Dirga
Sesi penghujatan dimulai dari sekarang. Yang muak, dipersilakan misuh-misuh.
Jasmine.
Gue udah suka dia dari sebelum Safira ngenalin dia sebagai temennya, dari sebelum gue tahu namanya, dari sebelum kita kenalan, dari sebelum acara muncak ke Prau di jaman kelas dua belas SMA dulu.
Pertama kali gue notice dia itu pas acara class meeting. Dia adalah salah satu peserta lomba paduan suara, berdiri di pojok kanan belakang karena dia lumayan tinggi. Sementara gue, jadi salah satu jurinya.
Pengen rasanya, ngajak dia kenalan tiap kali papasan sama dia di sekolah. Tapi gue segan, karena dia keliatannya bukan tipikal cewek yang gampang diajak kenalan. Mukanya angkuh, tapi cantik. Senyumnya manis, dan gue belum pernah dapet satu pun.
Iya lah, waktu itu, dia belum kenal gue. Kenal-kenal, ya, pas mau puncak ke Prau. Safira yang ngenalin. Kalo Safiranya sendiri, gue kenal karena dia anak OSIS, sama kayak gue.
Jujur aja, dulu, gue bukan orang yang ambisius-ambisius amat. Malah cenderung seadanya, nggak suka usaha. Masuk OSIS karena disuruh Mamah, katanya biar keren, biar banyak temen, biar banyak yang ngenalin.
Iya, temen gue emang banyak, apalagi temen cewek. Asalnya macem-macem. Ada yang karena satu organisasi, ada yang dikenalin temen, ada juga yang sengaja kenalan. Tapi, ketimbang ngajak kenalan, gue lebih sering diajak kenalan.
Iya, gue bener-bener se-effortless itu dulu. Sampai akhirnya, gue ketemu Jasmine. Perubahan pertama yang gue rasain setelah ketemu Jasmine adalah gue jadi semangat belajar, apalagi belajarnya bareng dia.
Nilai-nilai ujian gue mulai banyak yang naik karena sering diajarin sama dia. Nah, ini yang bikin Mamah gue suka banget sama Jasmine dan nyuruh gue terus-terusan temenan sama dia. Katanya, biar ketularan pinter.
Kalo gue, suka karena ... semuanya. Gue suka semuanya yang ada di dia. Mulai sadar kalo gue suka dia itu di bulan kedua kita temenan, tapi gue nggak langsung ngomong. Iya, cupu emang. Takut ditolak gue, terus nggak bisa temenan lagi.
Eh, ternyata, nggak ngomong pun kita tetep nggak bisa temenan lagi. Gue kehilangan kontak sama dia setelah dia ngehubungin gue dan ngomong kalo Safira suka gue, tapi gue bilang lagi suka cewek yang bukan Safira. Dia mutusin telepon, tanpa nanya siapa yang gue suka, tanpa ngasih kesempatan gue buat ngasih tahu dia siapa yang gue suka.
Iya, emang sejauh ini, gue belum pernah punya pengalaman ngakuin perasaan duluan ke cewek. Lebih sering ceweknya yang duluan ngomong suka ke gue. Dan, ini yang bikin gue nyesel sampe sekarang.
Gue kehilangan kontak sama Jasmine, tanpa sempet ngakuin kalo gue suka sama dia. Jasmine udah keburu jadi asing, bersikap seolah-olah nggak kenal gue, nggak pernah ngebales chat gue, dan di situ gue akhirnya nyerah.
Gue nerima Lusi sebagai pacar gue, dengan harapan gue bisa move on dari Jasmine. Sayangnya, gue nggak bener-bener berusaha buat move on dari Jasmine. Gue tetep mantau sosmed dia, tetep merhatiin dia, tetep nyari info soal dia melalui Mas Irham.
Dari situ gue tahu, kalo Jasmine dan keluarganya sedang dalam kondisi yang enggak baik-baik aja setelah Jasmine nabrak orang sampe korbannya koma.
Gue inget malem di mana Jasmine nelpon gue dengan suara yang gemetaran, gue inget dia yang ketakutan duduk di rumah sakit dalam keadaan basah kuyup terus dimaki-maki sama keluarga korban, gue inget dia yang nangis pas gue usap-usap rambutnya yang basah pake handuk.
Dari situ, gue berubah jadi orang yang sedikit berambisi. Gue pengen bantu keluarga Jasmine dengan cara cerita ke Papah soal ini. Pada waktu itu, emang gue yang masih bocah SMA ini nggak bisa berbuat banyak selain ngomong ke Papah.
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."