24

976 176 105
                                    

Adam

"Nanti kalo udah nikah, jangan lupa ngundang, ya!"

Gue persembahkan senyum paling sempurna gue buat Bu Inah. "Siap, Bu! Doain aja."

Sementara, Jasmine cuma senyum tipis-tipis.

Iyap. Lo bener. Gue sama Jasmine sekarang lagi ada kantin Fisip. 

Bu Inah jadi orang pertama yang tahu kalo gue sama Jasmine udah jadian. Dengan begitu, maka, dua porsi mie ayam berhasil kita dapatkan secara gratis, sesuai janji Bu Inah waktu itu.

"Makasih, ya, Bu."

"Iya, Neng. Sama-sama. Bilang ke Ibu, kalo nanti A' Adam-nya nakal. Biar nanti Ibu gaplok nih pake sendok mie ayam."

Nah kalo pas ini sih gue cuma senyum aja, dalam hati ngomong, "Nggak bakalan."

Jasmine di situ ketawa-tawa terus jawab pake nada suaranya yang sopan dan lembut, "Siap, Ibu."

Dua mangkok mie ayam udah ada di tangan gue nih. Gue bawa ke salah satu meja. Jasmine ngikut di belakang gue sambil bawa dua gelas es teh. Padahal tadi gue udah bilang jangan minum es, tapi dianya ngeyel.

Kantin nggak terlalu rame. Iya, lah orang masih pagi. Masih jam sembilan ini.

Sebenernya gue kelas jam sepuluh, cuma sengaja berangkat pagian. Soalnya tadi Jasmine chat gue, bilang kalo dosennya ngajar cuma setengah jam abis itu pergi nganter anaknya ke dokter gigi. Jasmine bosen katanya di kelas, tapi males kalo harus ngikut temen-temennya ke mana gitu yang ujung-ujungnya pasti nggak jauh-jauh dari ngerumpi nggak jelas.

"Gue nggak punya circle tetap di kelas. Gue nomaden alias nembusin semua circle."

"Bagus lah. Jadi banyak 'kan tuh temennya."

"Iya sih. Tapi jatuhnya jadi kayak nggak punya temen. Mereka ngajakin gue cuma buat formalitas doang, nggak bener-bener pengen gue ikut."

Alhasil, gue di sini sekarang, dengerin Jasmine cerita soal temen-temen kelasnya dan soal dia yang belum nemu satu pun temen yang bisa beneran dijadiin temen.

Kebanyakan dari mereka cuma dateng kalo pas butuhnya doang. Pas ada tugas kelompok, Jasmine yang jadi rebutan. Tapi, pas hang out atau seseruan, Jasmine nggak diajak, diajak pun ya tadi, buat formalitas doang.

Gue dengerin sambil sesekali ngulas senyum sama naruh-naruhin sayuran ke mangkuk dia.

"Nggak apa-apa. Kita 'kan kuliah tujuan utamanya bukan nyari temen. Temen itu bonus. Dan, normal sih, kalo mereka suka dateng pas butuhnya doang. Manusia 'kan gitu. Nggak usah terlalu dipikirin."

Gue nggak mau ngompor-ngomporin Jasmine buat benci temen-temennya. Kebencian itu pantang dirawat, soalnya nggak akan membakar siapapun kecuali diri kita sendiri. Makanya gue bilang gitu.

"Biarin aja, kalo mereka butuh kamu, ya kamu bantu aja sebisa kamu. Kalo mereka nggak nyariin kamu, kamu nggak usah nyariin mereka. Kalo kamu butuh bantuan mereka, terus mereka nggak mau bantu, ya, cukup tahu aja oh dia gitu. Nah, itu nanti bisa jadi bahan pertimbangan buat mutusin gimana kamu bakal nge-treat mereka ke depannya. Kadang ada kalanya, kita perlu memperlakukan orang sebagaimana orang itu memperlakukan kita. Biar tetep waras aja badan sama pikiran kita."

Gue bilang gini juga. Bukannya sok bijak. Gue biasanya nggak bijak-bijak amat. Tapi, nggak tahu ini mulut gue kayak ngalir aja gitu ngomongnya.

Jasmine ngangguk-angguk. Kayaknya sih paham apa yang barusan gue omongin. Dan, gue baru sadar kalo sepanjang ngomong tadi, gue manggil Jasmine pake kamu. Padahal, Jasmine-nya masih stay pake gue.

INESPERADO [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang