Bab 31

35 15 0
                                    

Yoo Ah In berusia sembilan belas tahun ketika membunuh Min Young. Dalam waktu delapan bulan ia ditahan, diinterogasi, dihadapkan ke muka sidang, divonis, kemudian dikirim ke penjara. Meskipun ia sempat ditahan di luar dengan jaminan sebelum dijatuhi vonis, aku tidak begitu yakin selama tenggang waktu delapan bulan itu ia akan mengambil risiko membunuh orang lagi.

Itu berarti tindak kejahatan tersebut dilakukan sekitar dua puluh sampai dua puluh lima tahun yang lalu. Aku harus melacak lima sampai enam tahun dalam kehidupannya itu untuk menemukan hubungan antara dirinya dengan seseorang yang sudah mati dengan nama kecil Cha.

Sepertinya tidak masuk akal membayangkan kemungkinan Ah In pernah membunuh di usia tiga belas atau empat belas tahun. Atau masuk akal? Ia baru berumur empat belas ketika menyerang Jeong Seung Won secara keji.

Aku memperhitungkan dalam tahun-tahun itu ia berada di Arbinger, Massachusetts selama satu setengah tahun, dan setelah itu enam bulan di Bath Public School di Inggris, dua tahun di Carrington Academy di Maine, dan sekitar satu semester di Willow, perguruan tinggi yang tidak begitu jelas, dekat Buffalo. Keluarga Yoo memiliki rumah di Vail dan sebuah lagi di Palm Beach. Kurasa Ah In pernah mengunjungi tempat-tempat itu. Ia tentunya juga pernah mengikuti kursus-kursus singkat di luar negeri.

Ruang lingkup yang cukup luas untuk diliput. Aku butuh bantuan.

Cho Jin Woong pernah menjadi detektif Kantor Kejaksaan Daerah Westchester selama dua puluh lima tahun. Kalau ada yang dapat melacak tindak pembunuhan atas diri seseorang dengan nama depan sebagai pegangan, aku berani bertaruh dialah orangnya.

Untungnya, saat menelepon Jin Woong, aku bisa langsung berbicara dengannya, bukan dengan mesin penerima pesannya. Seperti dugaanku, ia pergi ke Colorado untuk menjemput istrinya. "Kami tinggal di sana selama beberapa hari, untuk melihat rumah," ujarnya menjelaskan. "Kurasa kami sudah menemukan satu."

Nada suaranya berubah. "Tadinya aku mau menceritakan padamu tentang cucuku, tapi itu bisa menunggu. Setahuku banyak yang terjadi sejak aku pergi."

"Aku tidak bisa menyangkal itu, Jin Woong. Bagaimana kalau kutraktir kau makan siang? Aku butuh sedikit nasihat."

"Nasihatnya gratis. Aku yang mentraktirmu makan siang."

Kami bertemu di The Depot Restaurant di Cold Spring. Di sana, sambil menikmati sandwich isi daging asap, selada, dan minum kopi, aku melaporkan padanya apa yang kualami selama seminggu itu.

Ia menyela beberapa kali dengan pertanyaan-pertanyaannya.

"Menurutmu, maksud kebakaran itu untuk menakut-nakutimu atau memang membunuhmu?"

"Kenyataannya aku lebih dari sekedar takut; aku tidak begitu yakin bisa keluar dari situ waktu itu."

"Oke. Dan kaubilang pihak kepolisian Oldham menduga kau sendiri yang menyulut api itu?"

"Opsir Lee sudah mengupayakan segalanya kecuali memborgolku."

"Sepupunya pernah bekerja di Kantor Kejaksaan ketika aku masih di sana. Dia sudah menjadi hakim sekarang, dan anggota klub yang sama dengan ayah Ah In. Secara terbuka, dia berpendapat Park Yoochun-lah yang bersalah atas kematian Min Young. Aku berani bertaruh gara-gara dialah Lee bersikap seperti itu padamu. Situsmu itu berdampak sangat provokatif terhadap mereka yang merasa dekat dengan keluarga Yoo."

Daddy's Little Girl ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang