20

1K 174 163
                                    

Adam

"Ah, Ibu mah nggak CS sama saya, ih! Kan udah saya mintain tandatangan Angga Yunanda atuh, Ibu, kumaha si! Masa ini saya pesen mie ayam, ayamnya dua biji doang, yang bener aja, Bu! Ini mah mie doang namanya, bukan mie ayam."

"Ayamnya abis ih! Maap atuh, ya! Kamunya sih kelamaan dateng! Udah keburu diborong tadi teh sama ibu-ibu dosen."

Gue masang muka males ke Bu Inah, tapi sebenarnya akting aja sih. Gue nggak bener-bener kesel cuma gara-gara pesen mie ayam dikasih ayamnya dua biji doang. Bukan dua potong, ya, inget! Dua biji.

"Mas Adam atuh ih, masa ngambek gitu doang!"

"Tau, ah, Ibu! Ngambek saya!"

Masih akting nih gue sambil naruh sambel sama kecap di mangkuk gue.

Iyap. Sekarang gue lagi ada di kantin Fisip, siang bolong banget pas jam makan, dan ruame banget, cuy. Dan, seperti kata Bu Inah, ada salah satu meja yang diisi sama kumpulan ibu-ibu dosen, lagi asyik ngunyah sama ngomongin persoalan anak-suami di rumah.

Sebenernya nih, gue ngomong keras-keras gini biar salah satu dari penghuni meja itu denger, soalnya apa? Soalnya mie ayam gue disabet sama salah satu dari beliau-beliau ini. Kata Bu Inah mah yang itu yang pake kerudung cekek warna merah bata sama rambutnya keliatan dikit. Nah ini mah gue kenal.

Pesenan gue sebenarnya udah jadi dari tadi di meja warungnya Bu Inah, cuma gue tinggal ibadah bentar, eh balik-balik udah nggak ada, pindah ke meja sebelah dengan pemilik yang berbeda. Mantap nggak tuh!

Bu Inah bikinin gue mie ayam dengan bahan-bahan sisaan. Anjir, sisaan banget ini mah serius! Tapi lumayan, lah. Berhubung gue laper karena belum sarapan dan nggak memungkinkan buat ngantri di warung lain soalnya abis ini ada kelas Pak Encep yang sepuluh menit lagi bakal dimulai, jadi ya udah lah. Males juga gue kalo bikin makalah lagi, kecuali kalo ada yang nemenin kayak waktu itu.

Ini gara-gara dosen matkul sebelumnya nih yang suka nggak inget waktu kalo ngajar, jadi waktu istirahat gue kepangkas banyak. Dan, lo tahu apa, dosen ini adalah dosen yang sama dengan dosen yang ngerebut mie ayam gue. Wah asli! Kemusuhan aing teh ke dosen eta.

Pas gue selesai dengan urusan racik-meracik persambelan, tiba-tiba ada yang naruh sesendok penuh ayam ke mangkok gue, yang mana ini bikin rasa kesel gue langsung hangus nggak bersisa.

Ya gimana enggak? Orang pas gue noleh, langsung disuguhi sama yang manis-manis alias senyum cewek yang semalem bikin gue hampir nggak waras gara-gara ngeliat dia mode dandan cakep parah dan lo pasti udah pada tahu lah ujung-ujungnya gimana.

Yap, tanpa banyak bacot, tanpa banyak anu, gue ngaku suka ke dia.

"Tuker sama ini, ya."

Bibir gue udah otomatis melengkung aja ini pas dia ngomong. Gue ngangguk doang terus dia nyendok sawi ijo di mangkuk gue yang emang sengaja dibanyakin sama Bu Inah sebagai ganti ayam, ceunah. Tapi, terus gue sadar, eh emang boleh barter nggak senilainya begini?

"Kenapa dituker?" Jadi, gue tanya lah, ya kali gue diem aja.

"Gue suka sayur." Dianya ngejawab masih pake senyum yang nggak pernah ngebosenin di mata gue.

"Udah jadian aja kalian berdua! Udah cocok gitu ih! Mana mirip lagi! Ibu dukung asli ieu mah! Nanti Ibu kasih mie ayam gratis deh buat kalian kalo udah jadian!"

Obrolan kita disela sama Bu Inah. Gue nggak nanggepin, masih fokus ngeliatin Jasmine yang ngelebarin senyumnya buat Bu Inah terus ngeluarin uang buat bayar mie ayamnya.

INESPERADO [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang