Glosarium

1.6K 83 25
                                    

Alpha : second-gender dengan ciri utama bersifat maskulin, karismatik, serta agresif. Jumlahnya hanya 10% dari populasi manusia, dan karena sifat mereka yang suka memimpin, menjadikannya kelompok yang banyak berkuasa. Umumnya dihormati karena mayoritas berasal dari keluarga terpandang, namun alpha dari kalangan rakyat jelata juga ditemukan (dan jenis ini tidak diperlakukan secara spesialbahkan sering dianggap tidak berguna). Alpha pria dan wanita sama-sama tidak bisa mengandung.

Omega : dikatakan sebagai pasangan alami bagi alpha, kelompok ini dapat dikenali lewat karakteristik yang cenderung feminin, berwelas asih dan sedikit manja. Sifat yang mudah disukai dan paras yang cantik menjadikan mereka laris di dunia hiburan. Omega juga sangat dihargai dan dilindungi oleh negara, jumlahnya yang tidak lebih dari 10% populasi menjadikan mereka rebutan para alpha. Meski demikian, masih tercatat sejumlah kekerasan dan pelecehan terhadap omega setiap tahunnya. Sperma omega tidak bisa membuahi.

Beta : kelompok yang sejatinya menjadi tiang utama keseimbangan dunia. Menurut survei, para pemimpin di segala bidang lebih suka mempekerjakan kalangan ini karena sifat mereka yang stabil, obyektif, gigih dan fokus. Menguasai 80% populasi tetapi kedudukannya yang dianggap tidak spesial masih menimbulkan sejumlah ketimpangan sosial.

Klan : sekelompok orang yang memiliki hubungan kekerabatan. Ada klan biasa dan bangsawan. Klan yang besar memiliki emblem (umumnya berupa bros) sebagai identitas. Pimpinan golongan ini kerap merupakan seorang alpha.

Feromon : aroma yang dihasilkan tubuh untuk berkomunikasi, menarik pasangan, mengintimidasi bahkan melindungi diri. Setiap orang memiliki aroma khas meski kekuatan feromon pada beta kurang signifikan dibanding pada alpha dan omega.

Kelenjar aroma (scent glands) : sepasang kelenjar penghasil feromon yang terdapat pada kiri-kanan tengkuk.

Scent-blocker : berguna menyembunyikan feromon. Tersedia dalam bentuk salep dan koyok yang diaplikasikan di tengkuk.

Heat : Masa paling subur seorang omega berupa siklus tiga bulan sekali yang dapat berlangsung selama tujuh hari, di mana tubuh berahi omega melepas feromon kuat untuk mengundang pasangan kawin. Umumnya dimulai pada umur ke-20. Pada masa ini, scent-blocker tidak lagi berguna.

Rut : Musim kawin seorang alpha. Juga terjadi tiap tiga bulan sekali namun hanya berlangsung selama 35 hari. Alpha yang tidak terlatih dapat kehilangan pikiran sadarnya selama rut sehingga membahayakan pasangan. Juga terjadi setelah mencapai umur ke-20.

Suppressant : Obat kimia yang menahan produksi hormon seksual sehingga ledakan feromon dan gejala lain yang terjadi saat heat/rut dapat ditekan hingga seminim mungkin. Berupa pil yang harus dikonsumsi tiga kali sehari mulai seminggu sebelum hingga heat/rut berakhir. Suppressant dosis tinggi berefek instan juga disiapkan dalam bentuk cairan suntik untuk dipakai pada situasi darurat.
(❗Obat ini berefek samping menimbulkan dehidrasi, kelelahan ekstrem, hilangnya nafsu makan, mual, sakit kepala hingga demam. Pemakai tetap perlu berada di bawah pengawasan selama heat/rut berlangsung.)

Heat/rut inducer : Berkebalikan dengan suppressant, obat ini meningkatkan produksi hormon seksual hingga penggunanya dapat langsung mencapai puncak heat/rut hanya dalam beberapa jam. Karena dapat disalahgunakan, inducer tidak mendapat izin pemasaran. Meski begitu obat ini masih bisa diperoleh melalui perdagangan ilegal.

Safehouse : Rumah peristirahatan dengan jasa cuci dan makan berteknologi scent-blocking tempat melalui masa rut/heat. Populer terutama di kalangan pengguna suppressant.

Partner rut/heat : "teman" seseorang dalam melewati musim kawin. Tersedia jasa profesionalnya, di mana menyewa partner yang sama untuk kedua kali tidak diperbolehkan.

Choker : Kalung ketat untuk melindungi tengkuk omega yang belum ditandai.

Claiming/marking : Pemberian tanda permanen berupa gigitan di tengkuk dekat kelenjar aroma. Lewat cara inilah pasangan alpha-omega saling mengikat jiwa raga. Ikatan batin yang kuat akan terjalin hingga tidak jarang seseorang dapat memahami perasaan dan sakit yang diderita pasangan mereka. Omega yang sudah memiliki claim mark tidak bisa berhubungan badan dengan alpha yang bukan pasangannya sebagai bentuk perlindungan alami dari gangguan alpha lain.

Mating : Proses kawin yang terjadi ketika salah satu maupun kedua individu sedang dalam fase heat/rut.

Mate : Pasangan alpha-omega yang sudah saling menandai.

Fated pair : Legenda tentang alpha dan omega yang digariskan untuk bersama. Konon keduanya akan langsung tertarik kepada satu sama lain sejak pandangan pertama dalam cinta yang abadi. Disebut sebagai legenda karena pasangan seperti ini hampir tidak pernah ditemukan lagi.

.

Catatan:

Yep, guys, ini cerita omegaverse. Di sini aku pakai beberapa istilah yang berhubungan jadi ada baiknya temen-temen baca sekilas yaa, karena mungkin ada sedikit hal yang aku tambah atau ubah dari yang pernah temen-temen temui.

Satu hal juga yang perlu dicatat adalah ini bakal panjang b a n g e t. Jaeyu-nya juga slow burn jadi silakan dibaca tanpa terburu-buru~🙇

Book ini aku kasih rating M karena adegan kekerasan yang terkandung. Tentang hal-hal berbau seksual, kalau ada pun pasti cuma aku tulis secara implisit yaa.

Dan thank youuu buat dukungannya! Sampai ketemu di prolog!!👋😆

3 September 2022,
M.H.

P.S.: Glosarium bisa di-update sewaktu-waktu kalau ada istilah baru yang ditambahkan selama penulisan cerita.

Pandora's Legacy [ Jaeyu ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang