Sesampainya dirumah Desi, aku berkenalan dengan ibu dan adik-adik Desi. Sedangkan ayah Desi masih bekerja dan pulangnya agak malam. Akupun meminta ijin untuk mendi karena tubuhku terasa sangat lengket.
Selesai membersihkan diri rupanya ayah Desi sudah pulang dan ibu Desi sedang menyiapkan makan malam dibantu Desi dan adik-adiknya.
“Sini May, makan dulu maaf ya seadanya”
“Harusnya Maya yang berterimakasih sudah diijinkan menginap”
“Nak Maya ndak usah sungkan, Desi memang sering mengajak teman-teman wanitanya menginap dirumah” Ucap ayah Desi dengan ramahPandanganku terfokus ke ibu Desi yang membawa sepiring nasi lengkap dengan lauk dan juga segelas air putih ke arah belakang.
“Kenapa ngalamun May? Gak enak ya makanannya?”
“Enak kok Des, ini lebih dari enak biasanya ibu masak lebih sederhana dari ini”Kami menghabiskan makanan kami tanpa ada obrolan dimeja makan. Setelahnya aku membantu Desi membereskan meja makan dan mencuci piringnya. Walaupun Desi dan ibunya melarang aku membantu tapi aku tetap kekeh ya bagaimana pun mereka sudah sangat baik padaku.
Saat aku pamit untuk tidur lebih dulu tiba-tiba ayah Desi yang sedang duduk diruang tamu dengan sebatang rokok ditangannya serta segelas kopi hitam yang sesekali ia sruput memanggilku.
“Nak Maya, boleh bapak bicara sebentar?”
“Boleh pak” Aku duduk berhadapan dengan ayah Desi begitu juga Desi yang langsung mengambil posisi duduk disebelahku.
“Simbah ingin bertemu dengan nak Maya?”Simbah? Siapa simbah? Dan kenapa beliau ingin bertemu denganku. Seolah membaca kepanikanku Desi memegang pundakku.
“Gak usah takut May, aku lupa cerita ke kamu kalau aku masih punya simbah kakung dari bapak. Tapi karena simbah sudah sepuh dan sakit-sakitan makanya simbah Cuma bisa berbaring dikasur. Bahkan untuk makan saja kami yang harus mengantar makanan kekamar simbah”Pertanyaanku tadi terjawab, nasi yang ibu Desi bawa tadi rupanya untuk simbah.
“Mari ibu antar”
“Bisakah Desi ikut buk?” Tanyaku sedikit ragu, Ibu Desi tersenyum seolah tau keraguanku. Dan Desi beranjak dari duduknya dan berjalan bersamaku kekamar simbah.Ibu Desi membuka kamar simbah, dan aku bisa melihat tubuh renta manusia dengan kulit kendur seta nafas yang terengah-engah tengah terbaring diatas kasur kapuk. Ibu Desi dan Desi memberiku isyarat untuk duduk dipinggiran kasur disebelah simbah.
“Assallammualaikum, mbah niki kulo Candramaya mbah rencangipun Desi”(Assallammualaikum, mbah ini saya Candramaya mbah temannya Desi)
“Waallaikumsallam, tekamu wes tak enteni nduk cah ayu. Simbah durung iso lungo soko ndunyo iki sakdurunge babakan iki rampung”(Waallaikumsallam, kedatanganmu sudah saya tunggu anak cantik. Simbah belum bisa pergi dari dunia ini sebelum masalah ini selesai)“Maksude pripun nggeh mbak, kulo mboten maksud”(Maksudnya bagaimana yam bah, saya belum ngerti)
“Wong wadon sing ngatutno awakmu iku jenenge Gendhis, ing jaman sakmono mbah iki abdi daleme keluarga nyai Anggoro. Mbah iki salah sijine abdi dalem kapercayaan rama lan biyunge nyai Anggoro”(Wanita yang ngikutin kamu itu namanya Gendhis, jaman lalu mbah ini adalah pelayan keluarga nyai Anggoro. Mbah ini salah satu pelayan kepercayaan bapak dan ibunya nyai Anggoro)
“Sepurane Gendis niku sinten nggeh mbah?”(Maaf Gendhis itu siapa ya mbah?)
“Gendhis iku putrine simbah, anak wadon simbah siji-sijine”(Gendis itu anaknya mbah, anak perempuan mbah satu-satunya)
“Ibune Gendhis sedo wektu nglahirke Gendhis, amargo kakang-kakange Gendhis iseh podo cilik simbah terpaksa gowo Gendhis nyambut gawe”(Ibunya Gendhis meninggal waktu melahirkan Gendhis, karna kakak-kakaknya Gendhis masih kecil mbah terpaksa membawa Gendhis bekerja)“Nanging jebul rawuhe gendhis disambut apik dening kulawarga nyai anggoro, utamane nyai anggoro dhewe . kang ngrasa ana kanca dolanan rikala iku. mula simbah ngajak gendhis saben dina menyang omah nyai anggoro tekan cedhake dheweke kabeh wis kaya sedulur. amarga saka cilik bareng rai dheweke kabeh bisa dietung memper meh ora ana bedane. deleng cedhake gendhis lan nyai anggoro pungkasane kaping rong wong tuwa nyai anggoro bermaksud pengin ngangkat gendhis dadi anak angkate” (tapi ternyata kehadiran Gendhis disambut baik oleh keluarga nyai Anggoro, terutama nyai Anggoro sendiri . Yang merasa ada teman bermain kala itu. Makanya simbah ngajak Gendhis setiap hari ke rumah nyai Anggoro sampai kedekatan mereka sudah seperti saudara. Karena dari kecil bersama wajah mereka bisa dibilang mirip hampir tak ada bedanya. Melihat kedekatan Gendhis dan nyai Anggoro akhirnya kedua orangtua nyai Anggoro bermaksud ingin mengangkat Gendhis sebagai anak angkatnya)
“nanging wayah iku mbah nolak, amarga mbah ngrasa ora pantes lan gendhis yaiku anak wadon mbah siji-sijine. amarga iku mbah mung nyuwun ben gendhis didadekake kawula dalem wae. karo kabeh kawicaksanane ayahanda nyai anggoro ngerteni lan ngerti perasaan mbah wayah iku. lan dheweke uga ngindhani panjalukan mbah” (Tapi waktu itu mbah menolak, karena mbah merasa tidak pantas dan Gendhis adalah anak perempuan mbah satu-satunya. Karena itu mbah hanya meminta agar Gendhis dijadikan abdi dalem saja. Dengan segala kebijaksanaannya ayahanda nyai Anggoro memahami dan mengerti perasaan mbah waktu itu. Dan dia pun mengindahkan permintaan mbah)
“tekan ing endi gendhis nglakoni kaluputan karo njalin sesambungan karo bojo nyai anggoro. dhuwuring kaluputane iku gendhis ngandhut janin kasil saka sesabungane karo bojo nyai anggoro, yai Wijaya” (Sampai dimana Gendhis melakukan kesalahan dengan menjalin hubungan dengan suami nyai Anggoro. Atas kesalahannya itu Gendhis mengandung janin hasil dari hubungannya dengan suami nyai Anggoro, yai Wijaya)
“Nanging ing wektu iku yai wijaya ora pengin tanggung jawab dhuwur janin kang dikandhut dening gendhis. amarga yai wijaya nresnani banget bojone nyai anggoro. lan piyambake ora pengin kehormatan lan jeneng apike tercoreng amarga menghamil siji kawula dalem” (Tapi pada saat itu yai Wijaya tidak ingin bertanggungjawab atas janin yang dikandung oleh Gendhis. Karena yai Wijaya sangat mencintai istrinya nyai Anggoro. Dan ia tidak ingin kehormatan dan nama baiknya tercoreng karena menghamili seorang abdi dalem).“simbah ora bisa tumindak apa-apa wektu weruh putri kesayangan simbah dipateni kanthi keji dening lanang kang wis menghamiline. mbah nesu mbah dendam nanging mbah mung bisa pasrah marang sang pancipta lan nyuwun ampun dhuwur apa kang gendhis tindakake. mbah ora pengin memupuk dendam dhuwur pati gendhis mbah mung pengin mbuka sakabehe dihadapan nyai anggoro lan nyuwun welas asihe kanggo ngapura gendhis lan nyuwun jisim gendhis ben mbah bisa dikubur disebelah makam gendhis” (Simbah tidak bisa berbuat apa-apa saat melihat putri kesayangan simbah dibunuh secara keji oleh pria yang sudah menghamilinya. Mbah marah mbah dendam tapi mbah hanya bisa pasrah kepada sang pencipta dan memohon ampun atas apa yang Gendhis lakukan. Mbah tidak ingin memupuk dendam atas kematian Gendhis mbah hanya ingin membuka semuanya dihadapan nyai Anggoro dan meminta welas asihnya untuk memaafkan Gendhis dan meminta jasad Gendhis agar mbah bisa dimakamkan disebelah makam Gendhis)
“liwat kowe mbah minto tulung aturake masalah iki marang nyai anggoro ya ngger cah ayu” (Lewat kamu mbah minto tolong sampaikan masalah ini kepada nyai Anggoro ya anak cantik). Panjang mbah bercerita tanpa kusadari bulir-bulir air bening mengalir dari mata simbah begitu juga aku, Desi dan ibu Desi yang tak kuasa menahan tangis. Aku menggenggam tangan simbah erat, kuteguhkan hatiku untuk menerima amanah dari simbah.
Rupanya selama ini simbah menyimpan semua duka itu sendiri tanpa ada satu keluarga bahkan anaknya yang lain tau. Seburuk-buruknya orang tua masih bisa menutupi keburukan anaknya, tapi seorang anak belum tentu bisa melakukan itu semua. Sayangi orang tuamu selagi ada, rahmatmu berkatmu adalah darinya. Tanpanya kita tidak akan bisa merasakan nikmatnya seblak ceker dan bakso mrecon.
KAMU SEDANG MEMBACA
CANDRAMAYA STORY
Mystery / ThrillerApa yang tertulis di cerita ini adalah kumpulan cerita atau pengalaman dari seorang wanita bernama Candramaya.