Adam
"Biyir mikin cilin picir."
Sumpah, ya, gue becanda doang pas ngeklaim diri gue sebagai calon pacar Jasmine ke Dirga, tapi seharian itu gue dibercandain balik sama tuh orang. Gue cuma gara-gara gondok aja sebenernya sama kelakuan Dirga yang balesin DM Jasmine di akun gue dengan alasan pengen kenalan juga.
Heh, tahu sutra! Nggak bisa usaha sendiri apa?
Nggak tahu aja dia, gue ngubek-ngubek portal mahasiswa selama berjam-jam cuma buat dapetin akun Instagram Jasmine yang ternyata udah dia follow duluan. Dan, apa dia bilang kemarin?
"Btw, cepet amat lo dapet info akun ig-nya,"
Cepet katanya?
Kalo gue cepet, dia apa coba? Kilat? Petir? Hujan geledek?
Gue nggak tau dari kapan Dirga follow, yang jelas tuh orang udah ada di daftar pengikut Jasmine, dan diikutin balik sama si Jasmine, sementara gue, enggak. Bukan enggak ding, belum mungkin. Tapi nggak ngarep, ah. Orang DM gue aja yang nanyain kapan gue bisa ketemu lo, gue mau balikin duit lo, udah seminggu nggak dibales, padahal dia ada bikin snap beberapa kali gue liat.
Gue nggak masalah sih sebenarnya kalo misal Dirga emang pengen kenalan juga sama Jasmine.
Yang jadi masalah adalah kenapa dia mesti balesin DM Jasmine di akun gue? Kenapa nggak dia DM pake akunnya sendiri? Kenapa waktu itu nggak ngomong ke gue langsung kalo dia bayarin pecel lele Jasmine, dan malah ngomong ke Jasmine-nya?
Kalo gue tahu duluan kan bisa langsung gue bayar saat itu juga. Mungkin, ya, kalo Dirga nggak ngomong ke Jasmine kalo dia yang bayarin, branding gue nggak hancur-hancur amat dan gue masih punya sedikit percaya diri buat ngajakin Jasmine makan bareng, cielah.
Dan, satu hal lagi yang bikin gue gondok. Kenapa dia nggak ngasih info ke gue padahal dia udah tahu akun Instagram-nya Jasmine, dan dia juga tahu gue lagi nyari-nyari info soal itu karena gue cerita persoalan mie ayam gue dibayarin cewek yang waktu itu makanannya gue acak-acak secara nggak sadar di warung pecel lele Bang Toha.
Kenapa? Kenapa, hah? Ada yang bisa jelasin?
Sumpah, gue nggak ngerti jalan pikiran tuh orang, meskipun kita udah satu setengah tahun ini satu kosan. Gue tahunya, Dirga nggak selicik itu, loh.
Ini kayak seolah-olah, secara nggak langsung, Dirga pengen bersaing sama gue dan pengen gue jatuh. Padahal, apa sih? Bersaing cuma buat dapetin cewek, ck?
Gue udah pasti kalah lah dari Dirga. Secara fisik, prestasi, kekayaan, dan segala-galanya pokoknya, Dirga jauh di atas gue. Wah, urang mah naon, atuh, cuma modal doa dan usaha.
"Cie! Yang biyir mikin cilin picir."
Sore ini, masih sama dong, Dirga masih ngeledekin gue.
"Ga! Lama-lama gigi lo gue sikat juga nih!"
Gue lagi nyikatin sepatu pantopel gue yang kusem pake semir biar mengkilap dikit soalnya mau ngeliput Raisa. Di sofa sana, Dirga duduk santai mainin gitar, nyanyi-nyanyi sambil cengar-cengir yang bikin gue beneran pengen nyikatin giginya pake semir sepatu biar dia nggak bisa nyengir lagi dan biar gantengnya mundurin dikit.
"Gue berangkat!"
"Pulang jam berapa entar?"
"Nggak tahu, malem kali. Kenapa?"
Gue udah nangkring di motor gue, di teras kosan, lagi pake helm waktu ngerespon pertanyaan Dirga.
"Nongkrong."
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."