Adam
Gue lagi ngantri mie ayam di kantin Fisip.
Lo semua harus tau kalau gue anak jurusan Ilmu Komunikasi, semester lima yang selain sibuk kuliah, gue juga sibuk magang di salah satu perusahaan redaksi sama siaran di radio kampus tiap sabtu-minggu malem.
Ya, mungkin ini kali alasan gue sampe segini tuanya masih aja jomblo. Tapi, ngomong-ngomong gue seumuran kok sama Dirga, cuma gue kecepetan masuk kuliahnya karena emang dicepetin pas SMA alias gue anak akselerasi. Bukannya sombong, cuma ngasih tahu aja kalo di balik kekurangan, gue juga punya kelebihan.
Gue nggak pandai naklukin hati cewek-cewek kayak Dirga, tapi kalo naklukin hati masyarakat, bisa lah skill gue diadu sama jajaran caleg.
"Entar sore, saya mau ngeliput Angga Yunanda, Bu. Nanti saya mintain tanda tangannya khusus buat Ibu, deh. Ibu kan ngefans banget tuh sama si Angga-angga itu."
"Heh aslina?"
"Asli, Ibu! Mana pernah sih saya bohong."
"Ya udah, ini ayamnya ibu banyakan biar semangat liputannya!"
Tuh, kan gue bilang juga apa. Kalo soal ngebujuk rayu hati emak-emak, serahin aja ke gue. Seporsi mie ayam banyak ayamnya ketimbang mie-nya gue terima sambil cengar-cengir.
"Bayarnya besok, ya, Bu! Makasih segambreng, Bu Inah yang cantik macam Ariel Tatum."
Lo harus tahu juga nih biar nggak salah paham. Gue bukannya nggak bisa bayar, tapi dompet gue ketinggalan di kamar Dirga. Perkiraan gue, siang bisa makan bayar cashless, tapi sepanjang dengerin pematerian dosen gue udah kebayang mulu nikmatnya mie ayam Bu Inah, dan sialnya, Bu Inah rada gaptek jadi nggak bisa tuh bayar cashless, bisanya kontan sama ngutang asal nggak malu plus pinter ngerayu kayak gue ini.
Dan, gue nggak bohong kok soal mintain tanda tangan artis beken Angga Yunanda yang jadi idola banyak perempuan—ngaku lo perempuan!
Meskipun, cuma anak magang gue terhitung bisa diandalkan. Alhasil, gue suka disuruh ngeliput orang-orang penting kayak artis-artis sama perusahaan redaksi tempat gue magang. Meskipun gue nggak terlalu suka tuh artis, tapi bisalah buat sombong-sombongan.
Tanda tangan Angga udah siap tuh di selembar kertas sobekan buku jurnal gue yang biasa gue bawa-bawa kalo lagi liputan. Agak effort dikit, gue pasangin pigura, yang murah aja beli di kekevi sekalian nemenin Dirga beli kado ultah buat ceweknya.
Keesokan pagi, gue samperin Bu Inah yang lagi riweuh mau buka stand mie ayam.
"Tanda tangan Angga."
Bu Inah super bahagia keliatan dari bola matanya yang kayak mau offside waktu gue ngasih sesuatu yang gue janjiin.
"Bayar mie ayam yang kemarin, Bu."
Bola mata Bu Inah udah nggak offside. Udah balik lagi ke kandang. Udah biasa aja maksud gue.
"Geus dibayar ku Neng Jasmine."
"Neng Jasmine teh saha?"
"Pacar maraneh, lain?"
Sekarang giliran bola mata gue yang kayak mau offside.
"Lain atuh. Abi mah teu gadung pacar ai Ibu."
Gue jawab, pake aksen Sunda yang kedengaran aneh. Maklum, gue orang Jawa, jawaban atas doamu.
Pokoknya, inti percakapan kami adalah mie ayam gue udah dibayar sama yang namanya Jasmine, yang dikira Bu Inah itu pacar gue, padahal gue aja baru sekali ini dengar tuh nama.
"Ya udah atuh, jadiin pacar aja. Udah mah baik, cantik lagi anaknya." Lengan gue ditepuk-tepuk. "Ibu restuin!" kata Bu Inah udah kayak lagi jodohan anaknya.
Gue nggak ngegubris. Lagi mikir aja, gue ada punya temen yang namanya Jasmine enggak?
"Ibu tahu dia jurusan apa?"
Karena agak frustrasi nggak nemu tuh nama di daftar temen yang gue inget, gue putusin nanya. Ibu Inah mikir-mikir. Agak lama lah gue nunggu, sekitar tiga menit.
"Ibu nggak hapal."
Dan, gue masih sabar. Gue ambillah kartu nama gue—magang-magang gini gue dikasih kartu nama, brodi. Gue kasih ke Bu Inah.
"Bu ini nomor wa saya. Nanti kalo anaknya ke sini, Ibu tolong telepon saya!"
Sehari kemudian, gue dapet telepon dari nomor yang nggak dikenal. Gue kira, Bu Inah, tapi ternyata tukang paket yang bingung nyari alamat kos gue.
Dua hari kemudian, gue dapet lagi, dan bukan Bu Inah. Itu orang nggak dikenal yang nawarin asuransi jiwa.
Tiga hari kemudian, gue dapet lagi, nggak bakal expect kalo itu Bu Inah. Tapi itu betulan Bu Inah, cuy. Lo bayangin hebohnya gue kayak apa? Nggak heboh banget sih. Cuma bikin tim gue kalah main mobile legend gara-gara gue buru-buru keluar dari kelas ninggalin temen-temen terus lari ke kantin Fisip.
"Ini Neng Jasmine-nya dateng."
Sesuai dugaan, Bu Inah tadi ngabarin kedatangan cewek yang tiga harian ini bikin gue kayak mau mati karena penasaran.
"Mana, Bu?"
"Tuh!"
Di bilik mie ayam Bu Inah, gue noleh ke belakang, ke arah yang ditunjuk Bu Inah pake dagu. Di sana, ada cewek yang lagi duduk sendirian di meja paling pojok, mukanya emang keliatan judes parah waktu diem dan serius, tapi sesuai dugaan gue, dia manis banget kalo lagi senyum.
Ini kedua kali gue lihat tuh cewek senyum. Pertama di warung pecel lele Bang Toha tempo hari, kedua di sini. Yang waktu itu senyumnya buat gue, tapi sekarang senyum itu bukan buat gue.
Itu buat temen-temennya yang barusan nyamperin. Ada lah empat orang. Kalau begini, sudah dipastikan gue batal nyamperin karena meskipun gue anaknya suka nggak tahu malu, gue tetap masih punya sedikit malu. Apalagi kalo inget kejadian di warung Bang Toha.
Jadi, hari ini cukup tahu kalau oh itu yang namanya Jasmine, balikin uang ganti mie ayamnya nanti gue cari kesempatan lain.
Tapi, ternyata rasa penasaran gue soal tuh cewek nggak bisa dicukupkan sampai situ doang hari ini. Alhasil, malem ini, sepanjang nongkrong sama anak-anak kosan di depan teras sambil makan cuanki, gue ngubek-ngubek portal mahasiswa kampus gue dan ngetik nama Jasmine. Muncul banyak nama mahasiswa yang ada jasmine-nya. Tujuh belas di antaranya mahasiswa Fisip dari berbagai prodi.
Akal gue nggak abis-abis buat mikir. Gue cek lah biodata mereka satu-satu. Ada tuh nyantumin akun Instagram di kolom sosial media, ya gue cek juga lah, masa enggak.
Tapi, ada satu yang nggak nyantumin.
Nama: Jasmine Regita Sheira
Kelahiran: Yogyakarta, 11 Februari 1997
Prodi: Hubungan Internasional
Fakultas: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Media Sosial: -Dari semua sosial media yang udah gue cek, emang nggak ada yang mirip sama Jasmine yang gue liat di warung pecel lele Bang Toha maupun kantin.
Pantang nyerah, gue berkunjung official akun himpunan mahasiswa hubungan internasional. Scroll bentar dan nemu.
Ada satu postingan kegiatan bakti sosial yang memuat Jasmine mode akrab sama bocah SD. Gue buka kolom komentar. Lebih dari setengah populasi makhluk hidup di sana minta dispill-in akun instagramnya.
safirajelita_ nggak bosen apa cantik terus? @not_justyourmine
Satu komentar mencuri perhatian gue. Akun yang ditag di sana, gue klik. Dan, enggak. Enggak ada foto muka atau foto ootd kayak akun-akun cewek pada cewek pada umumnya, isinya cuma foto-foto hal random kayak tiang listrik dan keruwetan kabelnya, tapi anehnya keliatan estetik. Yang lebih aneh lagi, pengikutnya ribuan.
diikuti oleh dirgantaraputra dan 170 lainnya
Dan, Dirga adalah salah satunya.
[]
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."