Jasmine
Dirga ngeluarin gunting kuku yang dia bawa.
Buat apa? Buat motongin kuku gue yang lumayan panjang sampe sempet ngegores lengan gue tadi pas lagi dikepangin sama Adam.
Ya siapa yang nggak nggrasak-nggrusuk coba kalo tiba-tiba ditanya "Mana iket rambutnya?" waktu lagi sibuk ngelamun sambil nenangin jantung yang deg-degan parah.
Lagian Adam ngepangin rambut gue tapi posisinya kayak mau meluk gue. Muka gue udah hampir nyatu tuh sama dada dia, kalo gue gerak dikit doang pasti udah nempel.
Sekarang anaknya udah nggak sama gue, udah pergi dari lima belasan menit lalu soalnya ada jadwal siaran jam sembilan malem, yang mana ini berarti gue hampir seharian bareng dia. Nggak kerasa, sumpah.
"Kukunya cantik loh padahal."
Sekarang, presensinya diganti sama Dirga. Ganti manusia, ganti suasana. Gue nggak serame pas lagi sama Adam. Banyak diemnya ketimbang ngomongnya.
"Cantik kalo bikin sakit, buat apa?"
Gue bilang gitu soalnya dia nggak mulai-mulai motongin kuku gue. Gue yang punya kuku, dia yang keliatan sayang. Kalo bisa sendiri, gue nggak akan minta tolong Dirga. Gue lagi susah sih, takut gerakin tangan kiri gue yang ada selang infusnya.
Enggak ding, gue sebenarnya nggak minta tolong. Adam yang tadi nelpon nih anak terus nyuruh dia bawa gunting kuku.
Dirga ngedongak, ngeliat gue dua detik. Pas udah gue kasih senyum sama anggukan, baru deh dia mulai motongin kuku gue. Hati-hati banget tuh motongnya. Tiap motong satu, sama dia ditiup, terus diusap-usap pake jari dia.
"Lo beneran nggak mau ngabarin keluarga di rumah?"
Bukan sekali doang Dirga nanya soalan ini. Sebelumnya udah banyak. Dan, jawaban gue masih sama, "Enggak."
"Sini biar gue yang ngomong ke Mas Irham kalo nggak Mbak Sonya."
Dirga kaget pas gue tiba-tiba narik tangan kanan gue yang belum selesai dia potongin kukunya, masih ada dua yang belum kepotong.
"Lo nggak usah khawatir, gue bisa kok bayar tagihan rumah sakit tanpa harus ngehubungin mereka. Gue bisa, gue punya uang tabungan. Nggak perlu hubungin mereka."
Fakta kalau Dirga tahu latar belakang keluarga gue adalah salah satu hal yang bikin gue nggak bisa ketawa seenaknya kayak pas sama Adam. Dirga nggak pernah berhenti natap gue pake tatapan yang ada ibanya, seolah-olah gue ini manusia paling lemah sedunia.
"Gue bisa, Ga. Buktinya, tiga semester, gue kuliah tanpa subsidi dari orang tua gue, tanpa kontribusi Mas Irham ataupun Mbak Sonya, tanpa banyak cerita ke Safira, dan juga tanpa ngusik lo! Gue bisa, gue baik-baik aja. Lo nggak usah bikin semuanya jadi makin ribet dengan ngehubungin keluarga gue."
Iya, gue adalah anak yang kehilangan masa jaya orang tua. Gue anak terakhir, kakak gue dua. Nama yang tadi Dirga sebut itu mereka. Dua-duanya udah berkeluarga dan sukses dengan karir gemilang masing-masing
Orang tua gue, dua-duanya masih hidup, tapi kayak nggak hidup. Bapak kena struk di hari di mana gue nabrak orang. Ibu kena demensia nggak lama setelah Bapak kena struk. Biaya perawatan Bapak ditanggung Mas Irham. Mbak Sonya nanggung biaya perawatan Ibu.
Gue, ya, diri gue sendiri yang ngurus. Sadar diri aja, gue ini penyebab semua kejadian buruk yang menimpa keluarga gue. Mas Irham dan Mbak Sonya emang nggak terang-terangan nyalahin gue, tapi sikap mereka yang abai menurut gue jadi penanda paling ketara kalau mereka nggak mau diribetin sama gue yang sedikit ngeyel banyak cerobohnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."