Jasmine
"Gue duluan, ya!"
Beres ngerjain tugas kelompok, gue jadi orang pertama yang buru-buru pamit sementara temen-temen gue masih santai duduk-duduk sambil nikmatin asupan di beranda kosan Hasan.
"Pulang pake apa, Jas? Mau dianter nggak—eh," Hasan nyengir, ngeliat ke arah gerbang kosan, "Udah dijemput pacar, ya?"
Gue cuma senyum, karena pertanyaan Hasan gue rasa udah nggak butuh jawaban.
Gue nggak gabut-gabut amat sampe mantengin satu-satu komenan di foto gue yang diunggah di akun Instagramnya Adam—jumlahnya yang ratusan bikin gue mabok duluan karena sebagian besar populasinya adalah perempuan yang ngaku patah harapan—cuma kebetulan aja gue notice komenan Hasan di sana.
"Cie ... Cie! Jasmine! Jadi beneran ternyata sama si Akang eta?"
Sama halnya tanggapan gue ke Hasan. Gue ngulas senyum buat Citra dan yang lainnya, yang masih sempet cie-cie-in gue pas gue lagi pake sepatu.
"Semuanya, duluan."
Dulu, pamit tiap abis kerja kelompok nggak pernah pake segala lambai-melambai sambil senyum lebar kayak yang gue lakuin sekarang. Palingan juga mereka gue kasih senyum tipis doang yang nggak ikhlas-ikhlas amat, terus jalan sambil ngehela napas, atau kalo capeknya dobel kadang pake acara ngeluh—di dalam hati doang, tapi.
Tapi, ketimbang itu, gue lebih sering jadi orang yang terakhir pulang. Kenapa? Karena gue ... dikata manusia perfeksionis? Emang iya, sih.
Nggak tahu. Gue juga nggak ngerti kenapa gue selalu nggak tenang tiap ada kerjaan yang nggak sesuai sama yang gue harapkan.
Lebih nggak ngerti lagi gue ke orang-orang yang udah dikasih arahan sejelas-jelasnya, tapi kerjaan dia tetep berantakan.
Dan, gue nggak bisa diem aja. Gue enggak bisa buat enggak ngerapihin sisi-sisi yang berantakan itu. Mau lo bilang seribu kali: itu bukan tanggungjawab lo, lo bakal capek sendiri kalo terus-terusan begini, atau ... ayo dong sekali-kali jadi orang bodo amatan!
Gue ... tetep enggak bisa.
Biarin aja lah manusia ngeyel ini, capek sendiri, hehe.
Hasan yang udah paham sisi gue yang satu ini, langganan nungguin gue kelar ngeberesin tugas sampe bener-bener beres. Kebetulan, gue sama dia sering banget satu kelompok. Karena saking seringnya, gue cukup akrab sama dia, dan dia ... sering nganter gue pulang. Makanya tadi nawarin.
Tapi, mungkin, mulai sekarang, udah nggak bisa sering-sering.
"Beres tugasnya?"
Sebab gue, udah punya Adam ....
... yang sering bilang aku anter, ya atau aku jemput, ya.
Gue ngangguk. Dia jadi alasan kenapa senyum gue terus nempel sejak ninggalin teras kosan Hasan sampe sekarang dia masangin helm di kepala gue.
"Pake, ya."
Dan bash!
Musnah sudah senyum gue pas Adam mau masangin jaket jeans-nya ke badan gue yang auto mundur.
"Nggak mau! Itu 'kan bekas dipake Tifani."
Nggak tahu kenapa, sejak acara jalan-jalan kemarin, gue jadi sensitif banget sama hal-hal yang berbau Tifani. Baca komenan Tifani aja gue emosi, apalagi ini disuruh make jaket—yang jelas banget masih gue inget—kemarin dipinjamin adam ke dia.
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."