aku ingin mengulangnya lagi dari awal pada saat kita bertemu.
***
ANYA BRITANNY
Binti
PRAM PRASETYOLahir : 03 - 04 - 2003
Wafat : 01 - 04 -2021"Mau sampe kapan lo di sini, Kra? Ini udah mau magrib." Laksa menatap sendu ke arah sahabatnya yang terduduk membeku. Kata - kata itu hampir ia lontarkan pada saat jam mulai berganti. Hanya mereka berdua yang tersisa di sini. Para sahabat dan Peziarah sudah mulai pergi dari sana satu persatu sejak petang tadi.
"Sampe Anya pulang," tuturnya tak berekpresi sama sekali. Hal itu membuat Laksa harus mengelap wajahnya kasar, ia menghembuskan nafasnya dengan sedikit geram.
"Jangan kayak gini dong lo, Kra. Liat situasinya. Sadar. Anya udah bener-bener pulang. Dia pasti sedih ngeliat lo kaya gini terus - terusan. Stop bertingkah sia - sia kayak gini." ujar Laksa spontan, seraya menatap matahari yang perlahan mulai tenggelam.
"Lo boleh pergi. Gue gak nyuruh lo ada di sini." Cakra lantas mengusirnya, membuat Laksa mengusap dadanya untuk bersabar.
"Bukannya gitu, gue udah pulang dari tadi kalo ga kasian ama lo sendiri di sini. Jangan sampe gue kudu panggil mak bapak lo buat dateng ke sini." ancamnya mencoba menakut - nakuti.
Cakra terkekeh pelan, "Gue gak takut."
"Hahaha ... Inget baik - baik ye, Mau lo nunggu ampe abad seribu tahun ke depan pun, Anya gak bakalan dateng terus nimbul ke atas tanah buat nengokin manusia bodoh kayak lo gini. Gak bakal. Ini takdir, Kra. Takdir! masa lo gak ngerti? Dunia udah gak kayak kemaren. Lo nyesel sekarang pun udah gak guna anjir." jelasnya seraya menatap ke arah Cakra tak percaya.
"Gue tau."
"Gue tau penyesalan gue sekarang gak guna. Gue tau sebarapa besar dosa yang udah gue perbuat sama dia. Gue tau sedalem dan sejauh mana gue udah nyakitin dia, gue tau, Lak ... tapi gue tetep gak bisa. Kenapa harus Anya? Bukan dia seharusnya. Gue bahkan belum pernah bikin dia bahagia. Hahaha ... karena yang gue bisa cuma nyakitin, nyakitin sama nyakitin. Bahkan untuk hidup pun keknya gue gak pantes, Lak. Dan sekarang gue nyesel, gue capek. Kenapa nasib gue harus kayak gini." Cakra menatap nisan itu sendu seraya mengusapnya pelan, air matanya pun tampak mulai meluruh kembali dengan sendirinya.
Laksa yang merasa semakin simpati pun mengusap - ngusap punggungnya untuk memberi ketenangan, "Gue tau ini gak mudah. Ini sulit buat kita semua. Tapi semuanya gak mungkin berjalan terus - terusan kayak gini. Lo gak boleh larut dalam kesedihan terus menerus. Idup lo gak boleh kayak gini. Anya juga pasti kecewa, Kra. Dia pasti gak tenang."
"Gue bener - bener nyesel, Lak." ujarnya pelan.
"Kalo lo tau kematian Anya sedeket ini, gue yakin lo gak bakal ngelakuin itu semua. Gue juga gak bakalan ikut - ikutan ngebully dia tadi siang. Embun juga gak bakalan ngejauhin dia sampe gak kuat jalan untuk sekedar ke pemakaman. Kita semua pasti gak bakalan kayak gitu tadi. Tapi ya gini. Ini namanya takdir, gak ada yang tau selain tuhan, Kra."
"Udah Adzan, ayo pulang." ajaknya kembali. Laksa merangkul bahunya seraya menepuk dadanya supaya lebih kuat. Membuat Cakra mau tau mau menganggukan kepalanya.
Cakra menatap nisan itu seraya tersenyum tipis, ia mendekatkan bibirnya ke arah nisan itu lalu mengecupnya sebentar, "Semoga lo tenang di sana, Nya. Maafin gue. Mungkin gue gak bisa bikin lo seneng dari kemaren, tapi gue janji. Gue bakal berubah demi lo. Semoga lo bahagia di sana. Gue sayang banget sama lo, Nya. Semoga lo dapet pangeran yang lebih sempurna dari gue di sana, Nya."
KAMU SEDANG MEMBACA
Cakrawala |REVISI|
Teen FictionIni kisah Cakrawala Pranadipta, manusia yang tak suka bercerita. Sedikit menggeser egonya, ia akan memulai berbagi tentang banyak penyesalannya. Sesal itu langka baginya, darah kotor sudah banyak yang tumpah diatas tangannya. Ia tidak menyesal, kare...