"Tong buruan!! Babeh jadi penanggung jawab ronda nih gantiin pak rt soalnya!" Babeh yang mau keliling ronda malem ini keliatan udah siap berangkat tinggal nunggu Jojo aja.
Anak bungsunya muncul dari belakang dengan pakaian santai sama sarung dikalungin. Dulu Jeje nih yang sering diginiin ama Babeh, sekarang berhubung anaknya udah gak disini jadinya Jojo yang bakal sering kena semprot.
"Lama bener, dandan lu? Telat Babeh!" Yang diomelin cuma ngedumel dari belakang pala bapaknya. "Nyak Babeh ama Jojo ngeronda dulu ye! Assalamualaikum!"
"Waalaikumsalam, tiati Beh." Nyak nutup pintu depan. "Girls aman!"
Semua penghuni langsung pada berhamburan keluar denger sinyal dari Nyak buat siap-siap ngumpul G.N.O di markas mereka. Cemilan juga udah pada siap banyak disana.
"Dah ngumpul semua kan?" Jihan ngitung anak-anak plus Nyak pas di kamar Monica Sania. Komplit!
Mereka seneng akhirnya bisa ngumpul kayak gini ngadain agenda mereka setelah sekian lama. Selain karena kesibukan, insiden-insiden yang gak terduga antar mereka juga jadi salah satu alasan kenapa acara ngumpul kayak gini jadi susah terwujud.
"Gaess konsumsi kumpul-kumpul malem ini disponsori oleh Kak Mya sama Kak Jihan yaww." Info Cici yang langsung disoraki kompak seneng.
"Wiiii mantull!! Dalam rangka apaan nih kak?"
"Abis sempro mereka." Sania bantu jawab.
"Congratss kakak-kakak cantikku!!"
"Kapan nyusul Mon?" Nayla yang disampingnya nyenggol lengan gadis itu.
"Ngaca bos! Situ dulu kapan lulusnya baru senggol gua!"
Semua pada ketawa gegara penghuni paling tua kena sindiran keras.
"Oiya denger-denger udah mau sidang Kak Nay? Jadinya kapan?" Jihan jadi penasaran karena baru dapet info itu dari Jeniffer kemaren.
"Insya Allah minggu depan Jih, doain yaa semua hehe."
Langsung pada heboh lagi. Soalnya Nayla diem-diem bae gak kayak keliatan orang puyeng skripsian seperti kebanyakan. Jadinya pada kaget. Nyak yang ikut nyimak dari tadi cuma bisa tersenyum haru, menatap anak kosannya satu persatu. Waktu kerasa cepet banget berlalu. Dia gak nyangka akan tiba saatnya seperti ini, masa studi mereka akan selesai pertanda sebentar lagi selesai juga mereka tinggal disini. Dengan kata lain mereka bakal berpisah.
Pastinya ada rasa sedih tapi Nyak juga merasa bangga dan ikut seneng bisa jadi orang yang support mereka selama mereka disini. Bener-bener kayak ngeliat anak sendiri tumbuh besar. Dan tanpa terasa ia pun menangis dalam hening.
Mya yang pertama kali nyadar langsung meluk ibu kosnya itu. Walaupun pendiam, dia justru yang paling peka sama hal yang kayak begini.
"Jamela nangis?!" Seruan Jihan itu langsung membuat mereka semua buru-buru menghampiri ikut memeluk wanita paruh baya itu yang terenyuh. Sepertinya kegiatan rumpi mereka kali ini temanya melow banget. Semua jadi ikutan nangis gara-gara Nyak.
"Bakal kangen ngumpul gini.." Ujar Nyak disela sesegukannya. Nampak sorot matanya yang sudah tidak secerah dulu karena termakan usia itu kini terhalang oleh tumpahan air matanya. Bagi wanita itu, bisa berkumpul dan berada diantara mereka menjadi sebuah anugerah yang tidak terkira. "Ntar kalo kalian udah gak disini lagi, jangan lupain Jamela ye.."
"Ihh mana mungkin! Kita bakal inget selalu pesan-pesan sama nasehat Nyak karena bagi kita Nyak udah kayak orang tua kita sendiri, ya kan girls??" Sania yang ada di pelukan paling dekat dengan Nyak jadi paling merasakan detak jantung wanita itu berdetak dengan lembut.
"Pastilah! Nyak misal main ke Medan jangan lupa kabarin Monica yaa biar nanti nginepnya di rumah Monica aja."
"Enak aja di rumah gue lah!"
"Yeee gak bisa gitu, gua udah ngomong duluan!"
Lagi-lagi mereka berantem. Pemandangan itu juga bakal dia kangenin.
"Nyak bakal lanjut buka kos-kosan abis ini?" Mya akhirnya buka suara.
"Gak tau yaa.." Ia menghela napas. "Melihat tujuan akhir Nyak dan Babeh udah tercapai sepertinya enggak My. Kita udah sepuh, udah saatnya buat gendong cucu. Nyak kayaknya bakal disibukin ngurus Noah."
Mendengar nama anak itu disebut, Nyak jadi ngelirik Nayla. Gadis itu tersenyum lembut kearahnya. "Makasih yaa Neng udah mau nerima Jeje apa adanya. Jujur yang paling Babeh sama Nyak takutin waktu kasus kemaren itu sebenernya kamu. Takut kamu nyesel udah pilih dia. Dan Nyak merasa udah gagal jadi emak gak bisa ngedidik anak yang bener."
Ucapan itu dibalas Nayla dengan gelengan tanda tidak setuju. "Nyak tetep berhasil kok. Buktinya Jojo masih bener."
"Setuju sama Kak Nay."
"Ciee Cherry~~" Goda Yulia.
"Apaan sih! Gue pukul lo ya?!"
"Dah ah sedih-sedihnya! Ini kan G.N.O, harus seneng dong! Gak boleh ada yang nangis lagi!"
Nyak sepakat dengan Monica. Buru-buru ia menghapus air matanya dan wajahnya kembali ceria. Jiwa Jamela-nya balik. "Berhubung temen kita si Nayla ini mau sidang, gimana kalo support dia di kampusnya langsung besok??"
"Boleh juga tuh! Ntar Sania yang bawa buket coklatnya!"
"Yulia selendang sarjananya!"
"Kalo gitu Cherry yang boneka deh!"
"Pas kesana nanti pake mobil aku aja." Mya menawarkan diri.
Semua pada berebutan. Mulai berisik lagi nih kamar.
"Eh bentar diizinin gak nih? Main serobot-serobot aja!" Tahan Monica. Semua tatapan kini kearah yang bersangkutan meminta izin. "Gimana kak boleh gak?"
Nayla tidak langsung menjawab karena dia liat reaksi wajah Nyak dulu yang udah melas pengen dateng. "Kalo Jamela ikut, kalian juga wajib ikut."
"YEAHHH!!!!!"
"Kosongin jadwal yaa semua gak boleh ada yang gak dateng pokoknya! Ntar Jamela absen! Yang punya kelas harus bolos! Yang ada latihan batalin! Karena penghuni kos-kosan mertua ada yang mau lulus!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Kos-kosan Mertua
Fanfic"Selamat datang di kosan Nyak! Mampir aja dulu, siapa tau nyaman trus bisa jadi besanan." -Mpok Jamela EAKK! GenderBender