"Haloooo guys masih bersama Prambors FM! Seperti biasa kita bakal nemenin hari kalian dengan lagu-lagu terhits tentunya. Pagi ini kita mulai lagu paling anyar dari TWICE-MOONLIGHT SUNRISE! Enjoy!"
"Gimana pertama kali Babeh ketemu Nyak??" Pria paruh baya itu mengulang pertanyaan tiba-tiba anak sulungnya. Jeje mengangguk. Ditemani siaran dari radio butut milik Babeh, keduanya sibuk membetulkan mesin dari kap mobil pelanggan. Gak biasanya bengkel udah rame pagi-pagi, apa karena ada Jeje?
"Kamuu nanyeaa?? Kamu bertanyea-tanyeaa??"
Wajah Jeje langsung berubah kesal. Dasar bapak-bapak doyan tik-tokan.
Sejenak Babeh tertawa karena berhasil menggoda Jeje sebelum akhirnya menjawab serius. "Di pasar. Babeh jaga dagangan, Nyak lu yang jadi pelanggan setia."
Jujur, ini pertama kalinya Jeje mendengar sejarah cinta orang tuanya. Sejauh yang ia tahu, Babehnya terlahir bukan dari keluarga berada namun bercukupan. Berbeda dengan Nyak yang latar belakangnya berada dan berpendidikan. Cuma itu.
"Keluarga Nyak lu itu hobi banget masak-masak jadinya sering beli bahannya di toko kelontong Babeh. Yaa namanya tiap hari ketemu wajar dong Babeh jadi naksir. Mana dulu Nyak lu cantik banget. Gal Gadot mah lewat."
"Trus?" Jeje mulai tertarik.
"Tapi ya itu Babeh tetep sadar diri kok, kalo kita emang beda. Impossible gitu dapetin Nyak lu. Eh gak taunya Nyak lu ternyata punya perasaan yang sama juga sama Babeh. Jadi deh kalian berdua."
"Babeh gak pake pelet kan?" Tanya Jeje penuh selidik.
"Dih cemen banget mainnya pelet. Jalur doa dong."
Walaupun masih setengah tidak percaya, Jeje tetap salut sama Babehnya. Pria paruh baya itu seperti memiliki karisma tersendiri yang tidak banyak laki-laki punya.
"Mau tau kenapa Nyak mau nerima Babeh?" Seperti membaca pikirannya, Babeh menjawab pertanyaan itu. "Karena Babeh sederhana dan apa adanya."
Jeje tertegun.
Babeh menutup kap mobil lalu menemui si pemilik mobil untuk menginfokan bahwa mobilnya telah selesai diperbaiki. Jeje melihat Babehnya yang melayani dengan tulus sambil tersenyum. Ia jadi sedikit merenung dan menyadari bahwa kisah Babeh mirip dengan kisahnya.
Setiap hari ia bertemu dengan Nayla. Bahkan mereka bisa menghabiskan waktu di dalam 1 rumah yang sama. Entah saat makan, berpapasan saat mengantri kamar mandi, menjemur pakaian hingga pernah berangkat bersama untuk berkegiatan. Tapi itu dulu. Sekarang Nayla sudah bertindak berlebihan kepadanya. Jeje pun berusaha membatasi interaksinya dengan gadis itu jika di kosan. Mungkin yang membedakan kisahnya dengan kisah Babeh ada di bagian akhir.
"Kenapa tiba-tiba nanya gitu?" Pertanyaan Babeh mengembalikan kesadarannya dari pikiran jauhnya. "Ada cewek yang kamu suka ya?"
Bola mata Jeje langsung bergerak cepat kebingungan namun berusaha kalem didepan Babeh. "Kamuu nanyeaa? Kamu bertanyea-tanyea??"
"Yee dasar anak durhaka." Jeje berhasil membuat Babehnya kesal. Buah yang jatuh emang gak pernah jauh dari pohonnya.
"Oke guys next di posisi pertama chart minggu ini ada lagu yang lagi viral di tiktok, heartbreak anthem kita. Please welcome our breakthrough newcomer, WTF-Kita dan Ketidakmungkinan!"
"Band lu bukan Tong?" Babeh menyadari nama band Jeje disebut oleh penyiar radio itu. "Jadi ini lagu lu Tong?! Babeh sering banget pake sound lagu ini di tiktok! Baguss!!"
"Aw! Iya Beh!!" Bertubi-tubi ia melontarkan ciuman dipuncak kepala anak sulungnya, merasa bangga. Dan pada saat itulah Dannish dan Chandra datang membawa kabar yang jauh lebih menggembirakan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kos-kosan Mertua
Fanfiction"Selamat datang di kosan Nyak! Mampir aja dulu, siapa tau nyaman trus bisa jadi besanan." -Mpok Jamela EAKK! GenderBender