Jasmine
Gue harap lo masih banyak yang kaget kalo gue udah cerita soal gelapnya dunia pergaulan anak kuliahan.
Karena itu tandanya moralitas generasi muda bangsa masih terjaga. Tuh, kan jadi berat pembahasannya.
Oke, gue spill dikit aja deh.
Jadi gini, salah satu culture shock gue pas awal-awal kuliah itu fenomena nginep di kosan lawan jenis: cewek nginep di kosan cowok, cowok nginep di kosan cewek—ini dimohon dengan sangat buat enggak dicontoh ya, ges, ya.
Padahal larangan itu tuh udah pasti lo temui di setiap aturan kosan, bahkan ada yang sampe ditempel di tiap pintu kamar, kecuali kosan yang emang khusus ya, antara khusus pasutri atau khusus yang lain, gue nggak mau bahas.
Kalo ngomongin nginep di kosan lawan jenis ke temen-temen gue, mereka udah langsung aja ngomong halah biasa itu mah.
Jangan jauh-jauh deh, Safira tuh contohnya.
Sering dia nginep di kosan temennya yang cowok, katanya mah ramean sama temen-temen yang lain, semoga aja sih bener. Kalo nginepin dia emang nggak pernah ya. Soalnya kos kita masuk kategori kosan yang cukup ketat penjagaannya.
Sempet beberapa kali Safira ngajakin gue pindah kos karena nggak kuat sama aturannya, tapi guenya nggak mau soalnya udah terlanjur nyaman. Cielah, nyaman nggak tuh. Safira pernah ngomong mau pindah sendiri, tapi nggak tahu tuh kenapa sampe sekarang belum pindah juga.
Gue nggak menggeneralisasi setiap kota akan segelap ini dunia kuliahnya, enggak. Kalo lo kebetulan ketemu dunia kuliah yang terang benderang, itu bagus, dan lo jangan coba cari tahu yang gelap-gelapnya, kecuali ada yang ngasih tahu.
Gue juga nggak menggeneralisasi setiap anak kuliahan pernah nginep di kosan lawan jenis, engak. Gue yakin nggak semuanya, karena gue salah satunya yang masih sangat amat berprinsip kalo itu tuh nggak baik.
"Ke kosan gue."
Sampe akhirnya Adam bilang gitu. Gue sempet nggak percaya, tapi gue beneran dibawa sama Adam ke tempat yang dia bilang.
Gue udah sempet mikir yang enggak-enggak ke Adam, sempet ada ilang respect dikit soalnya ya lo tahu lah pikiran gue sebagai anak gadis yang masih terjaga kehormatannya dan gue—seumur hidup, selama tiga semester kuliah, belum pernah yang namanya nginep di kosan cowok.
Tapi, meskipun agak takut-takut, gue nggak ada dorongan buat nolak. Nggak tahu emang gara-gara gue udah capek dan ngantuk, atau karena yang bawa gue itu Adam.
Nggak tahu juga, gue ilang respect-nya cuma dikit, selebihnya gue percaya Adam nggak kayak gitu. Padahal gue kenal dia aja baru dua minggu. Aneh, ya.
"Lo tidur di kamar gue, nanti gue di kamar temen gue."
Kan, Adam nggak kayak gitu, kok, percaya deh.
Gue ngangguk doang pas lagi ngelepas sepatu terus naruh di rak yang ada di deket pintu. Btw, ini gue sama Adam udah sampe di kosan yang bangunannya lumayan gede dan bersih sih kalo gue liat-liat mah. Tapi—
"Dam."
"Hm."
Gue juga liat ada tuh tempelan gede yang isinya tata tertib penghuni kosan dan jelas banget nomor satu nggak boleh bawa lawan jenis nginep kalo nggak mau dikenain sanksi dan dosa.
"Emang nggak apa-apa?"
Adam kayaknya tahu apa yang gue takutin. Tapi, dia nggak ikutan takut, meskipun ada diem sama mikirnya beberapa detik.
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."