Adam
Minggu, jam delapan pagi. Gue udah ada di ruang rawat Jasmine, gantiin Dirga. Sama kayak kemarin, hari ini gue juga disuruh ngepangin rambut dia.
Nggak cuma itu, gue juga megangin kaca buat dia ngaca pas lagi pake pelembab sama sunscreen di muka terus pake lipbalm di bibir. Kalo yang ini gue nggak disuruh. Inisiatif aja. Yang mana berujung petaka.
Ya, gimana enggak, gue nggak punya kegiatan lain selain ngeliatin muka dia. Bukan nggak punya sih, tapi mata gue aja yang nggak mau ke mana-mana. Maunya ke Jasmine aja. Lo pernah denger kata terpaku, nah itu dia bahasa kerennya. Kenapa terpaku?
Ya, jangan salahin gue. Salahin Jasmine yang cantiknya nggak bisa munduran dikit. Dia bening banget, woi, sumpah!!!
Dan, gue? Lo mending jangan nanya gimana kondisi gue deh.
Gue udah pasti santai. Jantung gue doang yang nggak bisa santai. Gue aman. Hati gue yang nggak aman, jatuh mulu soalnya.
"Kenapa juga Dirga nggak motongin semua sekalian?"
Sekarang gue lagi pegang gunting kuku, lagi mau motongin dua kuku panjang di jari tangan Jasmine yang sebelah kanan, yang belum Dirga potong, dan yang lagi gue tanyain alesannya karena aneh aja.
"Sengaja."
Gue ngedongak, terus ngerutin dahi tanda butuh jawaban yang lebih jelas dari Jasmine. Lagian dia jawab pake sekata doang, gimana gue nggak bingung.
"Sengaja disisain biar lo yang motongin."
Udah dijawab lagi, tapi gue masih bingung.
"Dirga yang sengaja? Atau lo?" terus gue nanya lagi sambil nunduk, mulai motong kuku Jasmine pelan-pelan.
"Gue."
Satu udah kepotong. Gue ngeliat ke Jasmine yang sekarang lagi senyum. Nggak tau senyumin apaan. Pokoknya kayak senyum bangga gitu. Tapi, bangga karena apa coba? Karena nyisain kuku buat gue potongin gitu?
Aneh banget kalo bener, tapi kok gue ikutan senyum plus seneng. Gue nunduk lagi abis natap dia dua detik, motong kuku terakhir, terus gue kikirin ujungnya biar nggak tajem, lanjut gue tiup sambil kadang ngeliat ke dia yang lagi liatin gue juga.
Apasih, gue 'kan jadi geer. Mana dia nggak berhenti senyum lagi. Mana dia pernah ngomong kalo gue ganteng. Ah, dah lah, mau turun tangga dulu. Udah ketinggian soalnya pede gue.
"Jadi, gimana, Dam?"
"Gimana apa, hm?"
Kuku Jasmine udah selesai gue urusin, udah nggak ada urusan apa-apa lagi deh gue sama kuku dia.
"Gimana biar nggak bimbang?"
Tapi gue nggak bisa berhenti pegang jari dia. Dan, dia juga nggak berusaha ngelepas.
"Emang apa yang bikin lo bimbang, sih?" Gue keluarin suara paling lembut yang gue punya pas nanya ini.
Dia diem aja. Bibirnya nggak gerak. Yang gerak cuma mata sama kepala yang udah nggak ke gue arahnya. Oke gue paham.
Gue lepas jari dia, terus naruh gunting kuku di tempat yang aman. Abis itu duduk sambil numpu siku di paha sama gerakin jari-jari tangan, posisi khas kalo manusia lagi mau ngomongin hal berbobot.
"Bimbang itu tandanya lo ada di antara dua pilihan. Biar nggak bimbang, pertama, lo bisa mulai dari menyadari kalau setiap pilihan itu punya plus dan minusnya masing-masing. Pilihan satu mungkin nggak begitu baik dari satu sisi, tapi dia baik di sisi yang lain. Pilihan yang kedua mungkin baik di sisi yang lain, tetapi nggak begitu baik di sisi yang satu. Lo nggak bisa, bahasa kasarnya, cuma ngambil enaknya aja."
KAMU SEDANG MEMBACA
INESPERADO [END]
Romance"Gue pacarin, kalo lo bilang suka gue." "Suka aja nggak apa-apa. Gue udah soalnya."