Jasmine
Sekotak martabak telor, gue taruh di meja dapur kosan, di depan Safira yang lagi nangkring di kursi sambil nyemilin kuaci.
"Nih, biar ada gizinya dikit," kata gue sembari mempersembahkan senyuman paling ramah yang gue miliki buat dia.
Bukannya terima kasih, anaknya malah ngedumel, "Dih, kenapa nggak dari tadi sih? Makan ginian jam segini bikin berat badan ngelonjak nggak, si? Tapi ini menggiurkan banget, woi, lah. Coba gue kayak lo, makan banyak tapi tetep langsing. Eh—kapan lo belinya? Nge-goput?"
Seperti biasa, Safira dan kehebohannya adalah kombinasi yang akan selalu lo temui di segala situasi.
"Dari Adam."
Kalo dipikir-pikir, korelasi antara pertanyaan Safira sama jawaban gue itu hampir nggak ada. Dan, gue bisa aja nggak sebut merek alias cuma ngeiyain aja biar semuanya cepet beres. Kalo gini 'kan, udah dapat dipastikan, grafik kekepoan Safira segera melonjak naik secara signifikan.
"Jadi?" dengan senyum freak yang akhir-akhir ini suka dilemparin ke gue, Safira mulai menyuguhi gue sepatah tanya yang nggak ada jelasnya.
"Jadi apa?"
"Udah nih?"
"Udah apa?"
Sebenernya, ini antara pertanyaan Safira yang nggak jelas atau otak gue yang susah konek, sih.
"Jadian?"
Gue diem. Lumayan lama. Soalnya disambi sama nyeduh kopi, disambi juga sama mengenang momen kemarin malem pas nonton konser So7.
Kayak, masih agak-agak nggak percaya sih gue kalo sekarang gue udah jadi ceweknya Adam.
Perasaan kayak baru kemarin kita ketemu di warung pecel lele, dengan pertemuan yang bisa dibilang enggak banget deh.
Padahal, itu tuh udah sebulan yang lalu. Dan, waktu sebulan rasa-rasanya terlalu singkat buat menjalin hubungan sama seseorang, iya, nggak sih?
Tapi, gimana dong, pertemuan-pertemuan gue sama Adam setelah pertemuan pertama yang enggak banget itu malah bikin gue iya ke dia.
Belum banget, sih, buat sekarang. Enggak tahu kalo nanti, besok, dan seterusnya.
"Heh! Ditanyain malah bengong."
Oke, sebagai manusia yang sadar seutuhnya akan realita, gue akhirnya ngangguk pake sedikit senyum.
"Ah, Cie-cie! Akhirnya bestie akoh menanggalkan tittle jomblonya setelah dua puluh tahun lamanya."
Jadi pacar Adam bukan fakta yang pengen gue tutupin dari Safira. Alhasil, dia jadi orang kedua yang tahu soal hubungan gue sama Adam, setelah Bu Inah.
Kapan jadiannya?"
Urgensi gue bikin kopi itu karena gue mau begadang buat ngeberesin tugas yang harus rampung sebelum besok. Tapi, Safira dan kekepoannya malah bikin gue terdampar di dapur kosan lebih lama dari rencana.
Ya, gimana, orang gue ditarik sama dia ke kursi terus disuruh mewartakan kapan, di mana, dan gimana proses gue jadian sama Adam, yang mana itu tuh nggak cukup semenit-dua menit.
Nggak ada yang berlebihan di sini, kecuali cara Safira mereaksi yang pake nabokin gue saking gemesnya, pake setengah teriak juga yang mana buru-buru gue tutup mulut dia pake martabak, daripada nanti kena omel Teh Deta, sesepuh kosan ini.
Dan, gue. Nggak ada ekspresi berlebihan sih pas gue cerita. Karena emang gue anaknya nggak se-ekspresif itu ketika bercerita.
Di sini, gue cuma senyum sekali-dua kali, sisanya nahan-nahan buat enggak senyum. Cerita ke Safira dari a-z bikin kepala gue otomatis me-repeat momen yang lalu-lalu, bikin organ di belakang dada gue bergemuruh nggak menentu, dan gue agak-agak malu.
Iya, rasa penasaran Safira nggak cuma berhenti di proses jadian aja tapi merembet ke proses kenalan dan proses pendekatan yang katanya adalah satu kesatuan dari sebuah siklus percintaan.
Sama satu lagi katanya ... proses perpisahan.
"Pokoknya, langgeng dah kalian! Kalo nanti Adam macem-macem, bilang aja ke gue! Entar biar gue tempeleng wolak-walik tuh muka dia yang ganteng tapi rada sengak itu."
Gue cuma ketawa-ketawa pelan liat Safira ngomong sambil ngunyah martabak, terus senyum tipis, "Adam baik kok," nyesep kopi di cangkir.
Safira ngangguk-ngangguk. "Iya sih. Keliatannya emang cowok baik-baik dia. Nggak ada fuck-boy-fuck-boy-nya. Tapi, nggak tahu, kan, lo juga baru kenal dia sebulan. Ya, semoga aja, emang beneran baik, deh. Kalo nggak baik, ya udah tinggalin aja, nyari yang lain."
Pemikiran Safira sesimpel itu, tapi ...
"Kalo ternyata gue yang nggak baik buat dia, gimana, atuh, ya?"
... pemikiran gue serumit ini.
Safira berhenti ngunyah, noleh ke gue, nguyah lagi, "Nggak lah, lo tuh baik! Terlalu baik malah kata gue. Adam harus sujud syukur dapet lo, tahu nggak!"
Entah kenapa, seluruh organ tubuh gue bergejolak menolak statement Safira tentang gue. Iya, di dunia ini, yang paling tahu diri lo, ya, cuma lo sendiri, dan yang tahu diri gue juga cuma gue sendiri.
Ngeliat isi cangkir, "Kayaknya ..." diem beberapa detik, "... gue nggak sebaik itu, deh, Fir."
"Dih, nggak sadar diri lo?"
Neguk isi cangkir, "Entah kenapa ..." diem lagi, "... gue ngerasa kalo gue berpotensi bikin Adam kecewa."
"Ngelindur nih bocah."
Ngeliat ke Safira, "Gimana kalo itu beneran kejadian, ya? Gimana kalo yang macem-macem justru gue ... Aw!"
Paha gue dicubit sebelum gue beres membubuhkan tanda tanya di omongan gue sebelumnya.
"Tuh, kalo lo macem-macem. Gitu doang palingan gue. Sisanya, ya, apa pun yang lo lakuin, gue tetep bakal ada di pihak lo, lah, pastinya." Dia nyomot martabak lagi. "... beliin gue martabak Mang Ali nggak bakal bisa bikin gue berpihak ke si eta. Um! No! No! Tapi, beda cerita, ya, kalo dia beliin beserta gerobak dan cabang-cabangnya."
Sekarang mungkin Safira bisa bilang gini. Nggak tahu, nanti. Gue cuma bisa ngasih senyum yang nggak manis.
Setelah sesi ngobrol yang memakan nyaris satu seperempat jam itu, gue akhirnya pindah ke kamar. Hal pertama yang gue lakuin adalah ngaca, mata gue langsung fokus sama jepitan rambut cantik yang masih kepasang di rambut gue, dan ingatan gue langsung fokus ke gimana jepitan itu bisa kepasang di sana.
Kedua, gue ngerogoh kantong piyama gue dan ngeluarin satu pack isi tiga jepit rambut yang nggak kalah cantik dengan berbagai model.
Ketiga, gue senyum.
Keempat, gue mengingat bayang-bayang manusia yang barusan bikin benak gue bersorak-sorai gembira di sepanjang pertemuan kita yang cuma berdurasi nggak lebih dari seperempat jam, dan sudah tentu ujung dari pertemuan itu sendiri.
"Jangan lama-lama megangnya. Nanti bisa-bisa aku khilaf nyium kamu di sini."
Kalo lo mau tahu kabar gue pas denger itu ... gue aman.
Yang nggak aman cuma jantung-hati-kaki gue. Gue kaget. Gue suka. Gue lemes. Ah, gitu lah, pokoknya.
Gue tadi langsung refleks ngelepas tangan gue dari muka dia, bukan karena gue nggak mau dia beneran khilaf, gue cuma kaget aja.
Dan, dengan kurang ajarnya, kepala gue sekarang lagi berandai-andai, kalo tadi gue nggak langsung ngelepas tangan gue dari muka dia, gimana jadinya.
Duh, bisa-bisanya gue kebayang dicium dia.
Oke, lanjut ke kegiatan kelima. Kini saatnya gue ngeberesin tugas gue dengan ditemani oleh setengah cangkir kopi yang masih sisa tadi, martabak spesial yang masih utuh tak tersentuh dari Adam, dan—
Adam Fahreza
panggilan video masuktolak | terima
Dirga
2 pesan masuk belum dibaca[]
***
pemanasan dulu, setelah sekian hari enggak up :)
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."