Chapter 29 : The Dinner

150 15 0
                                    

Ruang makan Istana telah berubah menjadi lokasi pesta makan malam anggota keluarga besar Imperial. Vierra terlalu disibukkan dengan pekerjaannya dan berbagai hal lain yang mengganggu pikirannya sepanjang hari hingga bahkan melupakan hari ulang tahunnya sendiri. Dia bahkan tak menyadari bahwa sepagian ini para pelayannya sibuk untuk mempersiapkan acara makan malam meriah ini atas perintah Edward. Adiknya itu telah dari jauh-jauh hari memberitahu kedua orang tua mereka di Shina untuk datang ke Istana saat perayaan hari ulang tahunnya. Selain kedua orang tuanya, Edward juga sudah memberitahu Frederick. Bahkan kalau pun pagi tadi Vierra tidak mengirimkan surat kepada Frederick dan memintanya untuk datang ke Istana, Frederick memang sudah berencana untuk datang hari itu. Tapi kedatangan Elyan dan Grand Duke Leon Winterthur adalah sesuatu yang di luar rencana Edward.

Awalnya Grand Duke mendatangi Istana dengan tujuan untuk memberitahu Vierra mengenai rencananya menyerahkan gelar Grand Duke kepada Elyan, yang sudah kembali pulang ke Kediaman Winterthur sejak beberapa hari yang lalu. Sedangkan Elyan yang ikut dengan Grand Duke semata-mata datang ke Istana untuk menemui Vierra. Untuk memberitahunya bahwa dia telah meninggalkan lautan dan kapalnya demi bisa bersama Vierra. Dan untuk memberinya kejutan di hari ulang tahunnya.

Sebenarnya keberadaan Elyan di wilayah Winterthur sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sejak kemunculannya di rumah sang Grand Duke beberapa hari yang lalu. Bahkan rumor itu telah sampai di telinga-telinga di Istana. Namun yang terdengar oleh Vierra hanya gosip biasa tentang kedatangan bangsawan muda rupawan. Dan Vierra memiliki terlalu banyak masalah yang harus dia atasi untuk mencari tahu tentang siapa bangsawan muda yang mereka maksud. Lagi pula hampir setiap minggunya ada informasi mengenai bangsawan baru di kota, atau pemuda tampan yang baru terkenal di kalangan para bangsawan sehingga Vierra sudah terlalu terbiasa dengan gosip-gosip itu. Lagi pula dia sudah memiliki tunangan sehingga dia tak memedulikan 'bangsawan muda rupawan' yang baru muncul di Winterthur sampai akhirnya dia tahu bahwa 'bangsawan muda rupawan' yang semua orang bicarakan ternyata adalah Elyan.

Dan begitulah pada akhirnya mereka semua berakhir di ruang makan Istana, dalam acara pesta makan malam perayaan ulang tahun Vierra.

Hari ulang tahun Tsarina selalu dirayakan oleh seluruh rakyat. Semua sekolah diliburkan dan para pekerja boleh pulang lebih awal untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga. Semua rumah biasanya menyediakan makanan spesial seperti daging panggang, sayur-mayur dan pai buah karena semua bahan makanan yang ingin mereka beli hari itu akan dibayarkan oleh pemerintah daerah masing-masing sebagai bentuk suka cita atas hari kelahiran Sang Tsarina.

Malam itu salju turun memenuhi jalanan dengan warna putih bersih. Angin membekukan berhembus di seluruh daratan utara, di mana musim dingin tak pernah berakhir. Tidak banyak orang yang berkeliaran di luar saat malam turun salju seperti ini—apalagi di hari perayaan ulang tahun Tsarina. Semua berada di dalam rumah masing-masing, mencari suaka aman dari rasa dingin membekukan, kembali ke kehangatan keluarga mereka. Orang-orang yang tidak dapat pulang ke rumah, akan mencari penginapan terdekat dan berdiam diri di dalam, di dekat perapian sambil menyesap minuman gratis berupa Vin Chaud—wine yang direbus bersama aneka rempah-rempah dan diberi irisan jeruk dan gula—atau sekedar cokelat hangat. Semua orang berlindung dari salju, merayakan ulang tahun Tsarina, terutama anggota keluarga Imperial.

Mereka semua merasa aman dan nyaman di Istana. Vin Chaud dituangkan di gelas-gelas piala. Segala macam makanan yang masih hangat dihidangkan di depan merela. Kalkun panggang berisi aneka sayur, rempah dan sosis mengisi penuh tengah meja berbentuk bundar itu. Rusa yang dibakar langsung di atas meja dengan campuran aneka rempah menguarkan aroma yang dapat membuat perut semua orang berbunyi. Ikan haring potong yang masih segar disajikan dengan saus berupa irisan bawang bombai, perasan lemon dan acar mentimun. Sup tomat panas dan sup krim yang gurih disajikan hangat di atas piring masing-masing. Dan tak lupa juga berbagai makanan manis sebagai makanan penutup seperti pai labu, millefeuille, kue cokelat, dan Medovik—kue pastry lapis yang terbuat dari buttermilk, susu kental dan custard.

Empire Of The Seven SeasTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang