai tiga kali. Dan pendapat ini sejalan dengan pendapat Umar bin Al-Khattab radhiyallahuanhu yang memerintahkan agar dalam sebulan bisa dikhatamkan tiga kali. 

ملخص الفقه الإسلامي {٢} - كتاب أحكام الصلاة ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang